Tips Mancing Gelama yang Tepat dan Mudah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips mancing gelama. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips mancing gelama. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips mancing gelama harus dipahami, khususnya oleh para pemancing pemula. Ikan ini cukup mudah dikenali dari garis diagonal hitam yang ada di tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Simak penjelasan selengkapnya tentang tips mancing gelama yang mudah dan tepat berikut ini.

Tips Mancing Gelama supaya Umpan Lekas Disambar

Ilustrasi tips mancing gelama. Foto: Unsplash
Melansir situs ikanjambi.unja.ac.id, ikan gulama atau gelama mempunyai panjang bervariasi. Akan tetapi, umumnya berukuran antara 13,5-17 cm.
Tubuh bagian atas berwarna putih keabuan, sementara bagian bawahnya berwarna putih. Selain itu, ikan gulama juga tampil dengan ekor abu-abu kehitaman.
Gulama dapat dengan mudah dijumpai hampir di seluruh perairan Indonesia. Mulai dari Jawa, Sumatra, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan, kecuali wilayah laut dalam sekitar Banda serta Masalembo juga Irian Jaya dan Maluku.
Termasuk ikan demersal, gulama biasanya tidak berenang secara berkelompok dan hidup di kawasan tak jauh dari dasar perairan. Lalu, bagaimana tips mancing gelama atau gulama yang tepat? Cari tahu penjelasannya di sini.
ADVERTISEMENT

1. Mempersiapkan Peralatan

Siapkan perlengkapan memancing yang tepat untuk gulama, seperti joran, kail pancing dengan ukuran tertentu, senar, hingga reel atau spinning joran jika diperlukan. Rakitlah pancingnya lebih dulu.
Untuk gulama disarankan menggunakan pancing rolling sehingga lebih terasa sensasi tarikannya.

2. Menyediakan Umpan Terbaik

Sediakan umpan terbaik yang disukai ikan gulama. Sebagai contoh, cumi hingga udang kupas. Pemancing cukup mengaitkan umpan ke mata kail, kemudian tunggu sampai umpan disambar.

3. Mencari Spot Terbaik

Spot memancing pun harus diperhatikan. Pemancing tidak dapat memilih sembarang tempat untuk memancing ikan gulama.
Spot terbaik atau tempat yang umumnya banyak dihuni gulama adalah tepian pantai yang sedikit berlumpur atau bisa pula dekat dermaga tempat kapal ditambatkan saat tiba di pelabuhan.

4. Memilih Waktu yang Tepat

Ikan gulama atau gelama umumnya muncul saat musim barat atau musim tenggara. Sedangkan, ketika musim lain, ikan ini amat jarang dijumpai sebab untuk mengundang gulama ke tepian pantai diperlukan gelombang kuat juga angin besar.
ADVERTISEMENT
Demikian beberapa tips memancing gelama yang tepat supaya umpan lekas dimakan. Ikan ini mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi sehingga banyak orang yang memburunya. (DN)