4 Kopitiam di Yogyakarta yang Cocok untuk Nongkrong sambil Ngopi

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kopitiam di Yogyakarta, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Alfred
zoom-in-whitePerbesar
Kopitiam di Yogyakarta, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Alfred
ADVERTISEMENT
Kopitiam di Yogyakarta bisa menjadi pilihan tempat nongkrong yang nyaman. Di tempat ini tersedia aneka menu lezat, seperti kopi hingga toast, yang cocok dijadikan camilan sambil nongkrong bersama teman-teman.
ADVERTISEMENT
Kopitiam sendiri merupakan kedai kopi sekaligus tempat sarapan tradisional di Malaysia, Singapura, dan beberapa daerah di Indonesia, seperti Batam dan Medan sebagaimana dikutip dari buku Kopi, Murdijati Gardjito, (2011:85). Seiring populernya kopitiam, sudah banyak daerah lain di Indonesia yang memiliki kedai kopi ini, termasuk Yogyakarta.

Rekomendasi Kopitiam di Yogyakarta

Kopitiam di Yogyakarta, foto: Unsplash/Inna Safa
Ada cukup banyak kopitiam yang ada di Yogyakarta. Jika mencari rekomendasi, berikut adalah beberapa kopitiam di Yogyakarta yang bisa dikunjungi untuk nongkrong sambil ngopi bersama teman-teman.

1. Hao Kopitiam

Rekomendasi pertama ada Hao Kopitiam yang terletak di Jalan Munggur. Kopitiam di sini memiliki tempat yang nyaman dengan suasana vintage yang unik. Pilihan menu yang tersedia juga menarik untuk dicoba, seperti toast dengan aneka pilihan selai, pisang goreng, serta kopi yang beragam.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik sarapan atau makan siang di kopitiam ini, ada juga menu makanan berat yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Ada nasi campur ayam charsiu, nasi goreng Hongkong, nasi ayam hainan, hingga laksa nyonya.

2. Merona Kopitiam & Noodle

Mencari kopitiam yang buka sejak pukul 06.00 pagi untuk sarapan? Maka Merona Kopitiam & Noodle bisa jadi pilihan. Setiap harinya kopitiam ini buka hingga pukul 22.00 WIB dan juga bisa jadi tempat nongkrong yang nyaman.
Ada berbagai menu lezat yang tersedia di sini, seperti nasi lemak rendang, nasi lemak ayam, nasi hainan, nasi goreng, mi goreng ayam udang, hingga kwetiau goreng ayam udang. Pilihan minumannya juga bervariasi, seperti es jeruk, Milo tarik, es campur, hingga es cincau.
ADVERTISEMENT

3. Kenes Kopitiam & Bakery Kusumanegara

Kenes Kopitiam & Bakery Kusumanegara juga menjadi pilihan kopitiam di Yogyakarta lainnya yang buka mulai pukul 06.00 pagi. Kopitiam ini memiliki tempat nyaman dengan area yang cukup luas.
Sebagai kopitiam sekaligus bakery, di sini ada berbagai macam pilihan menu yang menarik untuk dicoba. Mulai dari aneka dimsum, roti dengan selai, hingga makanan berat, seperti spicy salt chicken, brokoli X.O, dan lainnya. Ada juga berbagai jenis kopi yang nikmat untuk dicoba.
ADVERTISEMENT

4. Kopi Tiam Kapuas Hulu

Kopitiam lainnya yang bisa dikunjungi untuk nongkrong sambil ngopi adalah Kopi Tiam Kapuas Hulu. Kedai kopi sederhana ini memiliki area yang cukup luas sehingga cocok dijadikan tempat nongkrong.
Aneka menu yang tersedia di sini juga bisa dinikmati sambil nongkrong, seperti roti canai sarang burung rendang, roti cocol telur kuah kari, chicken cream soup, hingga aneka minuman mulai dari kopi susu, kopi tiam, teh tarik, hingga es lidah buaya.
Berbagai kopitiam di Yogyakarta tersebut bisa jadi pilihan untuk dikunjungi dan cocok dijadikan tempat nongkrong. Selain itu, kopitiam ini juga bisa dikunjungi sejak pagi hari dan menjadi tempat sarapan yang nikmat. (PRI)
ADVERTISEMENT