Gastrodiplomasi Korea Selatan Dalam Acara Realita 2 Days & 1 Night

Penulis merupakan mahasiswa magister Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada. Ketertarikan penulis meliputi isu-isu kontemporer serta isu perdamaian dan keamanan.
Konten dari Pengguna
2 Juni 2022 16:02
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Sheila Shafira Mahsyar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: 2 Days & 1 Night KBS World TV
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: 2 Days & 1 Night KBS World TV
ADVERTISEMENT
Di masa sekarang ini, diplomasi yang merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu negara guna mencapai suatu kepentingannya tidak lagi dilakukan melalui satu metode saja dengan secara formal melalui forum internasional seperti konferensi tingkat tinggi antar pemimpin negara ataupun di berbagai pertemuan yang bersifat bilateral maupun multilateral.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya perkembangan zaman kemudian mendorong terjadinya inovasi baru dalam melakukan upaya diplomasi dengan memanfaatkan berbagai sektor yang sama sekali tidak terikat pada sektor inti seperti ekonomi dan politik melainkan menggunakan media yang kreatif dengan melalui makanan sebagai sarana penyalur kepentingan. Diplomasi dengan memanfaatkan makanan, yang kemudian disebut gastrodiplomasi berusaha untuk berperan untuk meneruskan kepentingan suatu negara dengan memainkan emosional dari aktor yang dituju meliputi negara lain ataupun penduduk dari negara lain tersebut.
Metode gastrodiplomacy ini kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Korea Selatan sebagai turunan dari diplomasi budaya yang selama ini dicanangkan melalui penyebaran Korean culture yang dilakukan oleh pemerintahannya dengan media K-pop, K-drama, maupun K-Movies. Berbeda dari sebelumnya dimana Korea Selatan selalu memasukkan unsur makanan di dalam drama dan film-film Korea Selatan sehingga mendorong ketertarikan masyarakat negara lain untuk mencoba Kimchi dan Ramen sehingga kedua makanan tersebut identik dengan Korea Selatan, dalam variety show 2 Days & 1 Night kemudian Korea Selatan berusaha untuk mengeksplorasi serta memperkenalkan makanan khas dari berbagai distrik atau provinsi di Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
2 Days & 1 Night merupakan program reality show Korea Selatan yang memiliki konsep untuk berjalan keliling Korea Selatan dengan mengeksplorasi kekayaan alam Korea Selatan meliputi gunung, pertanian, pulau, dan laut oleh para publik figure yang terdiri dari 6 orang (KBS World, 2021). Reality show yang telah dimulai sejak tahun 2008 dan berjalan selama 4 season ini berusaha untuk memperlihatkan image Korea Selatan secara terperinci dimulai dari interaksi yang dibangun antar anggota reality show, antar penduduk suatu wilayah yang sedang dieksplorasi, serta keindahan alam yang memanjakan mata penontonnya.
Konsep yang kemudian dibangun pada program ini meliputi permainan makan siang dan makan malam dimana para pemain dituntut untuk menyelesaikan sebuah permainan dan apabila berhasil maka akan mendapatkan makanan khas dari daerah tersebut.Dengan mendapatkan jadwal penayangan prime time kemudian menguntungkan 2 Days & 1 Night dalam peningkatan rating. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada seberapa banyak orang menonton acara tersebut melihat bahwa penayangan program ini tidak hanya di wilayah Korea Selatan saja akan tetapi telah memiliki hak siar di 114 negara di seluruh dunia (KBS World, 2021).
ADVERTISEMENT
Selama berjalannya tayangan reality show tersebut, 2 Days & 1 Night berhasil untuk memperkenalkan makanan khas yang berada di Korea Selatan sehingga mendorong aktor lain dalam hal ini wisatawan di luar dari Korea Selatan untuk mengeksplorasi makanan khas lain dari Korea Selatan selain kimchi.
Selama berlangsungnya program acara realita ini, gastrodiplomacy yang dilakukan oleh Korea Selatan terlihat melalui penampilan makanannya secara visual yang didukung oleh teknik pengambilan gambar yang baik. Setelah itu, adanya food tasting yang dilakukan oleh para cast yang merupakan publik figure dari Korea Selatan menjadi nilai tambah dalam memancing rasa penasaran para wisatawan yang berada di luar Korea Selatan untuk mencicipi makanan tersebut didukung oleh testimoni rasa yang disampaikan serta menggambarkan kenikmatan makanan tersebut yang terlihat dari ekspresi wajah para cast.
ADVERTISEMENT
Contoh makanan yang kemudian dapat tergambarkan dengan baik melalui program ini seperti hidangan laut dari Kota Pohang, Food Truck yang terdiri dari camilan yang exist di Korea Selatan seperti odeng dan teobbokki, Jeon atau gorengan khas Korea Selatan, dan Ssam (seluruh lauk dimasukkan di dalam daun selada lalu dimakan secara bersamaan). Dengan melakukan gastrodiplomacy melalui reality show 2 days & 1 night, Korea Selatan melihat para penonton tersebut merupakan calon wisatawan Korea Selatan sehingga Korea Selatan melalui gastrodiplomacy berusaha untuk mengajak mereka untuk berkunjung ke Korea Selatan dan mengeksplorasi wilayah-wilayah lain di Korea Selatan selain Seoul.
Referensi
KBS World. (2021). KBS World TV:Always Yours. Diakses dari KBS World: https://kbsworld.kbs.co.kr/about/channel_profile.php
KBS World. (2021). Program Info: 2 Days 1 Night. Diakses dari KBS World: https://kbsworld.kbs.co.kr/program/view.php?pg_seq=110
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020