Air Terjun Lepo, Keindahan Wisata Alam di Jogja yang Cocok untuk Healing

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Air Terjun Lepo, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Aditya Hermawan
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Lepo, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Aditya Hermawan
ADVERTISEMENT
Air Terjun Lepo adalah salah satu wisata di Jogja yang menawarkan pemandangan alam indah dan menarik untuk dikunjungi. Tempat ini cocok dijadikan tempat melepas penat dengan suasana asri yang dapat menyegarkan pikiran.
ADVERTISEMENT
Nama Lepo sendiri merupakan singkatan dari Ledok Pokoh di mana pada kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan empat kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air sebagaimana dikutip dari situs resmi bantulpedia.bantulkab.go.id. Setiap air terjun menawarkan pemandangan alam indah yang memanjakan mata.

Lokasi, Rute Perjalanan, dan Jam Buka Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Levi T.
Lokasi dari Air Terjun Lepo terletak di Dusun Pokoh I, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, wisata alam ini berjarak sekitar 32 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Agar tidak salah arah, berikut rute perjalanan yang bisa diikuti.
ADVERTISEMENT
Apabila takut tersesat atau salah arah, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps sebagai pemandu jalan. Bisa juga bertanya kepada warga sekitar selama di perjalanan agar tiba di kawasan air terjun dengan aman.
Setiap harinya air terjun ini bisa dikunjungi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Biasanya, air terjun akan ramai di pagi dan sore hari karena cuaca yang tidak terlalu terik.

Daya Tarik dan Harga Tiket Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Andri Hermawan
Sebagai tempat wisata alam, air terjun ini menawarkan daya tarik berupa pemandangan alam yang memanjakan mata. Berbeda dari air terjun lainnya, air terjun di sini memiliki tiga tingkatan sehingga menciptakan pemandangan yang indah.
Keberadaan empat kolam di bawah air terjun juga bisa digunakan untuk berenang maupun sekadar bermain air. Namun, wisatawan perlu berhati-hati karena setiap kolam memiliki tingkat kedalaman yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Pepohonan serta bebatuan yang mengelilingi air terjun juga menambah keindahan dari tempat wisata ini. Udara yang sejuk bisa dinikmati sebagai salah satu cara melepas penat saat berkunjung ke air terjun satu ini.
Sementara untuk harga tiket tidak dikenakan biaya yang pasti. Wisatawan dapat membayar seikhlasnya untuk bisa masuk ke kawasan air terjun. Jadi, wisatawan bisa berkunjung dengan nyaman untuk menikmati keindahan dan daya tarik dari air terjun ini.
Itu dia informasi mengenai Air Terjun Lepo yang bisa dijadikan panduan sebelum berwisata ke sana. Dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan, air terjun ini bisa jadi pilihan tempat healing yang menyenangkan di Yogyakarta. (PRI)
ADVERTISEMENT