News
·
11 Agustus 2019 11:18

Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas

Konten ini diproduksi oleh Shady Jasmin
Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas (52304)
Perwakilan dari Prenagen dalam Acara Say Yes to ASI
ASI memiliki sejuta manfaat untuk ibu, anak, dan keluarga. Pentingnya ASI melatarbelakangi adanya Pekan ASI Se-Dunia yang dirayakan setiap tanggal 1-7 Agustus. Pada kesempatan ini, PRENAGEN bersama Kumparan Mom mengadakan acara seru untuk mengedukasi para Moms tentang ASI dan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu, Moms diajak belajar bagaimana merawat payudara dan pijat bayi. Semua yang dipelajari dapat mendukung Moms agar mampu memberikan ASI yang berkualitas bagi anak-anaknya.
ADVERTISEMENT
Apa saja manfaat ASI yang Moms ketahui? Pastinya banyak. Beberapa manfaat ASI untuk bayi yang dipaparkan oleh dr. N. B. Donny A. M., SpOG yaitu memiliki gizi yang sempurna dan sesuai untuk bayi, jarang sekali ASI dapat mencetus alergi pada bayi, ASI dapat melindungi bayi dari bakteri dan penyakit karena mengandung bakteri baik yang mendukung flora normal pencernaan bayi, mengandung immunoglobulin dan laktoferin, mudah pemberiannya, dan tersedia setiap saat. Manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu memberikan rasa nyaman bagi bayi. Ketika bayi bersentuhan dengan ibu, hal tersebut membuat bayi lebih tenang dan tidur lebih pulas.
Sementara, manfaat yang dapat ibu rasakan yaitu rahim lebih cepat kembali keukuran semula, mempercepat masa nifas, mengurangi resiko kanker payudara dan kanker indung telur, serta dapat menjadi kontrasepsi alami selama 6 bulan pertama, dengan syarat, ibu menyusui bayi setiap hari lebih dari 8 kali. Manfaat lain yang dirasakan oleh keluarga yaitu menghemat biaya, mudah pemberiannya, serta dapat mendukung anak tumbuh sehat dan cerdas yang nantinya bisa berguna bagi keluarga dan negara.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui manfaat ASI, pastinya setiap ibu ingin memberikan ASI dalam jumlah yang cukup dan berkualitas untuk anak-anaknya. Apa saja yang dapat Moms lakukan untuk memperbanyak jumlah ASI?
Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas (52305)
dr. N. B. Donny A. M., SpOG sedang Memaparkan Cara Memperbanyak ASI yang dapat Moms Lakukan
Menurut dr. N. B. Donny A., SpOG, Moms harus menjalankan pola makan sehat, bergizi, dan bervariasi. Berikan ASI sesuai keinginan bayi, lakukan skin to skin, hindari penggunaan puting buatan, lakukan perawatan payudara (pijat laktasi dan pijat oksitosin), serta konsumi zat yang dapat meningkatkan ASI dan berkonsultasi dengan konselor laktasi apabila menemukan kesulitan ketika menyusui.
Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas (52306)
Rangkaian Produk PRENAGEN untuk Membantu Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Ibu
Untuk mendukung para ibu, PRENAGEN menyediakan rangkaian produk lengkap untuk ibu hamil dan menyusui, guna mendukung kebutuhan nutrisi Makro (karbohidrat, protein, lemak,) dan nutrisi Mikro (vitamin dan mineral, contohnya zat besi) untuk ibu. Nutrisi makro dan mikro amat penting karena nutrisi makro dapat mendukung kerja nutrisi mikro sehingga keduanya harus cukup sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui. PRENAGEN hadir menemani ibu mulai dari persiapan hamil (PRENAGEN Esensis), awal kehamilan untuk mengurangi mual (PRENAGEN Emesis), masa kehamilan dengan nutrisi lengkap untuk ibu hamil (PRENAGEN Mommy), sampai masa menyusui (PRENAGEN Lactamom). PRENAGEN lengkap mendukung pemenuhan nutrisi ibu dari awal sampai akhir.
ADVERTISEMENT
Selain membahas persiapan nutrisi, fisik, dan mental untuk ibu hami dan menyusui, pada kesempatan kali ini, dibahas juga tentang cara penyimpanan ASI yang baik dan benar yang dipaparkan oleh Bidan Israna Atikah, S. Keb berdasarkan rekomendasi dari IDAI. Sebelum menyimpan ASI perah, pastikan tangan dan wadah yang akan digunakan sudah dalam keadaan bersih, simpan ASI perah sesuai kebutuhan bayi, selalu mencantumkan tanggal, dan simpan ASI perah pada bagian dalam (bukan bagian pintu). Pastikan Moms memperhatikan suhu dan durasi penyimpanan ASI perah seperti di tabel berikut ini:
Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas (52307)
Penyimpanan ASI Perah Rekomendasi IDAI (sumber: idai.or.id)
Persiapan lain yang dapat Moms lakukan yaitu perawatan payudara dengan melakukan kompres air hangat - air dingin secara bergantian. Selanjutnya, Moms bisa melakukan pijat laktasi dan pijat oksitosin untuk melancarkan saluran di payudara sehingga ASI dapat keluar dengan lancar. Persiapan lain yaitu mempelajari teknik pijat bayi. Menurut pemaparan Bidan Israna, pijatan dan sentuhan ibu dapat menstimulasi otak bayi serta dapat mempererat ikatan ibu dan sang bayi.
Persiapan Diri Di Masa Kehamilan & Menyusui Agar ASI Berkualitas (52308)
Bidan Israna Atikah, S. Keb saat Mempraktekan Pijat Laktasi, Pijat Oksitosin, dan Pijat untuk Bayi
Segala persiapan yang ibu lakukan menjelang kehamilan dan menyusui dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mendukung kesiapan mental ibu dalam menghadapi proses melahirkan hingga menyusui. Terimakasih kepada PRENAGEN dan Kumparan Mom, serta KALCare yang sudah memfasilitasi dan mengedukasi para ibu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin di masa kehamilan dan menyusui.
ADVERTISEMENT