Tips Pengereman Sepeda Motor yang Tepat

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 23:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips pengereman sepeda motor. Foto: Alexey Malakhov/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips pengereman sepeda motor. Foto: Alexey Malakhov/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips pengereman sepeda motor dapat dilakukan dengan cara menekan rem perlahan, memerhatikan jarak pengereman, hingga menggunakan kedua tangan. Hal ini penting diperhatikan demi keselamatan.
ADVERTISEMENT
Simak penjelasan lengkap tentang tips pengereman sepeda motor yang baik dan benar lewat ulasan di bawah ini.

Tips Pengereman Sepeda Motor yang Baik dan Benar

Ilustrasi tips pengereman sepeda motor. Foto: Harley Davidson/Unsplash
Melansir situs disnaker.magetan.go.id, sistem pengereman sepeda motor merupakan mekanisme yang dipakai dengan tujuan untuk menurunkan kecepatan atau laju kendaraan memanfaatkan tuas atau pedal.
Pengereman sepeda motor yang benar bisa meminimalkan risiko kecelakaan sekaligus menjadikan komponen kendaraan tidak mudah rusak. Lantas, apa saja tips pengereman sepeda motor yang perlu diketahui? Berikut beberapa di antaranya.

1. Memerhatikan Jarak Pengereman

Jarak pengereman merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan tatkala mengendarai kendaraan bermotor. Hindari jarak pengereman terlampau dekat sebab bisa memicu kecemasan atau perasaan panik dan mengakibatkan kecelakaan. Berilah ruang yang cukup tatkala melakukan pengereman.
ADVERTISEMENT

2. Menekan Rem Perlahan

Mengerem adalah salah satu tindakan yang tampak mudah dan sederhana bagi para pengendara motor. Meski begitu, masih banyak pengendara yang tidak memahami cara pengereman sepeda motor yang tepat.
Sebaiknya tuas rem tidak ditekan secara mendadak sebab ini bisa membahayakan. Pengendara dapat terjatuh karena ban slip. Oleh sebab itu, tetaplah menekan rem perlahan.

3. Memakai Kedua Tangan

Pengguna motor pun dapat melakukan pengereman menggunakan kedua tangan. Tekan rem belakang serta depan secara bersamaan. Tujuannya guna menstabilkan kendaraan dan pengereman pun akan lebih optimal.

4. Menggunakan Rem Depan

Untuk mengurangi kecepatan atau laju kendaraan, pengendara bisa memanfaatkan rem depan. Selanjutnya, fungi rem belakang ialah untuk menyeimbangkan sepeda motor sehingga tidak goyang dan tetap stabil.

5. Melakukan Urutan dengan Benar

Urutan pengereman yaitu menarik tuas rem perlahan, tidak terlalu keras atau tiba-tiba sehingga menyebabkan ban menjadi slip. Lakukan teknik pengereman kecepatan rendah lebih dulu guna meminimalkan risiko kecelakaan. Teknik pengereman perlu dikuasai pengendara sehingga keselamatan tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
Demikian tips pengereman sepeda motor yang tepat. Mengaplikasikan teknik mengerem yang benar akan mengurangi risiko kecelakaan. (DN)