Tips Memancing Rohu Kolam agar Umpan Cepat Disambar

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 22:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips memancing rohu kolam. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips memancing rohu kolam. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips memancing rohu kolam yang utama adalah mempersiapkan umpan terbaik. Jika ingin praktis, pemancing bisa memakai roti yang dipotong kecil.
ADVERTISEMENT
Berikut tips memancing rohu kolam selengkapnya yang perlu diketahui.

Tips Memancing Rohu Kolam yang Tepat

Ilustrasi tips memancing rohu kolam. Foto: Pixabay
Rohu merupakan sejenis spesies ikan mas yang bernilai tinggi dan rasanya sangat lezat. Meski demikian, rohu dan ikan mas yang biasa kita jumpai tetap memiliki perbedaan yang mencolok.
Tubuh ikan mas tampak agak pipih, memanjang, dengan mulut di bagian tengah ujung dan warna beragam (kuning muda, keperakan, hingga hitam). Demikian ulasan situs eprints.umg.ac.id.
Sementara itu, ikan rohu banyak dijumpai di kolam maupun sungai. Termasuk ikan mas berbentuk kolom, rohu banyak dijumpai di kawasan beriklim sedang sampai tropis.
Sebut saja, India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Myanmar, hingga Vietnam. Ikan ini tampak berwarna cokelat kebiruan di permukaan punggung dan bagian bawahnya terlihat putih keperakan.
ADVERTISEMENT
Jika suatu saat ingin memancing ikan tersebut, ketahui lebih dahulu tips memancing rohu kolam yang tepat supaya umpan lekas disambar.

1. Menyiapkan Umpan

Siapkan umpan terbaik untuk memancing ikan rohu. Sebetulnya, ada beberapa kombinasi pakan yang biasa dipakai para pemancing.
Salah satunya, yaitu campuran 1 bungkus pelet ikan, 1 bungkus tepung roti, 5 bungkus bubuk perisa susu, 5 bungkus bubuk perisa pandan, serta air tebu.
Cara membuatnya tidaklah terlalu sulit. Campurkan saja semua bahan, kecuali air tebu, hingga merata dan biarkan adonan semalam.
Jika hendak dipakai, baru ambil sedikit adonan lalu tambahkan air tebu. Pastikan uleni adonan, jangan sampai terlalu keras atau lembek. Bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.
Sebelum dipasang pada kail, pemancing bisa mengetes umpan terlebih dahulu dengan memasukkan bulatan umpan ke dalam kolam. Lihat apakah mudah pecah atau tidak. Bila gampang pecah, artinya umpan kurang air tebu.
ADVERTISEMENT
Namun, ada juga yang menggunakan roti basah yang dipotong kecil sebagai umpan.

2. Pastikan Perlengkapan

Lakukan persiapan yang matang sebelum memancing ikan rohu. Salah satunya adalah pemilihan kail. Biasanya, para pemancing akan menggunakan kail garong yang mempunyai enam mata kail berukuran 10 atau 11.

3. Teknik Memancing yang Tepat

Teknik memancing ikan yang dikenal peka dan mempunyai kemampuan berenang cepat ini juga harus diperhatikan. Umumnya, pemancing menggunakan teknik apungan atau dasaran.
Namun, kebanyakan pemancing lebih memilih menggunakan teknik dasaran. Cara memancing ini cukup sederhana atau hanya memasang umpan, melemparnya ke air, kemudian tunggu hingga ada sambaran.

4. Pemilihan Lokasi

Biasanya, ikan akan mengeluarkan gelembung cukup besar. Tatkala memancing di kolam, perhatikan permukaan airnya. Apakah terdapat banyak busa atau tidak. Tempat ikan berkumpul umumnya mempunyai banyak busa atau gelembung.
ADVERTISEMENT
Demikian tips memancing ikan rohu kolam yang tepat. Dengan menerapkan tips di atas, kemungkinan ikan akan lebih cepat menyambar umpan. (DN)