Ukuran Kandang Marmut yang Disarankan agar Terhindar dari Stres

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 22:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kandang Marmut. Foto: dok. Unsplash/Jaroslaw Slodkiewicz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kandang Marmut. Foto: dok. Unsplash/Jaroslaw Slodkiewicz
ADVERTISEMENT
Kandang marmut adalah tempat yang perlu dipersiapkan bagi para pencinta hewan sebelum memelihara marmut. Dengan menyediakan kandang yang nyaman, marmut dapat hidup dengan baik, sehat, dan terhindar dari risiko stres atau paparan penyakit.
ADVERTISEMENT

Ukuran Kandang Marmut yang Ideal agar Marmut Nyaman

Ilustrasi Kandang Marmut. Foto: dok. Unsplash/Bonnie Kittle
Mengutip dari dalam berjudul 500++ Fakta Paling Wow di Dunia yang ditulis oleh Mayang Sari, S.Si. (2011: 27), marmut adalah salah satu jenis hewan kecil yang memiliki ciri fisik hampir sama dengan hamster. Hal ini membuat marmut dan hamster sering kali disamakan, padahal kedua hewan tersebut berbeda.
Marmut merupakan jenis hewan peliharaan yang populer di kalangan pencinta hewan. Hal ini karena marmut mudah dirawat dalam kandang. Hewan yang termasuk ke dalam kategori hewan pengerat seperti tikus dan tupai ini memiliki ukuran tubuh yang mungil.
Dikutip dari dalam buku berjudul Budidaya Marmut: Cara dan Perawatannya, yang disusun oleh Ishan Latif (2021: 2), marmut adalah jenis hewan pengerat yang memiliki ukuran tubuh yang mungil. Hewan ini cukup menarik dan unik sebab warna bulu yang bervariasi. Hal ini membuat marmut tampak menggemaskan.
ADVERTISEMENT
Untuk memelihara marmut dan menjaganya tetap sehat dan aktif, pemilik perlu memikirkan kandang yang bagus dan nyaman. Kandang marmut yang ideal memiliki kriteria tertentu. Salah satu kriteria yang perlu diperhatikan adalah ukuran kandangnya. Kandang marmut perlu diperhitungkan dengan baik.
Jika ukuran kandang terlalu kecil, marmut akan mudah stres dan mudah terpapar penyakit yang akan membuatnya cepat mati. Karena marmut memiliki ukuran yang cukup besar, maka pemilik juga perlu menyediakan kandang berukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.
Idealnya, ukuran kandang marmut yang nyaman adalah sekitar 60 sentimeter sampai 70 sentimeter untuk setiap ekornya. Akan lebih baik jika kandang yang disediakan berukuran tiga kali lipat dari ukuran tubuhnya. Semakin besar kandang, marmut akan lebih leluasa bergerak dan berlarian.
ADVERTISEMENT
Ukuran kandang yang lebih besar dapat diperhitungkan jika jumlah marmut yang dipelihara lebih dari satu. Dengan begitu, marmut akan lebih nyaman saat dipelihara dalam kandang dan meminimalisir risiko stres.
Sekian pembahasan kriteria kandang marmut yang ideal dan nyaman untuk marmut. Semoga bermanfaat. (DAP)