5 Kuliner di Setu Babakan yang Menarik untuk Dinikmati

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
5 April 2024 16:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kuliner di Setu Babakan, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Kina
zoom-in-whitePerbesar
Kuliner di Setu Babakan, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Kina
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berkunjung ke Setu Babakan tidak hanya untuk santai menikmati pemandangan danau yang cantik, tetapi juga bisa wisata kuliner. Ada berbagai kuliner di Setu Babakan yang lezat dan tentunya menarik untuk dicoba.
ADVERTISEMENT
Setu Babakan merupakan destinasi wisata yang lokasinya ada di kawasan Perkampungan Budaya betawi sebagaimana dikutip dari situs resmi jadesta.kemenparekraf.go.id. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan danau, bermain sepeda air, hingga wisata kuliner.

5 Kuliner di Setu Babakan untuk Wisata Kuliner

Kuliner di Setu Babakan, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Anisa Wulan Asri
Ada banyak kuliner lezat yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Setu Babakan yang sebagian besar merupakan kuliner khas Betawi. Lantas, apa saja kuliner yang bisa tersedia? Inilah beberapa kuliner di Setu Babakan yang bisa dicoba untuk wisata kuliner.

1. Kerak Telor

Kerak telor menjadi kuliner yang ada dan wajib dicoba saat berkunjung ke Setu Babakan. Kuliner ikonik Betawi ini kerap diburu oleh masyarakat karena rasanya yang khas.
Bentuknya yang mirip telur dadar dengan campuran ketan dan kelapa ini menghasilkan tekstur yang unik. Setiap porsinya juga cukup besar sehingga bisa mengenyangkan perut.
ADVERTISEMENT

2. Laksa Betawi

Kuliner selanjutnya adalah laksa betawi. Makanan khas Betawi ini juga digemari oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Hidangan satu ini terdiri dari mi dengan kuah yang berisi aneka lauk pauk, seperti daging ayam, udang, dan lain-lain.

3. Kembang Goyang

Ingin menyantap camilan saat berada di Setu Babakan? Maka kue kembang goyang bisa jadi pilihan. Kue yang dibuat dengan cara digoyang-goyang dari cetakannya ini memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur yang renyah. Kue satu ini cocok dijadikan camilan karena bisa dinikmati di mana saja.

4. Bir Pletok

Tidak hanya ada makanan, ada juga minuman yang bisa dicoba seperti bir pletok. Walau memiliki nama bir, namun minuman khas Betawi ini tidaklah mengandung alkohol. Kandungan dari bir pletok berisi aneka rempah yang menyehatkan dan bisa menghangatkan tubuh.
ADVERTISEMENT

5. Selendang Mayang

Kuliner di Setu Babakan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah es selendang mayang. Minuman tradisional ini berisi santan dengan isian seperti puding yang terbuat dari tepung sagu. Rasanya yang manis membuat minuman ini sangat menyegarkan saat diminum.
Berbagai kuliner di Setu Babakan tersebut patut untuk dicoba, terutama oleh pencinta kuliner. Dengan pilihan yang beraneka ragam, maka bisa mencoba kuliner yang diinginkan sesuai selera. (PRI)