Teknik Dasar Melukis Akrilik yang Mudah Dipelajari bagi Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
21 Maret 2024 20:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teknik Dasar Melukis Akrilik. Foto: dok. Unsplash/Anna Kolosyuk
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teknik Dasar Melukis Akrilik. Foto: dok. Unsplash/Anna Kolosyuk
ADVERTISEMENT
Teknik dasar melukis akrilik dapat dijadikan sebagai panduan bagi pemula yang baru belajar melukis dengan menggunakan cat akrilik. Ada banyak sekali teknik yang dapat digunakan.
ADVERTISEMENT
Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah teknik drybrushing. Selain teknik ini, masih ada beberapa teknik lainnya yang dapat digunakan untuk menghasilkan lukisan yang cantik.

Teknik Dasar Melukis Akrilik yang Mudah Diterapkan

Ilustrasi Teknik Dasar Melukis Akrilik. Foto: dok. Unsplash/Steve Johnson
Dikutip dari buku Sukses Belajar tanpa Batas yang disusun oleh Abi Daril Hasan (2022: 107), melukis adalah proses mencurahkan ide, gagasan, dan perasaan dalam unsur dua dimensi. Melukis tidak harus sama persis dengan objek yang dijadikan sebagai acuan.
Saat melukis, seseorang dapat berimajinasi dan membuat lukisan yang dibumbui dengan ide kreatif dan imajinatif yang menghasilkan nilai estetika. Ada banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk melukis. Salah satunya adalah cat akrilik.
Untuk dapat melukis dengan bahan akrilik, terdapat beberapa teknik yang dapat diterapkan. Berikut ini beberapa teknik dasar melukis akrilik yang dapat digunakan untuk mempercantik lukisan:
ADVERTISEMENT

1. Drybrushing

Teknik satu ini merupakan teknik melukis akrilik yang paling mudah dan sederhana. Pelukis dapat menerapkan teknik ini dengan cara mengaplikasikan cat akrilik langsung ke kanvas.
Dengan teknik ini, hasil lukisan akan terlihat blok warna yang solid untuk dapat dikreasikan dengan menggunakan kuas. Teknik ini biasanya diterapkan untuk membingkai lukisan, atau untuk menambahkan elemen yang lebih besar dalam lukisan.

2. Detailing

Untuk dapat melakukan teknik ini, dibutuhkan kuas dengan bulu halus. Dengan teknik ini, pelukis dapat membuat detail yang lebih halus untuk lukisan yang dibuat. Biasanya teknik ini digunakan untuk melukis area wajah atau benda dengan detail kecil.

3. Layering

Seperti namanya, teknik ini diterapkan dengan menambahkan lapisan pewarna akrilik tambahan ke lukisan yang dibuat. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kesan kedalaman pada lukisan. Teknik ini perlu dilakukan dengan sabar setelah lapisan awal kering, lalu kemudian lapisan cat akrilik tambahan dapat diaplikasikan.
ADVERTISEMENT

4. Mixing

Teknik ini digunakan untuk membuat warna baru atau membuat corak berbeda dengan warna yang sama. Cara menerapkan teknik ini adalah dengan mencampur warna yang diinginkan untuk mempercantik lukisan.
Sederet teknik dasar melukis akrilik yang dibahas dalam artikel ini dapat digunakan untuk mempercantik hasil lukisan akrilik yang dibuat. Teknik ini juga terbilang cukup mudah untuk diterapkan bahkan bagi pelukis pemula. (DAP)