Goa Cokro, Gua Vertikal yang Masih Sangat Alami di Yogyakarta

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 14:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Cokro. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Iswanto Arif
zoom-in-whitePerbesar
Goa Cokro. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Iswanto Arif
ADVERTISEMENT
Goa Cokro merupakan gua vertikal yang masih sangat alami di Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini sangat pas dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai tantangan. Pengunjung harus memasuki gua ini dengan menggunakan tali khusus dan perlengkapan lainnya.
ADVERTISEMENT
Meskipun cukup sulit untuk dimasuki, gua ini memiliki pesonanya sendiri. Salah satunya adalah stalaktit dan stalagmit yang indah.

Goa Cokro, Pesona Batu di Perut Bumi yang Memikat

Goa Cokro. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Jed Owen
Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi yang suka dengan tantangan, Goa Cokro adalah salah satu tempat yang perlu didatangi. Mengutip dari situs resmi wisata.gunungkidulkab.go.id, gua vertikal ini memiliki kedalaman 18 meter dan diameter 1 meter.
Untuk memasuki gua ini, harus menggunakan teknik yang sesuai seperti teknik rappeling dan Single Rope Technique (SRT). Pengunjung yang akan memasuki gua akan diberikan pengarahan terlebih dahulu dan wajib menggunakan wearpack khusus, helm, dan sepatu.
Pengunjung tidak perlu khawatir karena ada pemandu di gua ini. Jika berkunjung saat hari cerah, pengunjung bisa menyaksikan sinar matahari yang masuk dari lubang gua yang kerap disebut sebagai cahaya surga.
ADVERTISEMENT
Di dalam gua terdapat hamparan stalaktit dan stalagmit yang terlihat unik dan indah. Salah satu ruangan di dalam gua diberi nama kamar pengantin. Ada juga ruangan lain yang dikenal sebagai hutan stalaktit.

Paket Wisata dan Lokasi Goa Cokro

Goa Cokro. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Intricate Explorer
Untuk bisa memasuki gua ini, pengunjung diwajibkan untuk mengambil paket wisata untuk rombongan. Satu kelompok minimal 10 orang dengan biaya per orang sekitar Rp1.000.000. Gua ini sudah mudah dikenal sebagai tempat wisata mulai tahun 2010. Saat ini, baik wisatawan lokal maupun mancanegara banyak yang berkunjung ke sini.
Pengunjung juga harus menjaga kelestarian gua dengan cara tidak merusak dan tidak meninggalkan sampah. Gua ini adalah bagian dari 13 Geosite Gunung Sewu UNESCO Global Geopark sehingga kelestarian ekosistemnya harus dijaga.
ADVERTISEMENT
Gua Cokro berada di Wirik, Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00.
Sekian informasi tentang Goa Cokro. Informasi tersebut bisa dijadikan sebagai acuan bagi yang tertarik untuk berwisata di gua ini. (KRI)