Goa Jepang Parangtritis, Destinasi Wisata Peninggalan Sejarah di Jogja

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 12:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Jepang Parangtritis. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Ksenia Kudelkina.
zoom-in-whitePerbesar
Goa Jepang Parangtritis. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Ksenia Kudelkina.
ADVERTISEMENT
Jogja memiliki sejumlah destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yakni Goa Jepang Parangtritis, destinasi wisata peninggalan tentara Jepang yang berada di lereng Bukit Pundong Kabupaten Bantul.
ADVERTISEMENT
Selain menyaksikan peninggalan sejarah, gua ini juga menawarkan keindahan alam serta fenomena sunset yang cantik. Letaknya yang berada di lereng bukit, membuat destinasi wisata ini memiliki Udara yang sejuk.

Daya Tarik Goa Jepang Parangtritis

Goa Jepang Parangtritis. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Bruno van der Kraan.
Dikutip dari situs jogjacagar.jogjaprov.go.id, gua ini tak lepas dari penjajahan Jepang di Indonesia yang berlangsung selama 3 tahun dari 1942 hingga 1945. Pembangunan gua ini dilakukan dengan cara melubangi bebatuan di lereng bukit.
Saat ini, gua peninggalan sejarah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Jogja. Hal ini tak lepas dari sejumlah daya tarik yang dimiliki oleh Goa Jepang Parangtritis. Berikut beberapa di antaranya.

1. Panorama Alam yang Memesona

Lokasing yang terletak di lereng Bukit Pundong menjadikan daerah ini memiliki panorama alam yang mempesona. Wisatawan dapat melihat dengan jelas pantai-pantai dari ketinggian bukit.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, sepanjang perjalanan wisatawan juga akan dimanjakan dengan eloknya alam yang masih asri dan alami. Udara di kawasan perbukitan ini juga sangat sejuk dan segar, sehingga cocok bagi yang ingin melepas penat.

2. Menyusuri Gua Peninggalan Sejarah

Selain menawarkan keindahan alam, di gua ini wisatawan juga dapat menyaksikan sisa-sisa sejarah dari masa penjajahan Jepang. Wisatawan bisa menyaksikan goa-goa yang dibangun Jepang sebagai sistem pertahanan yang mengerikan.
Wisatawan juga bisa memasuki gua tersebut sembari merasakan suasana lembab dan gelap khas gua. Cahaya yang masuk dari cerobong udara tak bisa menerangi seluruh luas goa, sehingga menciptakan suasana mistis.

3. Spot Sunset Terbaik di Jogja

Di tempat ini wisatawan juga dapat menyaksikan fenomena sunset yang sangat cantik. Lokasi Gua yang berada di atas diperbukitan menjadikan destinasi wisata ini sebagai spot terbaik untuk melihat sunset.
ADVERTISEMENT
Wisatawan bisa menyaksikan sunset yang dipadukan dipadukan dengan panorama pantai selatan yang indah. Bahkan banyak wisatawan yang menyebut sunset di tempat ini sebagai golden sunset.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Goa Jepang Parangtritis

Goa Jepang Parangtritis. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Jonny Gios.
Secara administratif, Goa Jepang ini terletak di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Untuk mencapai goa ini, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer atau perjalan selama 50 menit dari pusat Kota Jogja.
Wisatawan yang datang ke gua ini, memerlukan tenanga ekstra. Hal ini karena kondisi jalannya lumayan terjal dan berkelok. Sangat disarankan, wisatawan menggunakan kendaraan motor untuk mencapai lokasi wisata tersebut, karena jalannya juga tidak terlalu lebar.
ADVERTISEMENT
Tempat wisata ini bisa dikunjungi kapan saja, karena buka selama 24 jam. Untuk memasuki kawasan wisata ini, wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk sama sekali alias gratis.
Itulah informasi mengenai destinasi wisata sejarah Goa Jepang Parangtritis. Pastikan badan dalam kondisi prima saat datang ke tempat ini, karena medan menuju lokasi terbilang sulit. (IND)