Konten dari Pengguna

Teknik Dasar Bermain Catur bagi Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Maret 2024 19:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi teknik dasar bermain catur. Foto: Steve Buissinne/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teknik dasar bermain catur. Foto: Steve Buissinne/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teknik dasar bermain catur bagi pemula yang perlu dipelajari antara lain mengetahui gerakan bidak catur, memahami peraturan permainan, hingga membantu bidak berkembang.
ADVERTISEMENT
Mari simak teknik dasar bermain catur selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Pelajari Teknik Dasar Bermain Catur untuk Pemula

Ilustrasi teknik dasar bermain catur. Foto: Ha11ok/Pixabay
Dalam situs dispora.sumutprov.go.id dipaparkan bahwa catur termasuk permainan papan yang terbagi ke dalam 64 kotak. Bidak caturnya berwarna hitam dan putih, dengan masing-masing berjumlah 32 buah.
Sebelum bertanding, para pemain harus memahami peraturan permainan lebih dulu. Kemudian memilih warna buah catur atau bidak yang hendak dimainkan.
Berikut teknik dasar bermain catur untuk pemula yang harus dipahami.

1. Ketahui Gerakan Bidak Catur

Ketahui gerakan masing-masing bidak catur. Sebagai contoh, pion yang merupakan bidak catur paling depan dalam permainan, hanya bisa melangkah satu kotak ke depan, kecuali saat langkah pertama.
Kemudian ada benteng. Ini adalah buah catur dengan gerakan termudah yaitu melangkah sejauh mungkin, tetapi hanya dapat maju, ke samping, atau mundur.
ADVERTISEMENT

2. Melindungi Raja

Dalam permainan catur, raja merupakan buah catur yang unik dan paling penting. Ia kurang kuat dibanding dengan hampir semua buah catur.
Namun, rajalah satu-satunya bidak yang tak bisa dimakan. Pemain harus berusaha untuk melindungi raja dari serangan dengan cara menempatkannya di belakang pion maupun bidak.

3. Membantu Bidak Berkembang

Ada beberapa buah catur yang kuat dan mampu membantu memenangkan permainan. Sesama bidak bisa saling membantu agar dapat berkembang. Pakailah bidak guna membuka jalan bagi bidak lain untuk maju.
Meski mempunyai bidak andalan, cobalan memanfaatkan semua buah catur yang dipunyai sehingga semakin banyak kombinasi serangan yang bisa dilakukan. Selain itu, kekuatan posisi dapat meningkat bila bidak dikembangkan secepatnya.

4. Memahami Peraturan Dasar

Memahami peraturan dasar sangat penting dilakukan supaya dapat menang dalam permainan. Beberapa di antaranya catur dimainkan oleh dua orang, pemain melangkah bergantian dengan bidak putih berjalan lebih dulu, atau bidak tak dapat melewati kotak yang sudah diisi oleh bidak lain.
ADVERTISEMENT

5. Mempelajari Berbagai Strategi

Pelajari dan gunakan berbagai strategi agar bisa memenangkan permainan lebih cepat. Salah satunya yaitu memakai strategi pembukaan. Ini adalah langkah khusus yang dipakai di awal permainan.
Itulah berbagai teknik dasar bermain catur yang perlu dipahami pemula. Permainan papan ini membutuhkan dua orang pemain dengan jumlah kotak papan 64 buah. (DN)