kumparan
19 Maret 2018 22:31

Cara Jadi Ahli SEO dan Pakar Optimasi Website Indonesia

Halo sobat web blog bisnis, perkenalkan kami adalah Silaen SEO, bisa dibilang kami adalah pegiat bisnis online dan juga pemerhati internet marketing. Tapi kami belum jadi pakar internet marketing ya, namun untuk mengimbangi kinerja sebagai pakar SEO Indonesia sepertinya bisalah dengan jarak sekian centimeter. Ya, meskipun begitu, kami sangat optimis dikemudian hari gelar pakar SEO yang asli itu bisa kami raih.
ADVERTISEMENT
Bila bicara tentang pakar SEO Indonesia, tentu tidak ada ujung pangkalnya, disebabkan hampir semua yang merasa pintar SEO mengatakan bahwa dirinya adalah sebagai pakar SEO, dan itu adalah hal yang wajar, walaupun secara nyata hanya orang lain lah yang seharusnya memberikan gelar tersebut, bukan ngaku-ngaku sendiri.
Pakar SEO atau yang lazim dan populer disebut dengan Ahli SEO, secara umum mengandung arti bahwa orang tersebut sangat sakti mantraguna dalam hal SEO (Search Engine Optimization). Khususnya, dalam hal merangkai target kata kunci bergengsi, kemudian ia juga secara real menguasai teknik SEO terbaru dengan baik.
Sebagaimana diketahui bersama, bahwasanya ilmu SEO itu begitu luas dan kompleks, namun teknik SEO yang terbaiklah yang tetap menjadi acuan no 1 yang diincar siapa saja hingga saat ini. Bagi kami, teknik SEO yang terbaik adalah yang benar-benar terbukti keberhasilannya di google bukan sekedar ilmu teori semata. Ya, pada intinya teknik yang digunakan tersebut sudah teruji dan terbukti nomer 1 di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Teknik SEO yang dikenal dengan teknik optimasi SEO, tentu hasil yang dicapai juga akan berbeda beda, ada yang cepat, ada yang lambat pergerakan dalam mendatangkan pengunjung. Tapi, kita tidak perlu kuatir dan was was, karena yang teknik yang mengkedepankan “long tail keyword” biasanya akan lebih gampang untuk nangkring di halaman 1 google. Sementara, yang “short tail keyword”, tentu saja harus mengeluarkan seluruh jurus sakti SEO yang dimilikinya baru bisa masuk ke posisi halaman pertama google.
Mengapa Halaman Pertama ?
Pertanyaan yang sering muncul, mengapa kita harus mengincar halaman pertama ? Ada apa sih di halaman pertama google ? Hal ini disebabkan bila website kita berada di hal 1 maka akan lebih mudah di temukan oleh siapa saja. Ya, meskipun halaman pertama itu sendiri ada grade-nya tersendiri, misal posisi teratas tentu akan lebih disukai daripada yang berada di posisi kedua dan seterusnya. Namun minimal posisi 5 besar yang kalau di lihat dengan menggunakan handphone maka akan terpampang sangat jelas.
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana kalau website atau blog kita berada di halaman kedua (hal 2), tentu para pengunjung google pasti akan mengeluarkan tenaga lebih ektra lagi untuk mencari informasi dengan mengklik halaman kedua, dan itu bisa saja akan menyebabkan timbulnya rasa malas dari orang-orang yang mencari informasi terkini di google, belum lagi masalah sinyal, memakan kuota internet, dan lain sebagainya.
Siapa Saja Pakar SEO atau Ahli SEO Indonesia ?
Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa mengenai siapa yang terbaik bidang SEO tidak akan ada habisnya. Jadi, tidak perlu kita pusing-pusing memikirkan siapa-siapa orang yang mengaku-ngaku sebagai pakar SEO Indonesia, biarkanlan masyarakat online yang menilai.
Tapi, kalau kami di tanya siapa pakar SEO atau ahli SEO yang menjadi favorit kami, jujur saja bahwa kami sendiripun bingung untuk menentukannya. Mengapa? Hal ini disebabkan, sangat banyak kriteria penilaian yang harus di nilai, bukan sekedar hanya nangkring di halaman 1 google dengan kata kunci bergengsi tersebut, akan tetapi lebih dari itu.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan pemilik blog ini? Hahaha...., kami sendiri hanyalah seorang praktisi SEO yang kebetulan senang mengutak-atik dan bermain dengan zona search engine dan berbagai berbagai informasi tentang bisnis online. Tapi, bila anda memaksa juga, maka dengan berat hati kami mengatakan bahwa kamilah pakar SEO dalam artikel ini, hehehehe. Canda kok, sebab kami masih jauh rasanya dari hal tersebut karena harus belajar lebih banyak lagi dengan para suhu dan grand master yang ada di search engine.
Tapi jujur kami akui, bahwa bermain di zona search engine banyak enaknya dan banyak juga tidak enaknya. Enaknya adalah ketika web kita benar-benar elegant dan mulus naik tahap demi tahap dan akhirnya bisa berada di top one pencarian google. Tentu rasanya sangat senang sekali, tapi disisi lain ada juga tidak enaknya dimana website kita bisa saja menghilang tiba tiba di search engine atau website tidak juga naik di posisi halaman pertama, rasanya sangat jengkel bukan, hehehehe. Tapi, ambil sisi baiknya saja dimana dengan begitu justru jadi bertambah ilmu SEO untuk kedepannya.
ADVERTISEMENT
Teknik Pakar SEO Mengoptimasi Website
Secara umum dan gamblang dilakukan oleh para praktisi SEO, bahwa perihal mengoptimasi SEO haruslah melakukan riset, onpage SEO, link building berkualitas dan terakhir adalah mengevaluasi perkembangan website.
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengoptimasi website adalah dengan meriset produk targetan kita sebelum bertembur di ke medan perang di search engine. Mengapa? Tujuannya adalah jangan sampai kita menghabiskan waktu yang panjang dengan cuma-cuma, eh ternyata kita tidak mengetahui target kita siapa, kata kunci target sebenarnya apa, dan tujuan negara yang hendak disasar, serta masih banyak lainnya. Nah dengan meriset produk, justru kita akan menghemat waktu, tenaga dan uang, karena kita membidik dengan baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Kemudian yang kedua adalah optimasi onpage, dimana hal yang sangat perlu untuk diperhatikan dan dipertimbangkan dalam dalam mengoptimasi onpage ini adalah: 1) Title; 2) Deskripsi; 3) Tagline; 4) URL; 5) Gambar; 6) Artikel yang disukai google; 7) dan lain sebagainya.
Selanjutnya adalah mengenai membangun link building yang berkualitas dan kokoh. Lalu, bagaimana cara kita membangun link yang baik dan benar serta yang diakui otoritasnya oleh google ? Ya, tentu hal ini disebabkan banyaknya backlink yang tidak diakui google. Perihal link building ini juga, anda jangan sampai salah untuk merumuskannya maupun salah menggunakannya, sebab bila hal ini tetap dilakukan akan menguras tenaga nantinya.
Bagian yang terakhir dalam hal mengoptimasi website adalah tetap melakukan evaluasi. Nah, evaluasi ini dapat dilakukan dari google webmaster tools, google analitic dan lain sebagainya. Pada bahagian ini, anda bisa melihat kinerja SEO anda selama sebulan didalam google webmaster tools, apakah link anda tertanam dengan baik, atau tidak, semua tertera disana.
ADVERTISEMENT
Gimana sobat blogger, apakah penjelasan diatas sangat susah untuk anda lakukan ? Tapi kami yakin bagi anda yang sudah menjadi pakar SEO Indonesia atau ahli SEO website, maka hal demikian adalah menu sehari hari. Ya, meskipun pada bagian lain sangat banyak yang tidak paham tentang teknik SEO.
Bila masih tetap kewalahan menyakapi penjelasan kami diatas, maka mau tidak mau anda harus ikutan dalam program kursus SEO ataupun pelatihan SEO website. Nah, kursus SEO ini telah banyak dibuka diberbagai wilayah Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Jogja, Makassar, Bali, Batam, Pekan Baru, Aceh, Palembang, dan daerah-daerah lainnya.
Tentu saja kursus atau pelatihan SEO diatas adalah berbayar. Tapi, bila dibandingkan dengan manfaat yang akan anda dapatkan, maka uang yang anda keluarkan adalah sangat bermanfaat untuk kemajuan website/blog anda kedepannya dalam hal mendapatkan pengunjung. Dan bila pengunjung website anda telah ramai, maka peluang untuk menghasilkan uang dengan cara monetasi web/blog akan sangat terbuka lebar.
ADVERTISEMENT
Biasanya berbagai materi yang ditawarkan dan diajarkan oleh para ahli SEO dan pakar optimasi website dalam kelas kursus SEO nya adalah sebagai berikut: 1) Materi Riset Online, yang berisikan metode tentang Pemetaan Internet Marketing dan bagaimana langkah awal belajar internet marketing; kemudian materi yang berisi tentang cara meriset kata kunci yang sesuai dengan produk masing-masing, sehingga nantinya akan sangat mudah untuk menembus halaman 1 google; materi yang berisi tentang cara mencari kota target dan peluang kata kunci yang minim kompetitor namun pangasa pasar sangat terbuka lebar; materi berisi tentang cara menentukan ribuan kata kunci target sesuai dengan produk masing-masing. 2) Materi Facebook Marketing yang berisi tentang bagaimana membuat akun profil facebook dengan metode yang sederhana namun berdaya guna; materi yang berisi tentang bagaimana cara mendapatkan teman tertarget sebanyak 5000 pertemanan; kemudian materi yang berisi bagaimana cara membuat fanpage yang bisa langsung menembus halaman 1 google; dan bagaimana fanpage bisa mendominasi facebook dan google. 3) Materi Fb Ads untuk pemula yang berisi materi tentang: a) Mindset iklan di FB ADS; b) Teknik penggunaan copywriting dalam fb ads untuk konten viral; c) Praktek membuat akun iklan fb ads yang aman; d) membuat fanpage untuk fb ads; e) teknik maupun teknis Riset Audiense untuk FB ADS; f) cara memahami Struktur FB Ads; g) Praktek iklan engagement; h) praktek iklan traffic click to website; i) praktek iklan Traffic click to wa; j) praktek iklan Traffic Canvas click to wa; k) praktek iklan lead generation; l) praktek Retargeting seperti mempelajari costume audiense, looklike audiense, pixel audience. 4) Materi Youtube Marketing yang terdiri dari : a) trik untuk menguasai seluruh halaman youtube; b) duplikasi ribuan video hanya hitungan per menit; c) cara upload otomatis video youtube, bisa sambil ditinggal bekerja ataupun tidur; d) teknik mempelajari isi judul, deskripsi dan tag hanya sekali klik. 5) Materi Instagram Marketing yang terdiri dari: a) trik membidik dan menguasai pencarian instagram; b) mencari followers tertarget sebanyak mungkin; c) menguasai ke-9 top post; d) trik mendapatkan like hingga ribuan. 6) Materi Google Dominasi yang terdiri dari: a) trik untuk memanfaatkan media gratisan (Kumparan, My map, hubdocker, medium, wattpad, tumblr, linked In, dan lain sebagainya) untuk menguasai seluruh halaman google; b) trik membuat kata kunci sesuai dengan kota target tertentu. 7) Materi Auto Blogspot dengan materi: a) membuat ternak ribuan blog hanya dengan 1 klik; b) melakukan auto post bogspot hanya dengan 1 klik; c) membuat ribuan konten/artikel dengan variasi kata kunci (keyword), kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi maupun negara; d) trik masuk halaman 1 google melalui blogspot; e) membuat blog dengan keyword tertentu yang disukai google. 8) Materi Market Place Olx yang terdiri dari: a) trik membuat judul dan artikel hingga ribuan dengan teknik sederhana; b) mempelajari tentang isi judul dan deskripsi hanya dengan 1 klik, bisa ditinggal bekerja atau tidur; c) trik cara menembus moderasi di olx; d) trik iklan diterima hingga ratusan di olx. 9) Materi SEO Basic yang berisi pembelajaran tentang: a) bagaimana cara membuat web atau blog yang cepat masuk halaman 1 google; b) trik memasukan judul dan tagline/deskripsi di web/blog yang disukai google; c) cara mendaftarkan web/blog ke google webmaster tools; d) mindset SEO untuk pemula; e) cara tentang bagaimana teknik meriset kata kunci yang mini kompetitor namun pangsa pasar nya terbuka luas, sehingga persaingan sedikit di dunia SEO. 10) Materi SEO Advance yang materi belajarnya terdiri dari: a) cara mengenal berbagai macam sumber backlink; b) cara mencari backlink yang diakui google (webmaster tools); c) teknik mencari dan mencontek backlink dari kompetitor; d) cara membuat backlink yang tidak bisa ditiru kompetitor; e) cara mengevaluasi hasil backlink dengan google webmaster tools; dan f) cara tentang bagaimana membuat artikel yang disukai google dan mudah masuk halaman 1 google maupun search engine lainnya.
ADVERTISEMENT
Demikian artikel yang membahas tentang metode jadi pakar SEO Indonesia ataupun ahli optimasi website yang nomor 1, semoga sobat Silaen SEO dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi tentang pemahaman ilmu SEO global. Terima kasih.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan