Konten dari Pengguna

Tips Cara Merawat Tanaman yang Benar agar Tumbuh Subur dan Sehat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 22:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Cara Merawat Tanaman yang Benar. Foto: dok. Unsplash/Kenny Eliason
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Cara Merawat Tanaman yang Benar. Foto: dok. Unsplash/Kenny Eliason
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips cara merawat tanaman yang benar penting untuk dilakukan agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup.
ADVERTISEMENT
Pemberian asupan nutrisi ini dapat dilakukan dengan cara memberi tanaman pupuk. Selain itu, masih ada beberapa tips dan cara lainnya yang tak kalah penting untuk dilakukan.

Tips Cara Merawat Tanaman yang Benar dan Tepat

Ilustrasi Tips Cara Merawat Tanaman yang Benar. Foto: dok. Unsplash/ Kenny Eliason
Mengutip buku Mengenal Ruang Lingkup Tanaman Hias oleh Evinola, SP (2019: 95) seperti namanya, tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki fungsi untuk memberikan kesan indah dan menghias suatu ruangan atau tempat.
Tanaman hias umumnya memiliki beberapa bagian yang berfungsi sebagai daya tarik. Contohnya, seperti bagian bunga dan daun. Agar tanaman hias dapat tumbuh dengan subur, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat.
Untuk membantu dalam melakukan perawatan, berikut adalah beberapa tips cara merawat tanaman yang benar untuk dijadikan sebagai panduan.
ADVERTISEMENT

1. Memenuhi Nutrisi Tanaman

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, maka perlu dirawat dengan cara memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tanaman telah tercukupi.
Untuk membantu tanaman mencukupi nutrisi hariannya, berikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Dengan asupan nutrisi yang cukup, tanaman akan tumbuh secara maksimal.

2. Sirami Tanaman secara Rutin

Menyiram tanaman perlu dilakukan secara rutin untuk membantu memenuhi kebutuhan air bagi tanaman. Dengan asupan air yang cukup, tanaman tidak akan mengering dan layu.
Kekurangan asupan air juga dapat membuat tanaman stres dan cepat mati. Penyiraman tanaman dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan jenis tanaman.

3. Lakukan Pemangkasan secara Teratur

Pemangkasan tanaman adalah salah satu hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan tanaman.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, pemangkasan juga dapat membantu mencegah penyebaran hama dari tanaman yang sudah layu dan mati karena infeksi hama atau parasit. Tak hanya itu, pemangkasan tanaman juga dapat dilakukan untuk mempercantik bentuk tanaman.
Itu dia beberapa tips cara merawat tanaman yang benar untuk dijadikan sebagai panduan dalam merawat tanaman hias yang dimiliki. Semoga bermanfaat. (DAP)