Goa Jomblang Yogyakarta: Petualangan Seru di Perut Bumi

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 14:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Jomblang Yogyakarta. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
zoom-in-whitePerbesar
Goa Jomblang Yogyakarta. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
ADVERTISEMENT
Gua merupakan salah satu bentuk alam yang unik dan juga menarik untuk dijelajahi, di Indonesia sendiri ada banyak gua dengan berbagai bentuk dan keindahan. Salah satu yang bisa dieksplorasi ketika liburan adalah Goa Jomblang Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Gua ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam dan juga pengalaman yang berbeda bagi wisatawan. Di sini wisatawan bisa melakukan petualangan seru di perut bumi.

Daya Tarik Goa Jomblang Yogyakarta

Goa Jomblang Yogyakarta. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Iswanto Arif
Dikutip dari buku Adventure Lovers karya Gagas Ulung, (2015), Goa Jomblang Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata susur gua yang populer di Yogyakarta. Goa ini menawarkan pengalaman mengeksplorasi gua vertikal yang dalam.
Tidak heran jika banyak wisatawan yang mengatakan jika datang ke gua ini adalah petualangan untuk mengeksplorasi perut bumi. Secara umum ada beberapa daya tarik utama dari gua yang satu ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Bentuknya yang Vertikal

Daya tarik utama dari gua ini adalah bentuknya yang vertikal berbeda dengan gua pada umumnya yang biasanya diawali dengan kontur yang landai. Bentuknya yang vertikal disebabkan karena gua ini pernah runtuh.
ADVERTISEMENT
Runtuhan yang terjadi pada akhirnya membuat sinkhole atau lubang besar dengan kedalaman mencapai 50 meter. Kedalaman inilah yang bisa dieksplorasi oleh wisatawan, tentunya dengan menggunakan alat pengaman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Adanya Cahaya Surga

Daya tarik lain dari gua ini adalah adanya cahaya surga atau cahaya matahari yang masuk ke dalam gua melalui atap gua yang terbuka. Fenomena ini menjadi salah satu daya tarik karena sangat indah dan bisa menembus hingga ke dasar gua.

3. Tempat Konservasi Tumbuhan Purba

Wisatawan yang datang ke gua ini bisa menyaksikan banyak tumbuhan yang bisa digolongkan sebagai tumbuhan purba. Tumbuhan-tumbuhan ini banyak tumbuh di dasar gua dengan kondisi yang kurang ideal.
Yang pertama tentunya kurangnya cahaya matahari yang masuk dan kelembapan yang cukup tinggi. Tumbuhan-tumbuhan ini memiliki ciri khas mereka sendiri dan sedikit berbeda dengan tumbuhan yang ada di luar gua.
ADVERTISEMENT
Jika berencana untuk datang ke goa ini, lokasinya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil.
Demikian adalah pembahasan mengenai Goa Jomblang Yogyakarta. Gua ini merupakan salah satu destinasi wisata unik yang ada di Jogja. (ARD)