6 Tips Liburan ke Jogja agar Hemat, Nyaman, dan Memuaskan

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
28 Januari 2024 4:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips liburan ke Jogja. Sumber: Unsplash/Gading Ihsan
zoom-in-whitePerbesar
Tips liburan ke Jogja. Sumber: Unsplash/Gading Ihsan
ADVERTISEMENT
Tips liburan ke Jogja agar hemat, nyaman, dan memuaskan akan sangat penting bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kota ini dengan bijak. Terutama bagi yang baru pertama kali mengunjungi Jogja.
ADVERTISEMENT
Dengan memahami cara menyusun itinerary yang efisien dan menentukan bujet secara tepat, perjalanan ke Jogja dapat berubah menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Setiap aspek liburan, mulai dari akomodasi hingga kegiatan wisata, memang harus direncanakan dengan baik sehingga bisa memuaskan, sekaligus ekonomis.

Tips Liburan ke Jogja untuk Pemula

Tips liburan ke Jogja. Sumber: Unsplash/Farhan Abas
Persiapan sebelum berlibur ke Jogja sangat penting, terutama untuk yang pertama kali mengunjunginya. Ada berbagai tips liburan ke Jogja yang bisa dilakukan agar perjalanan menjadi berkesan berikut ini.

1. Waktu Liburan yang Tepat

Jogja, kota tujuan liburan populer, cenderung padat saat musim liburan. Orang yang pertama kali liburan ke Jogja disarankan menghindari waktu tersebut. Lebih baik memilih waktu di luar musim liburan.
Mengunjungi Jogja di luar musim liburan sangat menyenangkan karena terbebas dari kemacetan dan kerumunan. Selain itu, biaya tiket dan hotel lebih murah dibanding saat musim liburan.
ADVERTISEMENT

2. Buat Bujet Sesuai Kemampuan

Membuat anggaran liburan yang sesuai dengan kemampuan finansial adalah langkah penting. Sebagai contoh, jika merencanakan liburan ke Jogja dalam waktu 3 bulan, menyisihkan uang selama periode tersebut dapat memudahkan pengelolaan keuangan.
Menabung secara bertahap selama 3 bulan membantu dalam menciptakan bujet liburan yang realistis dan terjangkau.

3. Pesan Tiket dan Hotel Jauh-Jauh Hari

Memesan tiket untuk liburan ke Jogja jauh-jauh hari merupakan langkah cerdas untuk menghemat biaya, karena biasanya lebih murah hingga 50%, baik pesawat maupun kereta.
Selain tiket, penting juga untuk memesan hotel jauh-jauh hari. Bagi backpacker, hostel merupakan pilihan yang terjangkau dan praktis.
Tarif kamar hotel antara lain dibedakan kawasan, makin strategis dan terletak di pusat kota, maka akan semakin mahal. Demikian disebutkan dalam buku Liburan Meriah di Jogja, Gagas Ulung (2013:11). Dengan demikian, adalah penting untuk melakukan riset dulu agar bisa menemukan hotel yang sesuai dengan bujet dan lokasinya strategis untuk memudahkan perjalanan selama di Jogja.
ADVERTISEMENT

4. Pilih Transportasi yang Sesuai

Untuk menghemat biaya liburan di Jogja, penting untuk memilih kendaraan yang tepat. Menggunakan transportasi umum seperti Trans Jogja adalah pilihan yang baik. Jika ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak terjangkau oleh transportasi umum, menyewa motor atau mobil bisa jadi solusi.

5. Buat Itinerary yang Pas

Jogja menawarkan berbagai pilihan tempat wisata, termasuk budaya, alam, dan kuliner. Penting untuk membuat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi sebelum berangkat.
Kelompokkan tempat-tempat wisata di Jogja berdasarkan jenis dan lokasi yang dekat, seperti tempat wisata di daerah Sleman, atau wisata di dekat Titik Nol Kilometer. Dengan begitu, itinerary bisa dibuat dengan mudah, biayanya juga bisa ditekan. Sertakan juga waktu kunjungannya.
Walaupun hanya sebuah rencana dan mungkin ada perubahan, itinerary ini berguna sebagai panduan selama liburan di Jogja.
ADVERTISEMENT

6. Pilih Kuliner Kelas Mahasiswa

Makan di restoran atau tempat wisata di Jogja sering kali lebih mahal. Untuk menghemat, memilih tempat makan lokal atau warung pinggir jalan adalah pilihan yang baik.
Untuk lebih menghemat lagi, makan di warung makan favorit mahasiswa di dekat kampus biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau. Untuk makan malam, mencoba angkringan yang dikenal murah bisa menjadi alternatif.
Semoga dengan tips liburan ke Jogja yang hemat, nyaman, dan memuaskan ini, perencanaan perjalanan yang efektif dan berkesan menjadi lebih mudah. (CR)