Goa Rancang Kencono Jogja: Gua Unik dengan Pohon Klumpit di Pintu Masuknya

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 14:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Rancang Kencono. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Jonny Gios
zoom-in-whitePerbesar
Goa Rancang Kencono. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Jonny Gios
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jogja terkenal memiliki sejumlah tempat wisata yang unik dan menarik. Bagi yang menyukai wisata alam, Goa Rancang Kencono adalah salah satu tempat yang perlu dikunjungi. Menariknya, gua ini diyakini telah dihuni manusia sejak 3000 tahun yang lalu.
ADVERTISEMENT
Gua ini memang sarat dengan nilai sejarah karena pernah digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Kerajaan Mataram. Selain nilai sejarah, gua ini juga memiliki keunikan di bagian pintu masuknya.

Daya Tarik dan Nilai Sejarah Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Bruno Van Der Kraan
Ada banyak objek wisata di Jogja. Bagi yang menyukai wisata alam sekaligus sejarah, Goa Rancang Kencono adalah tempat yang wajib dikunjungi. Gua vertikal ini memiliki nilai sejarah yang menarik untuk dipelajari.
Mengutip dari situs resmi visitingjogja.jogjaprov.go.id, Gua Rancang Kencono diyakini oleh masyarakat sekitar sudah ada sejak zaman purba. Di gua ini pernah ditemukan artefak yang berusia ribuan tahun.
Nama gua ini artinya adalah merancang sesuatu yang mulia. Nama Rancang Kencono diberikan karena dulu gua ini pernah dijadikan tempat persembunyian tentara Kerajaan Mataram untuk mempersiapkan rencana perlawanan kepada Belanda.
ADVERTISEMENT
Selain dari sejarahnya, gua ini juga terlihat unik. Keunikan berupa pohon klumpit berukuran besar di pintu masuk gua ini menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Pohon ini menjulang tinggi hingga melebihi atap gua.
Pohon klumpit ini juga menjadi ikon Gua Rancang Kencono. Pohon ini juga dipercaya telah berusia lebih dari 200 tahun. Gua ini dilengkapi dengan tangga untuk memudahkan pengunjung.
Dengan menuruni tangga, pengunjung akan tiba di pelataran gua. Pelataran inilah yang menjadi tempat tentara Kerajaan Mataram menyusun strategi pada zaman dahulu.

Fasilitas, Tiket Masuk, dan Lokasi Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Tsvetoslav Hristov
Pengelola tempat wisata ini telah menyediakan sejumlah fasilitas berupa area parkir, toilet, warung, dan pemandu. Pengunjung yang datang disarankan untuk menggunakan jasa pemandu agar bisa mengetahui sejarah gua ini.
ADVERTISEMENT
Tiket masuk kawasan wisata ini sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk tiket untuk masuk ke kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Gua ini berlokasi di Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Goa Rancang Kencono adalah destinasi wisata yang pas dikunjungi oleh orang yang menyukai sejarah dan wisata alam. Semoga bermanfaat. (KRI)