Vaksin Rabies Kucing Berapa Kali? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 Desember 2023 23:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi vaksin kucing berapa kali. Sumber: pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi vaksin kucing berapa kali. Sumber: pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Vaksin rabies kucing berapa kali? Sebelum itu, penting untuk mengenal apa itu vaksin anti rabies. Vaksin anti rabies adalah salah satu jenis vaksin yang wajib diberikan bagi hewan peliharaan, termasuk kucing, yang biasanya diperoleh di klinik hewan atau puskeswan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku MIKROBIOLOGI PENCEGAHAN karya Lud Waluyo, harga vaksin rabies hewan bervariasi. Meskipun harganya untuk sebagian pihak dirasa mahal, vaksin rabies sebaiknya dilakukan untuk melindungi hewan, pemilik, serta orang-orang sekitar.
Untuk mengetahui berapa kali pemberian vaksin rabies untuk kucing yang tepat, simak pembahasannya di sini.

Vaksin Rabies Kucing Berapa Kali?

Ilustrasi vaksien rabies kucing berapa kali. Sumber: pexels
Vaksin rabiestermasuk sebagai golongan vaksin yang rutin. Artinya, vaksin rabies ini tidak hanya diberikan sekali, tetapi diberikan secara terus menerus sepanjang hidup hewan tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Di sebagian besar negara, termasuk Indonesia, vaksin rabies kucing umumnya diberikan kepada kucing peliharaan sebelum berusia 16 minggu.
Sementara itu, vaksin rabies dosis kedua dapat diterima kucing peliharaan setelah satu tahun menerima vaksin pertama. Setelah itu, vaksin lanjutan bisa diberikan secara rutin setiap tahun hingga setiap tiga tahun sekali.
ADVERTISEMENT

Harga Vaksin Rabies

Harga satu dosis vaksin rabies hewan dapat mencapai Rp150 ribu di sebagian wilayah di Indonesia. Di beberapa klinik hewan, ada juga yang menawarkan harga satu dosis vaksin rabies mulai dari Rp50 ribuan.
Sementara di sejumlah wilayah dengan kasus rabies tinggi, masyarakatnya berkesempatan memperoleh vaksin rabies hewan gratis.

Jenis Hewan yang Wajib Divaksin Rabies

Perlu diketahui bahwa jenis hewan yang bisa terinfeksi rabies bukan hanya kucing. Ada beberapa jenis hewan lainnya yang dapat menjadi pembawa dan terinfeksi virus rabies.
Bahkan hampir semua jenis mamalia bisa terinfeksi rabies, tetapi beberapa di antaranya adalah hewan yang umum dijadikan hewan peliharaan, antara lain anjing, kucing, sapi, kuda, monyet dan domba.
Selain itu, hewan-hewan lain yang dapat terinfeksi rabies namun tidak banyak dijadikan hewan peliharaan antara lain, yaitu kelelawar, rakun, sigung, rubah dan musang.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai dijelaskan berapa kali dan harga vaksin rabies untuk kucing. (ARH)