Pencarian populer
USER STORY
26 Oktober 2017 13:52 WIB
..
..

Wisata Edukasi ke Pabrik AQUA bersama kumparan Factory Visit

Siapa yang tidak mengenal pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) AQUA. Pada Selasa, 17 Oktober 2017 lalu saya berkesempatan ikut dalam Agenda Kumparan Factory Visit mengunjungi pabrik AQUA yang berada di Cianjur, Jawa Barat. Dari markas Kumparan di Pasar Minggu kami melaju melewati Puncak Bogor, Cipanas dan sampailah kami di Cianjur, tempat dimana pabrik AQUA berada.

Di kaki gunung Gede Pangrango yang gagah, di sela aktivitas produktifitas Pabrik AQUA, kami disambut hangat oleh petinggi dan beberapa karyawan pabrik. Atas arahan kepala pabrik kami menuju ruang rapat di lantai dua. Dari kaca bening ruang rapat kita bisa melihat aktivitas pabrik dimana terlihat tumpukan kardus AQUA yang rapih tersusun dan siap kirim.

Sebelum melakukan kegiatan kunjungan kedalam area pabrik, kami diberikan kertas untuk menginformasikan informasi tentang kesehatan. “Ini sudah menjadi standar perusahaan kami untuk para pengunjung guna menjaga pabrik yang higienis” ujar pak Jarot dari Tim CSR AQUA. Kami juga harus mengenakan masker, sepatu pabrik dan rompi berlogo AQUA serta bertuliskan Visitor.

TAMAN KEHATI

12,5 Hektar adalah luas seluruh pabrik, dan hanya 4 hektar saja bangunan pabrik berdiri. sisanya? Ya! Menjadi taman. Di pabrik AQUA Cianjur ini terdapat taman yang indah nan luas, disana kita dimanjakan panorama gunung Gede Pangrango yang memukau. Taman ini berada di belakang pabrik, yang menjadi sarana AQUA untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang mereka sebut dalam program KEHATI. Nantinya taman ini akan dibuka untuk publik sebagai wisata edukasi. Taman yang masih dalam tahap pembangunan untuk pedestriannya, ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab AQUA dalam menjaga keberlangsungan ekosistem.

Di antara taman, terdapat tiga buah sumur yang dibalut dengan bangunan rumah kecil. Sumur-sumur ini dijaga ketat dengan teknologi yang mutakhir canggihnya. Terdapat CCTV di luar maupun di dalam.Tidak sembarang orang yang memiliki akses kedalam rumah sumur ini, semuanya harus melewati tahap finger scanning. Kepala Pabrik AQUA Cianjur, Novan Yulianto menjelaskan ada dua jenis air yaitu air permukaandan air tanah dalam. AQUA hanya mengambil sumber di tanah dalam.

AIR AQUA

Air AQUA memiliki sumber pilihan yang mengandung mineral, yang sudah ditetapkan sesuai standar Danone. Air di dalam kemasan AQUA telah menempuh jalur yang panjang.

Foto : Dari kiri ke kanan ( penyaring, penyaring, uv, ozonitasi)

“Tahap pertama Water treatment adalah Filtrisasi atau penyaringan. Dari sumber, air mengalir menuju proses penyaringan, kemudian melaui proses untuk menghilangkan cemaran mikro bapatogen melalui sinar UV,dan Ozonitasi, “papar pak Novan. Setelah tahap ini menuju, proses filling yaitu pengisian air. Botol yang telah di blow pada proses pembuatan botol langsung menuju proses filling yang dilanjutkanke proses capping, yaitu pemasangan tutup botol, sampai dengan proses labeling, “Semua dilakukan oleh mesin” paparnya kembali. Dan terakhir adalah proses coding dan packing jadilah produk AQUA.

KONSERVASI DAN WASH

Disela obrolan panjang mengenai tahap tahap air AQUA, saya tiba-tiba penasaran dan mengajukan satu pertanyaan yang agak sensitif, “jika air terus keluar, apakah tidak menimbulkan kekeringan di sekitar area pabrikpak?” tanya saya. Salah satu staff AQUA dengan percaya diri menerangkan “AQUA mengembangkan program sumber daya air yang terintegrasi dari hulu sampai hilir untuk memastikan kualitas dan kuantitas air. Salah satu programnya adalah konservasi dengan melakukan penanaman pohon dan pembuatan biopori. Untuk menjaga kualitas air dari praktik pertanian yang tidak ramah lingkungan, kami mengembangkan program pertanian terpadu dengan tehnik System Rice Intensification. Selain menggunakan air yang lebih sedikit, juga lebih hemat bibit dan ramah lingkungan karena menggunakan pupuk dan pestisi daorganik. Selain itu untuk memastikan warga mendapatkan akses air bersih, kami mengembangkan program WASH/Water Access Sanitation Hygiene yaitu suatu bentuk tanggung jawab dalam menjaga air bersih tetap tersedia, prioritas kami kepada daerah yang aksesnya terhadap air bersih terbatas,” paparnya.

Kemudian saya bertanya kembali mengenai daerah mana saja yang sudah merasakan program WASH ini, “sekitar 3 sampai 4 desa, salah satunya desa yang berdempetan dengan pabrik yaitu Desa Gekbrong, adalagi Desa Kebon Peuteuy, Desa Cikahuripan dan lain lagi”

AKHIR KATA

Sebuah kesempatan yang berharga saya dapatkan kali ini, dalam Program Kumparan Factory Visit saya belajar sekaligus berwisata, dan saya tahu sekarang AQUA adalah sebuah produk yang tidak hanya sekedar menjual air minum, tetapi AQUA menawarkan air minum berkualitas dan memperhatikan detil mulai dari cemaran hingga kandungan positif di dalamnya.Segala proses telah saya lihat dengan mata kepala sendiri. Dan saya sangat sangat tidak ragu lagi memilih AQUA untuk air minum.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: