kumparan
KONTEN PENGGUNA
30 Mei 2019 17:28

PRENAGEN, Nutrisi Lengkap untuk Persiapan Kehamilan hingga InvestASI

Menjadi seorang perempuan bagiku adalah sebuah keistimewaan. Terlebih saat proses kehamilan, dimana dalam satu tubuh ada dua jantung yang berdenyut, aku serasa menjadi perempuan seutuhnya, lengkap dengan segala keistimewaannya.
ADVERTISEMENT
Shinta Juliana (25th)
_______
Ini kehamilan pertamaku. Alhamdulillah sekarang sudah menginjak usia 23W. Kehamilan pertama tentu menjadi hadiah yang amat sangat dinantikan bagi setiap pasangan, begitupun bagiku dan suami. Banyak hal yang dipersiapkan di awal kehamilan. Dari segi nutrisi, mengubah pola makan, pola tidur, pola bekerja, dan mulai meninggalkan hal-hal yang dikhawatirkan bisa memberikan efek buruk bagi janin. Semua dilakukan demi kebaikan janin. Termasuk aku mulai banyak membaca tentang informasi kehamilan, banyak berdiskusi dengan teman, sampai mengikuti seminar atau event tentang kehamilan. Semua aku lakukan demi mendapat sebanyak-banyak informasi untuk bekal kehamilan, melahirkan, sampai menyusui nanti.
Smart Sharing Prenagen.jpeg
#SmartSharingPRENAGEN bersama KumparanMom
Qodarullah, pada tanggal 24 Mei 2019 kemarin, aku mendapat kesempatan untuk menambah informasi lagi seputar Nutrisi Untuk InvestASI langsung dari pakarnya yaitu dr N.B. Donny A.M.,SpOG dalam rangka #SmartSharingPRENAGEN bersama #PRENAGENXKumparanMom. Bonusnya lagi, dalam acara tersebut juga aku dan Kumparan mom bisa belajar cara pengambilan napas ketika persalinan dari Bidan Lisma Meliana Silitonga, AmKeb.
ADVERTISEMENT

Apa sih yang perlu dipersiapkan menyambut kelahiran anak pertama?

Jika bertanya apa sih yang harus dipersiapkan menyambut kelahiran anak pertama, tentu lingkaran percakapan ini tak bisa hanya seputar menjelang kelahiran. Karena bagiku, penyambutan itu harus dimulai dari sebelum kehamilan, saat kehamilan, menjelang melahirkan, sampai setelah melahirkan. Kenapa? Karena gizi atau nutrisi ibu yang dipersiapkan dengan baik sebelum kehamilan pun bagiku adalah wujud penyambutan anak pertama.
Asam folat, asupan paling penting bagi ibu hamil yang harus dipersiapkan sejak dini. Yap, sebulan setelah menikah dan memutuskan tidak akan menunda kehamilan, aku mulai mempersiapkan diri menyambut anak pertama dengan memenuhi kebutuhan asam folat sejak dini. Mulai dari mengonsumi makanan tinggi asam folat seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan sampai rutin mengonsumsi PRENAGEN Esensis. Nah, setelah masa kehamilan, aku mulai mengganti PRENAGEN Esensis ke PRENAGEN EMESIS, terutama di trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Trimester pertama bagiku adalah fase kehamilan yang luar biasa. Selain gangguan morning sickness, badan juga terasa sangat ringkih, gampang letih, dan mood juga gampang banget berantakan. Mungkin ini ada hubungannya dengan morning sickness. Tapi, walaupun gejala morning sickness membuatku sulit mengonsumsi makanan, aku tetap berkewajiban memberikan nutrisi buat janin. Nah, alternatifnya aku mengandalkan PRENAGEN EMESIS, rangkaian produk PRENAGEN yang memang diistimewakan untuk mengurangi rasa mual dan muntah.
Setelah melewati trimester 1, morning sickness sudah berkurang dan aku berpindah ke rangkaian PRENAGEN MOMMY, rangkaian produk PRENAGEN yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil.

Emang apa sih keistimewaan PRENAGEN?

Pada acara #SmartSharingPRENAGEN yang diselenggarakan di KalCare, Lotte Avenue jumat kemarin, turut hadir pula Ibu Ilona Soeyanto selaku perwakilan dari PRENAGEN. Jadi, aku bisa nyimak lebih lengkap kenapa sih harus PRENAGEN? Apa sih keistimewaannya?
PRENAGEN, Nutrisi Lengkap untuk Persiapan Kehamilan hingga InvestASI.jpeg
PRENAGEN, Nutrisi Lengkap untuk Persiapan Kehamilan hingga InvestASI.jpeg
Dalam acara #SmartSharingPRENAGEN kemarin, Ibu Ilona Soeyanto menjelaskan bahwa, ibu hamil penting memenuhi kebutuhan nutrisi, baik makro dan mikro karena saat kehamilan kita akan mengalami perubahan hormonal dan juga fisik. Apa sih nutrisi makro? Apa sih nutrisi Mikro? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT
  • Nutrisi Makro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein dan lemak. Zat ini berfungsi untuk menyumbang kalori yang akan dipakai untuk sumber energi selama beraktivitas dan juga untuk menunjang pertumbuhan janin.
  • Nutrisi Mikro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil, seperti zat besi, kalsium, asam folat. Walaupun hanya diperlukan dalam jumlah kecil, namun nurisi mikro memiliki peran yang amat penting seperti untuk metabolisme tubuh, kerja enzim, dan membentuk sel janin dan organ pada bayi.
Jika kekurangan nutrisi makro dan mikro saat hamil bisa menyebabkan masalah serius saat kehamilan, melahirkan dan masalah pada janin atau bayi setelah lahir nanti. Makanya penting banget bagi kita untuk memaksimalkan pemenuhan nutrisi mikro dan makro agar bayi atau janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan tentunya persalinan dan kehamilan kita pun lancar tanpa hambatan.
Ibu Ilona Soeyanto selaku perwakilan dari prenagen..jpeg
Ibu Ilona Soeyanto selaku perwakilan dari PRENAGEN
Jika kamu bingung untuk pemenuhan nutrisi makro dan mikro, kamu bisa memulainya dengan rutin mengonsumsi PRENAGEN sesuai dengan fase kehamilanmu. Terdiri dari PRENAGEN Esensis, Emesis, Mommy dan Lactomom, PRENAGEN hadir memberikan nutrisi lengkap untuk mempersiapkan kehamilan, ibu hamil, hingga menyusui dengan kandungan zat besi yang telah melalui proses mikroenkapsulasi sehingga 3.5 kali lipat lebih banyak diserap tubuh.
ADVERTISEMENT
  1. PRENAGEN Esensis: Susu dengan kandungan rendah lemak yang mengandung Zinc untuk menjaga sistemn reproduksi dengan baik. Selain itu, kandungan asam folatnya bisa mencegah tabung syaraf otak. Kandungan kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin D nya berfungsi untuk kepadatan tulang.
  2. PRENAGEN Emesis: Satu-satunya susu dengan kandungan nutrisi protein dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengurangi rasa mual di trimester pertama.
  3. PRENAGEN Mommy: Susu dengan kandungan nutrisi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat masa kehamilan dan untuk perkembangan janin. Istmewanya dari PRENAGEN Mommy, untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi, kini PRENAGEN Mommy juga tersedia dalam kemasan praktis siap minum (UHT) yang bisa dikonsumsi di mana saja dan kapan saja.
  4. PRENAGEN Lactomom: Susu dengan kandungan vitamin B2 dan B12 untuk membantu produksi ASI. Selain itu, kandungan Omega 3 dan DHA pada PRENAGEN lactomom juga bermanfaat untuk kecerdasan otak anak.
ADVERTISEMENT
Keistimewaan lain dari PRENAGEN, ternyata PRENAGEN juga ada seri jusnya lho. Kemarin pas aku coba, meskipun teksturnya hijau pekat dan sangat kental, rasanya seger dan enak banget. Ada sensasi asam-asam seperti rasa kiwinya juga.

Selain nutrisi apa lagi sih yang perlu dipersiapkan?

Selain nutrisi, memasuki trimester kedua aku mulai mempersiapkan kebutuhan sandang buat si bayi. Mulai dari baju, mainan, dan hal-hal lainnya. Awalnya aku pikir, itu sudah cukup. Eh ternyata, saat di acara #SmartSharingPRENAGEN, aku juga diingatkan tentang beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengASIhi. Seperti breast pump, breast shell, tas ASI (Cooler Bag), Sterilizer, aprol, dan lain-lain. Duh, makin banyak deh wishlist yang harus dibeli untuk alat tempur mengASIhi.
Memperkenalkan GabaG, Cooler Bag untuk ASI berkualitas.jpeg
Memperkenalkan GabaG, Cooler Bag untuk ASI berkualitas.jpeg
Awalnya aku pikir, tas ASI itu gak ada bedanya dengan tas-tas biasa. Eh ternyata, untuk menjamin produk ASI kita tetap berkualitas, aku memerlukan Cooler Bag yang berkualitas juga. Seperti produk dari GabaG. Keistimewaan dari GabaG sendiri, GabaG memiliki beberapa product menyesuaikan kebutuhan kita, dari mulai picnic, sling, backpack, single cooler bag, dan gabag kids. Untuk motifnya juga lucu-lucu banget, bikin mupeng banget.
ADVERTISEMENT

Latihan Sesi Pernapasan Agar Lancar Persalinan

Karena ini kehamilan pertama, tentunya aku gak punya pengalaman sama sekali. Cuma berbekal lillahita’ala dan sesekali melihat proses persalinan dari youtube, kok ya agak takut juga ehehe. Nah, di event #SmartSharingPRENAGEN jumat lalu juga aku dan Kumparan mom dibekali pengetahuan tentang cara pengambilan napas agar lancar persalinan. Sesi ini dipimpin langsung oleh Bidan Lisma Meliana Silitonga, AmKeb.
Bidan Lisma Meliana Silitonga, AmKeb.jpeg
Latihan Sesi Pernapasan Agar Lancar Persalinan Bersama Bidan Lisma Meliana Silitonga, AmKeb
Pesan yang sangat aku ingat di sesi ini adalah rileks dan kendalikan diri, jangan mengejan sebelum pembukaan penuh. Meskipun rasanya si bayi udah ngedorong, tapi tetap jangan mengejan sebelum bidan atau dokter menyuruh mengejan, dan biasanya dokter atau bidan akan mengintruksikan untuk mengejan setelah pembukaan penuh. Mengejan sebelum pembukaan penuh dikhawatirkan kamu akan kelelahan dan kehabisan tenaga sehingga nantinya pas emang waktunya mengejan, kamu sudah kehabisan tenaga. Selain itu, mengejan sebelum waktunya bisa menyebabkan pembengkakan sampai kerusakan pada jalan lahir.
Latihan Sesi Pernapasan Agar Lancar Persalinan.jpeg
Bidan Lisma Meliana Silitonga, AmKeb mempraktikan cara pengambilan napas saat proses persalinan
ADVERTISEMENT
Nah, selain larangan mengejan sebelum waktunya, Bidan Lisma juga memperingatkan untuk tetap tenang, dan tidak berteriak atau membuat kegaduhan saat menjelang persalinan. Simpan tenaga baik-baik untuk mendorong bayi keluar saat pembukaan lengkap. Untuk pengambilan napasnya sendiri, ada tekniknya lho. Gak bisa asal inhale exhale. Semua ada perhitungannya. Seperti saat mengeluarkan napas, usahakan tenaga terkumpul di perut agar dapa mendorong kepala bayi. Wah, berlatihnya saja membuatku ngos-ngosan apalagi nanti saat persalinan. Bismillah.. tapi tetap harus semangat melakukan persalinan normal.

InvestASI bersama dr N.B. Donny A.M.,SpOG

Ada pengetahuan tambahan di sesi InvestASI bersama dr N.B. Donny A.M.,SpOG kemarin. Ternyata merupakan suatu hal wajar lho jika 1-3 hari setelah persalinan, ASI kita belum keluar. Jangan panik, jangan mudah terprovokasi untuk langsung memberikan susu formula. Seperti yang diungkapkan dr N.B. Donny A.M.,SpOG, bayi yang baru lahir masih memiliki cadangan nutrisi untuk 1-3 hari setelah persalinan. Jadi jangan khawatir bayi kekurangan gizi karena ASI tidak keluar setelah persalinan.
InvestASI bersama dr N.B. Donny A.M.,SpOG.jpeg
Pentingnya InvestASI bersama dr N.B. Donny A.M.,SpOG
Nah, itulah informasi yang aku dapat dari acara #SMARTSHARINGPRENAGEN bersama #PRENAGENXKumparanMOM. Banyak banget kan? Banyaknya informasi yang aku dapet setiap kali mengikuti seminar atau event baik tentang persiapan kehamilan, melahirkan, atau mengASIhi lah yang membuatku tak pernah jera hadir. Banyak banget pengalamannya. So, next.. jika aku dapat kesempatan lagi, insyaAllah aku share lagi ya informasi yang aku dapat. Semoga bermanfaat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan