Senja Terbaik di Jogja Bisa Disaksikan di 5 Tempat Ini

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 13:56 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Senja terbaik di Jogja. Sumber: Pixabay/Pejalan_kurus
zoom-in-whitePerbesar
Senja terbaik di Jogja. Sumber: Pixabay/Pejalan_kurus
ADVERTISEMENT
Senja terbaik di Jogja bisa disaksikan dari berbagai tempat istimewa. Di kota yang sarat dengan budaya dan sejarah ini, momen peralihan dari siang ke malam bukan hanya soal pergantian waktu, melainkan sebuah peristiwa estetis yang mengundang decak kagum.
ADVERTISEMENT
Banyak lokasi menawarkan perspektif yang berbeda, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung. Tinggal pengunjung ingin menikmatinya di mana, dan dengan siapa.

5 Tempat untuk Menikmati Senja Terbaik di Jogja

Senja terbaik di Jogja. Sumber: Unsplash/Ake Widyastomo
Senja terbaik di Jogja memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dengan latar belakang arsitektur dan panorama yang unik. Begitu juga dengan kelima tempat ini.
Dari lereng gunung, bukit, embung, candi, hingga pantai, setiap tempat ini menyajikan suasana senja Jogja yang berbeda.

1. Gardu Pandang Kaliurang

Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, terdapat tiga gardu pandang yang memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan Gunung Merapi dengan jelas dan tanpa halangan. Pengalaman memanjakan mata ini langsung terasa saat memasuki ketiga gardu pandang tersebut, terutama saat sunset.
Lokasinya berada di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Biaya masuk adalah Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.
ADVERTISEMENT

2. Kalibiru

Kunjungan ke Kalibiru memang paling ideal dilakukan saat senja, ketika matahari mulai terasa lebih lembut dan suasana menjadi agak melankolis.
Di lokasi ini terdapat sebuah pohon pinus yang berada di tepi jurang, yang menjadi tempat sempurna untuk menikmati pemandangan luas Pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo tanpa batas.
Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dengan biaya masuk sebesar Rp10.000.

3. Candi Ratu Boko

Kunjungan ke Istana Ratu Boko serasa membawa ke era lampau. Reruntuhan istana yang bersejarah, dibangun pada abad ke-8, menyimpan keindahan sunset terindah di bumi.
Reruntuhannya akan membingkai cahaya matahari senja yang terpantul di bekas pemandian putri-putri kerajaan, membawa nuansa romantis dan misterius. Momen matahari terbenam yang terlihat dari balik gapura menjadi puncak keindahan yang tak terlupakan.
ADVERTISEMENT
Istana ini berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, dengan harga tiket masuk sebesar Rp40.000 per orang.

4. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran yang berada di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran ini dikelilingi oleh bukit-bukit batu dan lembah-lembah hijau. Pemandangan senja yang ditawarkan sangat menakjubkan.
Tempat ini adalah oase di tengah perbukitan karst yang tandus, menawarkan keindahan yang unik. Embung Nglanggeran terletak di Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, dengan biaya masuk sebesar Rp15.000.

5. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terkenal dengan tebing-tebing curamnya. Pantai ini menawarkan pengalaman wisata yang unik, di mana bermain di tepi ombak atau berenang bukanlah pilihan utama. Sebagai gantinya, pantai ini menawarkan kesempatan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, termasuk senja yang hampir sempurna.
ADVERTISEMENT
Pantai ini sering diakui sebagai lokasi terbaik untuk menyaksikan sunset di Gunungkidul. Terletak di Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni sebesar Rp5.000.
Semoga, setiap kunjungan ke tempat-tempat dengan senja terbaik di Jogja ini tidak hanya memberikan kepuasan estetis tetapi juga meninggalkan kenangan akan Yogyakarta. (CR)