Konten dari Pengguna

Tips Berbisnis Tanaman secara Efektif agar Lebih Menguntungkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 21:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips berbisnis tanaman, sumber foto: Kelly by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips berbisnis tanaman, sumber foto: Kelly by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tanaman tidak hanya bisa mempercantik rumah, tetapi juga dijadikan sebagai opsi bisnis menguntungkan. Namun, sebelum memulai, perhatikan beberapa tips berbisnis tanaman secara efektif dalam penjelasan kali ini.
ADVERTISEMENT
Mengingat setiap bisnis tentu memiliki tips masing-masing, begitu pula saat memulai bisnis tanaman. Apalagi bisnis tanaman bukan hanya dilakukan di pinggir jalan, tetapi bisa dijadikan usaha rumahan berkat perkembangan zaman.
Dikutip dari buku Jurus Sukses Bisnis Tanaman Hias karya Kurniawan Junaedhie, berikut beberapa tips mudah berbisnis tanaman untuk pemula.

Tips Berbisnis Tanaman

Ilustrasi tips berbisnis tanaman, sumber foto: Tima Miroshnichenko by pexels.com
Bisnis tanaman bukan hanya berlaku untuk tanaman hias, melainkan hampir semua jenis tanaman. Apalagi banyak orang yang lebih tertarik menanam tanaman dari bibit daripada harus menyemai sendiri, maka perhatikan tips bisnis berikut.

1. Memahami Seluk Beluk Tanaman Hias

Bisnis tanaman lebih sering dilakukan oleh orang yang memiliki hobi merawat tanaman. Namun, untuk pemula bisa memulainya dengan memahami seluk beluk tanaman yang akan dijual, termasuk tanaman hias.
ADVERTISEMENT

2. Menulis Rincian Anggaran yang Dibutuhkan

Jika sudah menentukan jenis tanaman yang akan dijual, bisa mulai menulis rincian anggaran yang dibutuhkan. Anggaran ini mulai dari kebutuhan bibit, peralatan menanam, perawatan, hingga biaya tidak terduga.

3. Selalu Menjaga Kualias Tanaman

Kualitas tanaman juga harus terjaga, caranya dengan melakukan perawatan secara optimal. Pastikan tanaman terbebas dari hama, penyakit, serta memiliki penampilan menarik dan sehat.

4. Lakukan Pemasaran secara Efektif

Pemasaran yang efektif artinya pemasaran yang menggunakan strategi terbaru, seperti memanfaatkan media sosial, iklan, dan situs web. Cara tersebut akan lebih mudah mempromosikan bisnis agar cepat dikenal masyarakat luas.

5. Selalu Memiliki Inovasi Produk

Kebanyakan konsumen sangat menyukai produk yang inovatif maka tidak ada salahnya untuk selalu menciptakan inovasi-inovasi baru. Beberapa produk inovasi akan menjadi pembeda dari pesaing dalam bisnis tanaman.

6. Memberikan Pelayanan Ramah dan Membantu

Pelayanan yang ramah dan selalu membantu konsumen tentu akan terlihat lebih menarik. Oleh karena itu, penting untuk selalu menanggapi pertanyaan maupun keluhan konsumen secara profesional dan cepat.
ADVERTISEMENT
Bisnis tanaman akan lebih sukses jika menerapkan tips berbisnis tanaman dalam penjelasan tersebut. Kepuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan tentu akan menghadirkan keuntungan lebih banyak.(DSI)