Pencarian populer
USER STORY
31 Oktober 2017 9:33 WIB
2
0

Menyaksikan Musik dan Tarian Tradisional Cupak Gerantang di Sembalun

Grup Jati Suara Rinjani (Foto : Mery)

Kumparan.com mengajak kami para peserta Kumparan Getaway menyaksikan pertunjukan seni pertunjukan di sebuah desa di Sembalun. Disana ditampilkan nukilan atau penggalan cerita dari keseluruhan cerita yang berjudul Cupak Gerantang yang dibawakan apik oleh grup yang mempertahankan budaya lokal dengan nama besar “Jati Suara Rinjani”. Dalam musik dengan suara Gamelan, Gendang, Gong, Kenong, hingga Kecrekan yang bersautan, Cupak Grantang sukses dibawakan.

Cupak dan Gerantang (Foto : Mery )

Cupak Gerantang bukanlah satu nama yang sama, melainkan dua orang pendekar dengan watak yang berbeda. Cupak dengan seluruh sifat buruk, kemudian Gerantang dengan seluruh sifat baik. Hal ini pula yang menggambarkan sifat manusia di muka bumi ini. Dalam rangkaian tarian yang aslinya mencapai durasi lebih dari 2 jam ini hanya dua nukilan atau penggalan cerita yang ditampilkan. Adegan pertemuan Cupak dan Gerantang lalu kisah Inaq Bangkol dengan Amaq Bangkol, masih ada kisah raksasa dan seorang Putri.

Cerita singkat Cupak Gerantang

Inaq dan Amaq Bangkol (Foto : Mery)

Cupak dan Gerantang adalah pendekar, mereka bertemu secara tidak sengaja di tengah hutan, setelah berdiskusi panjang akhirnya menemui titik temu tujuan mereka sama yaitu ingin menyelamatkan seorang Putri kerajaan yang dicuri oleh Raksasa Jahat, lalu Cupak dan Gerantang tersesat hingga menemukan pondok kecil yang dihuni oleh sepasang suami istri yaitu Inaq dan Amaq Bangqol.

Setelah sekian lama tinggal bersama hingga hubungan mereka sangat dekat, Cupak dan Gerantang diangkat menjadi anak oleh Amaq dan Inaq. Walaupun hanya anak angkat, hal ini membuat Amaq dan Inak senang sebab akhirnya mereka bisa merasakan juga memiliki ajak. Cupak dan Gerantang akhirnya menjadi saudara. Belum sampai disitu, petualangan Cupak Gerantang nantinya akan melawan raksasa yang jahat. Dan berhasil menyelamatkan Putri dengan aksi yang sangat spektakuler.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23