Konten dari Pengguna

3 Tempat Wisata sekitar Monas, Ramah Kantong dan Ramah Anak

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
1 April 2024 18:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat Wisata sekitar Monas. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber:Unsplash/Rifki Kurniawan
zoom-in-whitePerbesar
Tempat Wisata sekitar Monas. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber:Unsplash/Rifki Kurniawan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tempat wisata sekitar Monas menjadi destinasi wisata yang dapat dipilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selain berlibur dan bersenang-senang bersama si kecil, destinasi wisata ini juga dapat membantu anak mengenal sejarah Indonesia.
ADVERTISEMENT
Mulai dari Museum Nasional, hingga Galeri Nasional Indonesia juga dapat dikunjungi bersama keluarga tersayang. Di sini, pengunjung tak hanya mengenal sejarah dan rekreasi namun juga mengenal apa saja karya yang dibuat para seniman Indonesia.

Tempat Wisata sekitar Monas yang Menarik untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Tempat Wisata sekitar Monas. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber:Unsplash/Affan Fadhlan
Tempat wisata sekitar Monas merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga, khususnya bersama anak. Mengutip dari buku UUD 45 & Perubahannya, Redaksi Tangga Pustaka (2009:157), Monas merupakan monumen kebanggaan terbesar bagi bangsa Indonesia.
Monas dibangun dengan tujuan untuk mengenang semangat para pejuang kemerdekaan agar mampu meningkatkan patriotisme seluruh bangsa Indonesia.
Tugu Monas berbentuk seperti lidah api yang terbuat dari perunggu murni seberat 14, 5 ton dan berlapis 35 kg emas murni. Di area Monas, terdapat beberapa tempat wisata sekitar Monas. Berikut ini daftarnya.
ADVERTISEMENT

1. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia merupakan museum seni rupa modern dan kontemporer. Museum ini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai macam pameran seni yang dibuat dari seniman ternama. Tempat ini beralamat di Jalan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat.

2. Museum Nasional

Museum yang beralamat di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat ini dikenal dengan sebutan Museum Gajah atau Gedung Gajah sebab ciri khasnya yang berupa patung perunggu berbentuk gajah yang berada di depan gedung. Dalam museum ini pengunjung dapat melihat berbagai koleksi peninggalan bersejarah yang menarik untuk dipelajari.

3. Museum Joang ‘45

Bangunan bersejarah ini terletak di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Jakarta Pusat. Museum satu ini juga bisa menjadi destinasi wisata bersama keluarga dan si kecil untuk menghabiskan liburan.
ADVERTISEMENT
Museum ini memuat berbagai bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan. Di sini, pengunjung juga dapat memperkenalkan si kecil sederet pahlawan yang berjasa bagi negara.
Tempat wisata sekitar Monas yang dibahas dalam artikel ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sekaligus memperkenalkan sejarah Indonesia pada si kecil. (NIS)