Konten dari Pengguna

Tips Menyiram Tanaman yang Benar agar Tumbuh Subur dan Sehat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 21:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips menyiram tanaman yang benar, sumber foto: ROCKETMANN TEAM by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips menyiram tanaman yang benar, sumber foto: ROCKETMANN TEAM by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bercocok tanam bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika memilih tanaman dengan perawatan mudah. Ada beberapa tips menyiram tanaman yang benar agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat.
ADVERTISEMENT
Setiap tanaman tentu membutuhkan air untuk menunjang pertumbuhannya, tetapi intensitasnya tidak sama. Hanya saja tips kali ini akan membantu menentukan penyiraman terbaik agar tanaman tetap tumbuh subur dan optimal.
Dikutip dari buku Media Tanam untuk Tanaman Hias karya Redaksi PS, di bawah ini ada beberapa tips benar menyiram tanaman agar pertumbuhannya optimal.

Tips Menyiram Tanaman yang Benar

Ilustrasi tips menyiram tanaman yang benar, sumber foto: Los Muertos Crew by pexels.com
Perawatan tanaman yang tidak boleh dilupakan adalah penyiraman karena membantu tanaman untuk tumbuh optimal. Sayangnya, tidak semua orang yang merawat tanaman tahu penyiraman yang tepat. Oleh karena itu, penting memperhatikan tips menyiram berikut.

1. Siram Tanaman Menggunakan Air Bekas Cucian Beras

Jika ingin tanaman tumbuh optimal, sebaiknya siram tanaman menggunakan air bekas cucian beras. Hindari menggunakan air bekas mencuci pakaian karena kandungan di dalamnya bisa membuat tanaman mati.
ADVERTISEMENT
Cara menyiram tanaman menggunakan air cucian beras juga relatif mudah, hanya perlu mengira-ngira dengan memasukkan jari ke dalam tanah. Penyiraman bisa dihentikan ketika di bawah permukaan tanah masih terasa lembap.

2. Siram Tanaman di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu paling berkualitas untuk menyiram tanaman karena sesuai siklus pertumbuhan alaminya. Sebaiknya, siram tanaman sebelum jam 10 pagi karena air masih dalam kondisi optimal yang menyegarkan tanaman.
Jika lebih dari jam 10 pagi, kondisi air akan berubah, justru dapat membakar tanaman. Namun, jika waktu penyiraman pagi sudah terlewat, ganti penyiraman saat sore hari sesudah pukul 4 sore.

3. Perhatikan Alat Penyiraman yang Digunakan

Alat penyiraman tanaman juga tidak boleh luput dari perhatian karena memengaruhi perkembangan tanaman. Sebaiknya, gunakan alat penyiraman seperti selang gembor yang punya corong pengairan presisi pada bagian ujungnya.
ADVERTISEMENT
Mengingat penggunaan alat tersebut memungkinkan untuk memaksimal penyiraman secara merata hingga tanah di sekitar tanaman. Alat tersebut juga membantu menjaga kondisi tanah selalu lembap sehingga tanaman berkembang lebih cepat dan subur.
Tips menyiram tanaman yang benar tersebut tidak boleh diabaikan begitu saja karena sangat membantu pertumbuhan tanaman.(DSI)