Tips Menghilangkan Karat pada Sepeda Motor secara Efektif

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 23:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Menghilangkan Karat pada Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/The Ride Academy
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Menghilangkan Karat pada Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/The Ride Academy
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips menghilangkan karat pada sepeda motor dengan efektif dapat membantu pengguna sepeda motor dalam melakukan perawatan kendaraan yang dimilikinya. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karat pada sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah dengan mengoleskan oli di bagian motor yang berkarat. Selain itu, masih ada beberapa tips lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan karat. Sebelumnya, penting untuk mengetahui apa itu karat.

Tips Menghilangkan Karat pada Sepeda Motor dengan Langkah Mudah

Ilustrasi Tips Menghilangkan Karat pada Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/Egor Myznik
Mengutip dari buku Fenomena Korosi dari Berbagai Perspektif oleh Rifky Maulana Yusron (2022: 2), karat merupakan fenomena yang terjadi pada berbagai jenis logam, seperti baja. Karat juga dapat didefinisikan sebagai korosi.
Korosi dapat diartikan sebagai proses elektrokimia yang bersifat alamiah dan berlangsung dengan sendirinya. Karat dapat membuat permukaan logam menjadi rapuh atau mengurangi keindahan permukaan logam.
Karat dapat terjadi pada berbagai benda yang mengandung logam, termasuk sepeda motor. Berikut adalah tips menghilangkan karat pada sepeda motor yang dapat dilakukan dengan mudah.
ADVERTISEMENT

1. Membersihkan Karat dengan Oli Bekas

Setelah mengganti oli motor, oli bekas pakai tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat. Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan oli bekas ke bagian motor yang berkarat, baik rangka motor maupun rantai motor.
Setelah itu, gosok bagian berkarat yang sudah diolesi oli dengan menggunakan sikat. Oli bekas ini juga dapat membantu menghilangkan karat pada bagian knalpot motor.

2. Membersihkan Karat dengan Pasta Gigi

Pasta gigi tak hanya dapat membantu menjaga kebersihan gigi manusia, tetapi juga dapat membantu membersihkan karat pada motor. Caranya, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian motor yang berkarat.
Setelah pasta gigi sudah dioles secara merata, diamkan selama beberapa menit sebelum bagian motor yang berkarat digosok menggunakan lap. Lakukan cara ini secara berulang sampai karat benar-benar hilang sesuai dengan keinginan.
ADVERTISEMENT

3. Membersihkan Karat dengan Baking Soda

Cara ini juga cukup mudah dan efektif untuk dilakukan karena hanya membutuhkan baking soda dan air.
Setelah baking soda dicampur dengan air, oleskan campuran tersebut di atas permukaan motor yang berkarat lalu gosok sampai karatnya benar-benar bersih.
Pastikan menggosok bagian motor yang berkarat tidak terlalu keras untuk mencegah kerusakan permukaan logam pada motor.
Demikian sederet tips menghilangkan karat pada sepeda motor yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam membuat motor kembali bagus dan bersih dari karat seperti semula. (DAP)