Menghijaukan Perkotaan Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan dan Lingkungan

andhika sena aji
saya sebagai mahasiswa di unpam
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 9:43 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari andhika sena aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
gambar by. andhika sena aji
zoom-in-whitePerbesar
gambar by. andhika sena aji
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan dan Lingkungan perkotaan.
Perkotaan adalah tempat tinggal yang paling padat penduduknya di dunia. Namun, perkotaan juga memiliki tantangan tersendiri dalam menjaga kesehatan dan lingkungan. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghijaukan perkotaan. Ruang terbuka hijau (RTH) adalah salah satu contoh yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan. Berdasarkan Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang dijelaskan bahwa ruang terbuka hijau adalah area memanjang / jalur atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP) menyebutkan bahwa 30% wilayah kota harus berupa Ruang terbuka hijau (RTH) yang terdiri dari 20% publik dan 10% privat. Ruang Terbuka Hijau juga menciptakan kualitas visual dari keasrian tumbuhan yang ditanam. Semakin banyak ruang terbuka yang ditanami banyak tanaman maka akan meningkat tingkat visual berupa keindahan tatanan tumbuhan hijau dari vegetasi tersebut. Dengan demikian pohon maupun bunga yang ditanam harus dipilih dan diperhatikan untuk tatanan di perkotaan karena itu mempengaruhi nilai keindahannya.
ADVERTISEMENT
Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kesehatan
Ruang terbuka hijau memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat perkotaan. Manfaat yang bisa di rasakan adalah seperti manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut merupakan contoh dari manfaat ruang terbuka hijau bagi kesehatan:
1. Meningkatkan Kualitas Udara.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menyerap polusi udara dan mengurangi konsentrasi partikular yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit paru-paru dan lain-lain.
2. Meningkatkan Keseimbangan Fisik.
Ruang terbuka hijau (RTH) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga dan meningkatkan keseimbangan fisik. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.
3. Meningkatkan Stres.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menjadi tempat yang tenang dan sejuk, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup.
ADVERTISEMENT
4. Meningkatkan Kualitas Air.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menyerap air hujan dan mengurangi limbah yang masuk ke sungai dan laut, sehingga dapat meningkatkan kualitas air.
Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Lingkungan
Ruang terbuka hijau juga memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan. Manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang adalah pembersih udara yang efektif, pemeliharaan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan dengan isi flora dan fauna yang ada. Berikut beberapa manfaat lainnya dari ruang terbuka hijau bagi lingkungan:
1. Meningkatkan Biodiversitas.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menjadi habitat bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan, sehingga dapat meningkatkan biodiversitas.
2. Meningkatkan Kualitas Tanah.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menyerap air hujan dan mengurangi erosi tanah, sehingga dapat meningkatkan kualitas tanah.
ADVERTISEMENT
3. Meningkatkan Kualitas Air.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menyerap air hujan dan mengurangi limbah yang masuk ke sungai dan laut, sehingga dapat meningkatkan kualitas air.
4. Meningkatkan Kualitas Udara.
Ruang terbuka hijau (RTH) dapat menyerap polusi udara dan mengurangi konsentrasi partikular yang berbahaya bagi lingkungan.
Cara Menghijaukan Perkotaan
Penghijauan perkotaan dapat dilakukan dengan berbagai cara dan strategi, sehingga dari cara dan strategi itulah kita dapat merasakan peningkatan akan kualitas udara yang bersih, mengurangi pencemaran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghijaukan perkotaan:
1. Membangun taman di tengah perkotaan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan;
2. Menghijaukan bangunan dengan cara menanam pohon atau tanaman guna untuk meningkatkan kualitas udara dan lingkungan yang ada di sekitar bangunan;
ADVERTISEMENT
3. Membangun jalan raya hijau dengan cara menanam pohon di tepi jalan agar dapat meningkatkan kualitas udara dan lingkungan serta mengurangi polusi yang ada di jalan; dan
4. Melakukan penghijauan pada area bantaran sungai dengan cara menanam tanaman guna meningkatkan kualitas air dan lingkungan serta juga dapat menahan erosi tanah pada tepi sungai.
Bagaimana cara efektif menghijaukan perkotaan tanpa mengorbankan lahan produktif
Menghijaukan perkotaan tanpa mengorbankan lahan produktif dapat dilakukan dengan beberapa cara efektif berikut:
1. Hidroponik.
Hidroponik adalah metode bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah. Dengan hidroponik, Anda dapat menanam tanaman di atas lahan yang sebelumnya tidak produktif, seperti atap rumah atau dinding. Hidroponik juga dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dan mengurangi penggunaan air dan bahan kimia.
ADVERTISEMENT
2. Vertikultur.
Vertikultur adalah metode bercocok tanam yang dilakukan di atas tanah, seperti di dinding atau atap rumah. Dengan vertikultur, Anda dapat menanam tanaman di lahan yang sebelumnya tidak produktif dan meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.
3. Tanaman Hidup di Lahan Sempit.
Tanaman hidup di lahan sempit dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan lingkungan di sekitar rumah. Tanaman hijau dapat menyerap polusi udara dan mengurangi panas di lingkungan rumah. Selain itu, tanaman hidup di lahan sempit juga dapat meningkatkan kesan sejuk dan segar di lingkungan rumah.
4. Pemanfaatan Lahan Non Produktif.
Pemanfaatan lahan non produktif dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian di perkotaan. Lahan non produktif dapat digunakan untuk menanam tanaman hidroponik, vertikultur, atau lain-lain. Dengan demikian, lahan yang sebelumnya tidak produktif dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan.
ADVERTISEMENT
5. Kebun Urban.
Kebun urban adalah praktik pertanian perkotaan yang dilakukan di lahan yang masih ada di perkotaan. Kebun urban dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga perkotaan dan mengurangi biaya konsumsi rumah tangga terhadap pangan segar. Selain itu, kebun urban juga dapat meningkatkan kesempatan menabung dan menambah penghasilan.
Beberapa cara tersebut merupakan cara yang efektif untuk kita lakukan di dalam melakukan kegiatan penghijauan perkotaan tanpa mengorbankan lahan produktif yang ada.
Dengan demikian, Ruang Terbuka Hijau (RTH) memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan juga lingkungan. Oleh karena itu, melakukan penghijauan pada perkotaan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah perkotaan. Selain itu, dengan melakukan kegiatan ini kita juga dapat meningkatkan kualitas udara, kualitas air dan kualitas lingkungan yang ada di daerah perkotaan. Ayo jaga lingkungan hijau kita untuk generasi penerus bangsa selanjutnya !
ADVERTISEMENT