Tips Mancing Udang Kolam beserta Alat yang Dibutuhkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Mancing Udang Kolam. Foto: dok. Unsplash/Etienne Girardet
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Mancing Udang Kolam. Foto: dok. Unsplash/Etienne Girardet
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips mancing udang kolam menjadi panduan yang tepat untuk memperoleh hasil pancingan yang melimpah. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mempersiapkan alat pancing yang sesuai untuk memancing udang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masih ada beberapa tips lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

Sekilas Tentang Udang

Ilustrasi Tips Mancing Udang Kolam. Foto: dok. Unsplash/Daniel Klein
Udang dikenal sebagai salah satu jenis hewan yang memiliki berbagai jenis. Beberapa jenis udang hidup di laut, terumbu karang dan ada juga jenis udang yang hidup di air tawar, seperti danau atau kolam. Setiap jenis udang menyukai umpan yang berbeda-beda.
Mengutip Buku Pengayaan Seri Flora dan Fauna: Hewan Laut oleh Dyah Rahmatia dan Pipit Pitriana (2009: 14), udang adalah salah satu jenis hewan crustacea seperti kepiting. Terdapat banyak jenis udang dengan ukuran yang juga sangat beragam.
Namun, umumnya udang memiliki ukuran yang tidak lebih besar dari ukuran jari manusia. Meski begitu, rupanya ada beberapa jenis udang yang ukuran tubuhnya mencapai 20 cm.
ADVERTISEMENT
Struktur tubuh udang biasanya terlihat serupa dengan kepiting atau lobster. Hal ini dibuktikan dengan udang yang memiliki rangka luar keras yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya.

Tips Mancing Udang Kolam agar Hasil Pancingan Melimpah dan Memuaskan

Untuk dapat memancing udang yang hidup di kolam, berikut adalah beberapa tips mancing udang kolam beserta alatnya yang dapat dijadikan sebagai panduan mudah.

1. Persiapkan Alat Pancing yang Dibutuhkan

Alat pancing yang dapat digunakan untuk memancing udang kolam adalah joran yang halus dan lentur. Dengan joran yang lentur, pemancing dapat memperoleh udang dengan mudah. Selain joran, gunakan kail yang dibuat khusus untuk memancing udang.

2. Persiapkan Umpan yang Cocok dan Disukai Udang

Udang yang dipancing di kolam biasanya menyukai umpan berupa cacing tanah atau udang kecil. Namun, perlu bersiap-siap karena biasanya udang kolam akan lebih agresif jika umpan yang digunakan adalah umpan hidup yang masih aktif bergerak.
ADVERTISEMENT

3. Tentukan Teknik Memancing yang Tepat

Agar udang yang berhasil dipancing tidak melepaskan diri, pemancing perlu bersabar ketika menyadari umpan sudah dimakan udang.
Hindari menghentakan joran karena akan membuat udang kaget dan membuat mulut udang sobek karena mata kail. Angkat joran secara perlahan sambil menggulung reel pancing secara perlahan.
Dengan mengetahui tips memancing udang kolam, pemancing dapat memperoleh udang kolam dengan mudah. Semoga bermanfaat. (DAP)