3 Spot Sunset di Jogja yang Sangat Indah

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
29 Oktober 2023 13:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Spot Sunset di Jogja. Sumber foto: Unsplash/Dawid Zawila
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Spot Sunset di Jogja. Sumber foto: Unsplash/Dawid Zawila
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jogja merupakan destinasi wisata yang tidak pernah membosankan. Banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk menikmati suasananya yang eksotis di sore hari, untuk menikmati tenggelamnya matahari di spot sunset di Jogja.
ADVERTISEMENT
Spot sunset Jogja menawarkan keindahan yang memesona dan menawan. Di tempat-tempat ini, wisatawan bisa bersantai bersama teman atau pasangan sambil berburu foto-foto cantik untuk menghias feed Instagram.

Spot Sunset di Jogja

Ilustrasi Spot Sunset di Jogja. Sumber foto: Unsplash/Quino Al
Dikutip dari buku I Found The Way, Nicole Sailanny (2023: 120), Jogja adalah kota yang indah. Kota ini sederhana, tetapi menarik banyak turis untuk mengunjungi kota ini.
Selain Bali, Jogja adalah kota favorit di Indonesia yang paling sering dikunjungi. Bukan hanya di pusat kota, ada juga spot menarik untuk menikmati sunset di sejumlah tempat. Berikut beberapa spot sunset di Jogja dengan view yang sangat indah dan mengagumkan.

1. Candi Ratu Boko

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini menjelang matahari terbenam agar dapat menyaksikan momen spesial itu. Pesona sunset di Ratu Boko semakin menarik karena adanya bangunan dengan arsitektur khas zaman dulu.
ADVERTISEMENT
Di kompleks yang cukup luas tersebut, ada gerbang yang megah dan bangunan candi. Destinasi wisata ini dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas. Rumput di kawasan candi juga hijau dan tampak segar.
Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tiket masuk untuk dewasa (usia lebih dari 10 tahun) yaitu Rp40.000 dan untuk anak-anak (usia 3-10 tahun) yaitu Rp20.000.

2. Bukit Paralayang Watugupit

Wisata ini adalah kawasan perbukitan yang berbatasan langsung dengan Pantai Parangtritis. Untuk menikmati keindahan matahari terbenam dari Bukit Paralayang Watugupit, wisatawan harus datang sebelum pukul 16.00 WIB.
Jika cuaca cerah, dari spot ini wisatawan bisa menyaksikan saat matahari hilang di balik hamparan lautan. Lokasinya ada di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Harga tiket masuknya Rp5.000.
ADVERTISEMENT

3. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat adalah pantai yang bisa wisatawan kunjungi untuk menikmati sunset. Pantai ini tidak memiliki pesisir dengan pasir yang terhampar luas. Namun, wisatawan akan melihat tebing karang yang tinggi dengan ombak besar yang sesekali menghantam tebing.
Berdiri di atas tebing Pantai Kesirat, wisatawan bisa melihat langsung detik-detik ketika matahari terbenam. Langit yang berwarna oranye dan lautan yang berwarna biru merupakan perpaduan yang sangat luar biasa.
Pantai ini berlokasi di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp5.000.
Itulah beberapa spot sunset di Jogja dengan view yang sangat indah dan mengagumkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu para wisatawan dalam menentukan lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenang yang terbaik. (Gin)
ADVERTISEMENT