Konten dari Pengguna

2 Taman Tertua di Jakarta yang Cocok untuk Santai hingga Olahraga

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
24 April 2024 11:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Taman tertua di Jakarta, foto: Unsplash/Ega Pamungkas
zoom-in-whitePerbesar
Taman tertua di Jakarta, foto: Unsplash/Ega Pamungkas
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jakarta memiliki banyak ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Dari banyaknya ruang terbuka hijau tersebut, ada dua taman yang merupakan taman tertua di Jakarta dan menarik untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Taman yang ada di Jakarta ini menghadirkan tempat yang nyaman untuk berbagai kegiatan luar ruangan. Mulai dari sekadar bersantai, piknik, hingga berolahraga. Tidak jarang taman juga menjadi tujuan rekreasi keluarga yang murah meriah.

2 Taman Tertua di Jakarta yang Bisa Dikunjungi untuk Rekreasi

Taman tertua di Jakarta, foto: Unsplash/Ega Pamungkas
Di Jakarta juga terdapat beberapa taman yang telah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Bagi yang penasaran apa saja taman tertua tersebut, inilah dua taman tertua di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk bersantai maupun berolahraga.

1. Taman Suropati

Taman tertua yang pertama adalah Taman Suropati. Taman yang berlokasi di Menteng ini mulai ditanam pepohonan dan bunga sejak tahun 1920. Dengan lokasi yang strategis, menjadikan taman ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
Di taman ini terdapat beberapa monumen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang menambah daya tarik dari Taman Suropati. Sejumlah kegiatan seru pun bisa dilakukan oleh pengunjung saat datang ke sini, seperti piknik, bermain, bersepeda, maupun berolahraga.
Alamat: Jl. Taman Suropati No. 5, RT.5/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

2. Taman Situ Lembang

Masih terletak di kawasan Menteng, taman tertua di Jakarta lainnya adalah Taman Situ Lembang. Dikutip dari akun Instagram resmi @tamanhutandki, taman ini awalnya merupakan waduk dari sub-sistem kali Cideng sebagai penampungan air pada tahun 1926.
Kemudian pada tahun 194 Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melakukan renovasi pada taman ini dengan menambah empat buah air mancur dan lapak pemancingan. Hingga kini taman ini telah menjadi ruang terbuka hijau untuk berbagai kegiatan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh Taman Situ Lembang mulai dari kawasan yang asri, adanya angsa di sekitar taman, hingga area bermain untuk anak-anak. Berbagai daya tarik tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat saat berkunjung ke taman ini.
Alamat: Jl. Lembang Terusan No. D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
Kedua taman tertua di Jakarta tersebut bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi, jika mencari tempat untuk beragam aktivitas di luar ruangan. Setiap taman juga memiliki kawasan teduh yang asri, sehingga cocok untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. (PRI)