Green Village Gedangsari: Surga Hijau di Tengah Alam Gunungkidul

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
12 April 2024 7:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Green Village Gedangsari. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Lusia Komala Widiastuti
zoom-in-whitePerbesar
Green Village Gedangsari. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Lusia Komala Widiastuti
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Green Village Gedangsari, sebuah destinasi alam yang memukau, menawarkan petualangan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dengan cara yang berbeda. Tempat ini menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam Gunungkidul Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Namun, pesona Green Village Gedangsari tidak hanya terletak pada keindahan alamnya. Ada beragam aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung di destinasi ini. Pengunjung bisa menjelajahi hamparan hijau dengan trekking, foto-foto, hingga merasakan sensasi meluncur di flying fox terpanjang se-Asia Tenggara.

Menikmati Indahnya Green Village Gedangsari dari Flying Fox Terpanjang di Asia Tenggara

Green Village Gedangsari. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Al Farel Ghazali
Green Village Gedangsari terletak di sisi utara pegunungan yang memisahkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Secara administratif, wilayah ini berbatasan dengan Kecamatan Gantiwarno, Wedi, dan Bayat di utara.
Nama "Green Village Gedangsari" mencerminkan keberadaannya di tengah nuansa hijau dari pegunungan sekitarnya. Pegunungan di sisi selatan terlihat seperti dinding hijau raksasa. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan terbuka dari ketinggian di bagian barat daya, utara, dan timur. Ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut menambah pesona tempat wisata ini.
ADVERTISEMENT
Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah pagi atau sore hari saat cuaca cerah, terutama untuk menikmati matahari terbit atau terbenam.
Dikutip dari gunungkidulkab.go.id, selain panorama alam, pengunjung juga dapat menikmati flying fox terpanjang di Asia Tenggara, yang panjangnya mencapai 625 meter dengan kecepatan hingga 80 km/jam. Fasilitas keamanan dengan standar internasional tersedia. Selama meluncur, pengunjung dapat menikmati panorama sawah hijau.
Fasilitas umum seperti toilet, area parkir, spot foto, dan gardu pandang juga tersedia di area ini.

Lokasi Green Village Gedangsari Gunungkidul dan Harga Tiket

Green Village Gedangsari. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Ahmad Fatikh
Green Village Gedangsari terletak di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 43 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
ADVERTISEMENT
Tarif masuk Green Village Gedangsari mencakup biaya kebersihan dan perawatan objek wisata sebesar Rp5.000, tanda masuk dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebesar Rp2.800, dan parkir sepeda motor sebesar Rp2.000. Tarif tersebut juga mencakup asuransi untuk wisatawan.
Green Village Gedangsari adalah destinasi wisata yang sempurna bagi pencinta alam yang ingin menikmati keindahan Gunungkidul. Dengan beragam aktivitas dan pemandangan yang memukau, mengunjungi tempat ini akan meninggalkan kesan tak terlupakan. (CR)