Goa Kidang Kencono, Wisata Alam untuk Petualang Sejati di Bukit Menoreh

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
12 Maret 2024 10:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Kidang Kencono, Foto hanya ilustrasi, bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash/Jed Owen
zoom-in-whitePerbesar
Goa Kidang Kencono, Foto hanya ilustrasi, bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash/Jed Owen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pesona alam Kulon Progo telah mencuri perhatian banyak orang. Salah satu yang menarik di sini adalah wisata Goa Kidang Kencono.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Pengelolaan Wisata Berbasis Goa, Surya Cipta (2016:30), wisata gua berupa lorong yang terbentuk secara alami. Gua adalah lubang alami di tanah yang dapat dimasuki manusia.

Berpetualang di Goa Kidang Kencono Yogyakarta

Goa Kidang Kencono, Foto hanya ilustrasi,Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash/Iswanto Arif
Goa Kidang Kencono menjadi destinasi petualangan bagi pencinta wisata alam yang menantang. Setiap pengunjung yang akan memasuki gua wajib didampingi pemandu.
Diambil dari situs resmi Dinas Pariwisata Kulon Progo, dinpar.kulonprogokab.go.id, sungai bawah tanah merupakan salah satu daya tarik dari gua yang terletak tidak jauh dari lokasi Goa Kiskendo.
Tak hanya itu, sungai bawah tanah ini jika ditelusuri akan tembus hingga ke Goa Kiskendo. Kidang Kencono juga menawarkan keindahan fenomena alam yang berada pada setiap dindingnya.
Pengunjung akan dipandu untuk melewati lorong dalam gua dengan panjang yang diperkirakan mencapai 350 meter. Sepanjang lorong, akan disuguhkan pemandangan ornamen persembahan alam pada dinding batu karst.
ADVERTISEMENT
Pengunjung juga akan disuguhkan dengan keindahan stalagmit dan stalaktit yang masih aktif, dan terjaga alami di dalam gua. Pesona alam ini semakin menambah eksotis suasana di dalam gua.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Cara Menuju ke Goa Kidang Kencono

Ilustrasi Goa Kidang Kencono, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash/Ksenia Kudelkina
Memasuki wisata gua ini, pengunjung hanya diminta untuk memberi donasi seikhlasnya. Pengunjung hanya diminta untuk didampingi jasa pemandu berbayar jika ingin menjelajah gua.
Tarif jasa pemandu untuk memasuki gua sebesar Rp25.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk peralatan keamanan, seperti helm, rompi, sepatu karet dan senter.
Goa ini merupakan bagian dari barisan perbukitan Menoreh. Pengunjung dapat datang setiap hari, mulai pukul 09:00 hingga tutup pukul 16:00 WIB.
Lokasinya berada di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Sebrangkidul, Purwosari, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Dari Embung Tlogoguwo menuju wisata alam ini, berjarak 3,1 km dengan waktu tempuh berkendara sekitar 6 menit. Rute yang disarankan untuk menuju lokasi, yaitu:
Goa Kidang Kencono adalah wisata alam dengan medan yang cukup sulit, tetapi akan terbayar dengan keindahannya. Sensasi merayap di dalam gua akan menjadi pengalaman mendebarkan tak terlupakan.(DIK)