Menyusuri Goa Kebon Kulon Progo, Destinasi Eksotis dengan Air Terjun Abadi

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
12 Maret 2024 10:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa Kebon Kulon Progo. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
zoom-in-whitePerbesar
Goa Kebon Kulon Progo. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika sedang mencari tempat wisata alam yang menawarkan keindahan dan ketenangan, bisa mengunjungi Goa Kebon Kulon Progo. Goa ini merupakan salah satu hidden gems di wilayah barat Daerah Istimewa Yogyakarta yang masih jarang diketahui.
ADVERTISEMENT
Goa Kebon memiliki pesona yang unik, yaitu air terjun abadi yang mengalir dari atas mulut goa. Pesona ini tentunya tidak bisa ditemukan di goa-goa lain yang ada di Jogja dan sekitarnya.

Keunikan Goa Kebon Kulon Progo

Goa Kebon Kulon Progo. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Iswanto Arif
Dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata DIY https://visitingjogja.jogjaprov.go.id, Goa Kebon Kulon Progo merupakan salah satu destinasi wisata hidden gem yang asyik dan menyenangkan untuk dikunjungi.
Destinasi wisata alam ini berlokasi di Dukuh VII, Krembangan, Kec. Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655.
Jika ingin berkunjung ke goa yang satu ini pengunjung bisa datang kapan saja karena buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk sangat terjangkau yakni Rp4.000/orang.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa daya tarik dari destinasi wisata ini, berikut adalah beberapa di antaranya yang membuatnya patut untuk dikunjungi saat liburan.

1. Memiliki Air Terjun Abadi

Daya tarik pertama dari destinasi wisata ini adalah memiliki air terjun abadi yang tidak pernah kering. Air terjun ini mengalir dari atas mulut goa menuju ke bawah membentuk kolam kecil dan juga aliran air.
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan aliran yang tidak begitu deras. Air terjun ini berasal dari mata air yang terletak dekat dengan goa dan mengalir sepanjang tahun tanpa terpengaruh oleh musim kemarau atau hujan.
Yang membuatnya unik air terjun ini menyerupai tirai bambu yang membasahi mulut goa yang dipenuhi bebatuan kapur.

2. Memiliki Stalaktit dan Stalakmit yang Indah

Di dalam goa, pengunjung bisa melihat formasi stalagtit dan stalagmit yang indah dan eksotis. Stalaktit adalah batuan kapur yang tumbuh memanjang dari langit-langit goa, sedangkan stalakmit adalah batuan kapur yang tumbuh memanjang dari lantai goa.
ADVERTISEMENT
Bebatuan ini terbentuk dari proses pengendapan air kaya kalsium karbonat selama ribuan tahun lamanya.
Di salah satu sudut goa terdapat lubang seukuran tubuh manusia. Namun hingga saat ini belum diketahui dengan pasti berapa kedalaman Goa Kebon.
Goa Kebon Kulon Progo adalah destinasi wisata yang cocok untuk yang ingin berlibur dengan suasana alam yang menenangkan dan menyejukkan. Goa ini juga menjadi sarana edukasi bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang goa. (ARD)