4 Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta, Mulai dari Suvenir hingga Makanan Betawi

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 15:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta. Foto hanya sebagai ilustrasi saja, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Ishaq Robin.
zoom-in-whitePerbesar
Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta. Foto hanya sebagai ilustrasi saja, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Ishaq Robin.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setelah berwisata di Kota Jakarta, tidak lengkap rasanya tidak membeli buah tangan. Tempat beli oleh-oleh di Jakarta, ada di beberapa tempat di Kota Metropolitan ini. Banyak di antaranya menjual makanan dan suvenir khas Betawi.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Jelajah Kuliner Khas Betawi, Yudhiet Fajar Dewantara dan Farah Levyta (2022:74-75), oleh-oleh berupa makanan khas Betawi yang bisa dibawa sebagai buah tangan di antaranya ada dodol Betawi hingga bir pletok. Selain itu ada pula sagon kelapa dan lain sebagainya.
Suvenir khas Betawi seperti baju abang-none, gantungan kunci, miniatur Monas, miniatur bajaj hingga patung ondel-ondel bisa jadi pilihannya.

Rekomendasi Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta

Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta. Foto hanya sebagai ilustrasi saja, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/wafieq akmal.
Rekomendasi tempat beli oleh-oleh di Jakarta ada di pusat perbelanjaan hingga UMKM masyarakat Jakarta. Lokasinya bisa dikunjungi langsung, bahkan ada yang menyediakan layanan belanja online.
Berikut merupakan rekomendasi lokasi beli oleh-oleh khas Betawi di Jakarta.

1. Pusat Oleh-oleh khas Jakarta Thamrin City

Wisatawan bisa mengunjungi pusat perbelanjaan Thamrin City, tepatnya di lantai 1 blok H6. Di sini, ada toko yang khusus menjual oleh-oleh khas Jakarta.
ADVERTISEMENT
Tempatnya menjual aneka kaos dan tas dengan aneka motif ikon Jakarta dan Betawi. Selain itu ada pula gantungan kunci, magnet kulkas dan lain sebagainya. Ada pula aneka camilan khas Betawi, seperti kue Sagon, kue bangket dan kue satoe.
Lokasi: Thamrin City Lantai 1 Blok H6 No.6, Jl. Kebon Kacang Raya No.6, Kb. Melati, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-16.00
Di kawasan situs kebudayaan Betawi, Setu Babakan, juga ada tempat yang menjual aneka oleh-oleh Jakarta khas Betawi. Namanya adalah Betawi Online Gallery Outlet 1. Sesuai namanya, tempat ini juga punya toko online di marketplace yang bisa diakses.
Berdasarkan Instagram resminya, @betawi_online, tempat ini menjual aneka pakaian dan aksesoris ala Betawi, mainan tradisional hingga gelas enamel bercorak hijau putih, seperti yang ada pada film dan sinetron Betawi.
ADVERTISEMENT
Tempatnya juga menjual aneka makanan khas Betawi, seperti kue akar kelapa, kue sagon, dodol Betawi hingga bir pletok dalam kemasan sachet.

3. Romlah Oleh-Oleh Jakarta

Berikutnya ada Romlah Oleh-Oleh Jakarta, di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Ini adalah salah satu toko UMKM, yang membuat sendiri produk oleh-oleh khas Betawi-nya.
Dari Instagram resmi @romlah_oleh2, tempat ini memproduksi aneka camilan khas Betawi, seperti kue geplak, kue kembang goyang, kue sagon dan sagon bubuk.

4. Oleh-Oleh Sowan

Terakhir juga ada UMKM masyarakat, bernama Oleh-Oleh Sowan. Tokonya berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Toko Oleh-Oleh Sowan menjual aneka makanan khas Betawi dan juga Nusantara.
ADVERTISEMENT
Dari Instagram resminya @oleh-olehsowan, aneka camilan khas Betawi yang dijual di toko ini, seperti kue akar kelapa, kue biji ketapang, kue kembang goyang hingga aneka manisan buah.
Itulah 4 rekomendasi tempat beli oleh-oleh di Jakarta, yang menjual aneka suvenir hingga camilan khas Betawi. Tempatnya bisa jadi referensi bagi yang rindu akan camilan khas Betawi atau yang ingin memberi buah tangan pada orang terdekat selepas berwisata di Jakarta. (Fitri A)