Sejarah Goa Tanding Lengkap dengan Daya Tariknya

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2024 14:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sejarah Goa Tanding. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
zoom-in-whitePerbesar
Sejarah Goa Tanding. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menilik sejarah Goa Tanding yang ada di Jogja merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk berkunjung ke gua ini. Sehingga sebelum berkunjung sudah mengetahui seluk beluk dari gua ini.
ADVERTISEMENT
Goa Tanding sendiri merupakan destinasi wisata di Jogja yang menarik dan bisa memacu adrenalin pengunjung yang datang. Pasalnya, untuk sampai ke gua ini pengunjung harus menaiki perahu terlebih dahulu.

Sejarah Goa Tanding

Sejarah Goa Tanding. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Michael Behrens
Dikutip dari laman Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta https://visitingjogja.jogjaprov.go.id, sejarah Goa Tanding unik karena, berbeda dari gua lainnya, mulut guanya tidak ditemukan saat pertama kali gua ini diketahui keberadaannya.
Goa ini ditemukan secara kebetulan dan merupakan salah satu temuan terbaru. Berbeda dari gua-gua yang umumnya dikenal sejak zaman dahulu, penemuan gua ini terjadi ketika Pak Harto Tanding, seorang warga lokal, berusaha membuat sumur untuk mencari air.
Meskipun penggalian awal tidak berhasil menemukan sumber air, ketika Pak Harto menggunakan linggis untuk menggali lebih dalam, dia menemukan sebuah rongga yang ternyata adalah pintu masuk ke dalam gua. Awalnya, gua hanya bisa diakses melalui sumur yang digali, tetapi sekarang telah ditemukan akses lain untuk memasukinya.
ADVERTISEMENT
Karakteristik dari gua ini mirip dengan Goa Pindul, akan tetapi memiliki luas yang lebih besar. Nama Goa Tanding sendiri diambil dari nama Pak Harto Tanding selaku orang yang pertama kali menemukan gua ini.
Secara administratif gua ini berada di Gelaran 2, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Jika ingin berkunjung, gua ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Daya Tarik Goa Tanding Jogja

Sejarah Goa Tanding. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Bruno van der Kraan
Ada beberapa daya tarik dari gua yang satu ini. Daya tarik tersebut yang menjadikan gua ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jogja.

1. Rafting Seru

Untuk memasuki dan menyusuri goa, pengunjung harus menggunakan perahu atau dikenal dengan istilah rafting. Kegiatan ini tentunya tidak hanya menantang, tetapi juga sangat seru.
ADVERTISEMENT

2. Melihat Stalaktit dan Stalakmit yang Indah

Pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang indah. Batuan-batuan tersebut terbentuk secara alami dan memiliki susunan yang unik. Apalagi terkena percikan air menjadi mengkilap seperti kristal.
Itulah ulasan mengenai sejarah Goa Tanding Jogja, salah satu gua yang ditemukan karena ketidaksengajaan. (ARD)