Puncak Becici, Destinasi Wisata Hutan Pinus yang Cocok untuk Healing

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Puncak Becici, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Yudha Aprilian
zoom-in-whitePerbesar
Puncak Becici, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Yudha Aprilian
ADVERTISEMENT
Yogyakarta memiliki beragam jenis destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah Puncak Becici yang menawarkan pemandangan alam indah di tengah hutan pinus yang asri.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs resmi bantulpedia.bantulkab.go.id, awalnya kawasan Becici merupakan tempat produksi penghasil getah pinus. Namun, karena keindahan panorama alam dari atas bukit, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang memanjakan mata.

Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitas di Puncak Becici

Puncak Becici, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Alessio Roversi
Puncak Becici merupakan destinasi wisata di tengah hutan pinus yang cocok untuk healing. Lokasinya berada di Gunung Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 25 km dengan waktu tempuh mencapai 1 jam perjalanan.
Pemandangan alam yang indah dengan suasana hutan yang sejuk dan asri menjadi daya tarik utama dari tempat wisata satu ini. Tempat ini juga ideal untuk menikmati keindahan pemandangan matahari yang terbenam. Ada area duduk yang cukup luas hingga gazebo untuk santai menikmati pemandangan alam yang ada.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa, tersedia juga area gardu pandang. Di area gardu pandang ini, wisatawan bisa melihat pemandangan dengan panorama yang lebih luas.
Menariknya jika berkunjung ke puncak ini saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat bentang alam Yogyakarta yang luas, serta Candi Prambanan yang tampak seperti bersebelahan dengan Gunung Merapi. Apalagi jika ditambah pemandangan matahari terbenam yang semakin indah.
Tidak hanya sekadar untuk santai menikmati pemandangan alam, tempat wisata ini juga menyediakan area camping dengan sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Untuk bisa camping di sini, wisatawan perlu membayar tiket sebesar Rp15.000 per orang.
Beberapa fasilitas yang tersedia juga menambah kenyamanan para wisatawan, seperti toilet, musala, hingga kafe dengan berbagai sajian kuliner yang menggugah selera. Fasilitas seperti live music juga tersedia sebagai tambahan hiburan yang seru.
ADVERTISEMENT

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Puncak Becici

Puncak Becici, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Handy Wicaksono
Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke tempat wisata ini untuk melepas penat, maka perlu mendaki menuju puncak terlebih dahulu dari area parkir kendaraan yang telah disediakan. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit dengan berjalan kaki.
Wisatawan juga perlu membayar tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Harga tiketnya masih terjangkau, yakni Rp5.000 untuk satu orang.
Setelah membayar tiket masuk, barulah wisatawan bisa dengan puas menikmati berbagai daya tarik dan fasilitas yang tersedia di puncak ini. Apalagi tempat ini buka mulai pukul 07.30 hingga 22.00 WIB, jadi ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan panorama yang ada.
ADVERTISEMENT
Dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan Puncak Becici, tidak heran jika tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi tempatnya sangat cocok untuk santai dan healing di waktu luang. (PRI)