Sukulen Disiram Berapa Kali? Ini Tips Perawatannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sukulen Disiram Berapa Kali? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Erol Ahmed
zoom-in-whitePerbesar
Sukulen Disiram Berapa Kali? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Erol Ahmed
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sukulen merupakan salah satu nama keluarga tumbuhan yang memiliki kemampuan khusus yaitu memiliki bagian yang bisa menyimpan air dalam jumlah yang cukup besar. Lalu sukulen disiram berapa kali sebaiknya dalam satu minggu?
ADVERTISEMENT
Sebenarnya ada beberapa hal yang memengaruhi penyiraman dan perawatan dari tanaman, misalnya cuaca, media tanam hingga pencahayaan yang diterima. Lebih jelasnya simak dalam pembahasan berikut ini.

Sukulen Disiram Berapa Kali? Ini Tips Perawatan yang Wajib Diketahui

Sukulen Disiram Berapa Kali? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Annie Spratt
Dikutip dari buku Mengenal Sukulen karya Florinda, (2023) pengertian dari sukulen adalah kelompok tanaman yang semakin populer dalam dunia hortikultura dan juga tanaman hias. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan sukulen?
Jadi sukulen merupakan kelompok tanaman hias yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jaringan tubuhnya, baik dalam daun, batang atau akar. Kata sukulen merupakan kata yang diambil dari bahasa latin yaitu sucus yang artinya adalah getah atau cairan.
Karakteristik utama dari sukulen merupakan kemampuan mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang kering atau kekurangan air, berkat cadangan air yang mereka simpan dalam bagian tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Jika membahas kelompok tanaman sukulen yang sering dijadikan sebagai tanaman hias sering muncul pertanyaan sukulen disiram berapa kali? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka harus memahami kebutuhan air dari sukulen.
Sukulen berasal dari daerah kering dan gersang, sehingga mereka telah beradaptasi untuk menyimpan air di daunnya yang tebal. Hal ini membuat mereka tahan terhadap kekeringan dan tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.
Hal tersebut membuat penyiraman tanaman sukulen bergantung pada beberapa faktor. Faktor pertama adalah jenis sukulen di mana setiap sukulen memiliki kebutuhan air yang sedikit berbeda satu sama lainnya.
Selain itu, ukuran pot juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi di mana semakin besar pot, semakin banyak media tanam yang ada, sehingga kelompok tanaman ini membutuhkan lebih banyak air.
ADVERTISEMENT
Faktor lainnya adalah musim di mana tanaman ini umumnya membutuhkan lebih sedikit air di musim dingin saat pertumbuhannya lambat. Namun, secara umum tanaman ini bisa disiram dua hingga tiga kali dalam satu minggu.
Demikian adalah pembahasan mengenai pertanyaan sukulen disiram berapa kali dalam satu minggunya. (WWN)