Pencarian populer
USER STORY
18 Mei 2018 14:47 WIB
..
..

Strategi Pemasaran Online Untuk Rumah Sakit

Fakta terpublikasi di medium internet membuktikan bahwa jumlah rumah sakit di Indonesia meningkat pesat. Tidak hanya rumah sakit, usaha-usaha turunannya yang bergerak dan masuk ke dalam industri kesehatan juga mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Terkait dengan hal diatas, pada artikel ini kami hanya membahas keberadaan rumah sakit dimaksud sebagai salah satu mata rantai dari adanya bisnis kesehatan di Indonesia. Meskipun kami tahu bahwa salah satu eksistensi rumah sakit didirikan adalah memiliki fungsi dan aspek sosial untuk memberi layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Eksistensi rumah sakit sebagai salah satu usaha industri kesehatan, tentu sudah di analisis pelaku bisnis sehingga kita melihat begitu antusiasnya para pengusaha internasional maupun pengusaha indonesia untuk menanamkan investasi dan uangnya pada “sektor bisnis kesehatan”. Artinya, bisnis yang mengandalkan dan atau menjual ‘health care’ masih sangat menjanjikan dan menggiurkan dari segi keuntungan finansial. Baik itu tingkat profitabiltasnya yang menarik dan lebih resisten terhadap krisis ekonomi, kemudian juga masih memiliki potensi besar untuk terus berkembang.

Memang potensi perkembangan bisnis industri rumah sakit tak bisa lepas dari meroketnya jumlah penduduk Indonesia yang saat ini sudah lebih dari 260 juta jiwa dan pendapatan perkapitanya juga terus meningkat setiap tahunnya. Adanya data statistik ini pulalah yang menyebabkan bisnis industri layanan kesehatan akan terus dibutuhkan terlebih-lebih dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap gaya hidup sehat setiap harinya.

Ya, meskipun saat ini banyak rumah sakit berdiri, tetap saja masih banyak masyarakat Indonesia yang berobat hingga ke luar negeri. Mungkin alasannya karena mereka ingin mencari dan mendapatkan layanan kesehatan berteknologi lebih mutakhir dan untuk mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mengakibatkan terjadinya perkembangan sains. Kemudian adanya tuntutan sosial yang kerap kali menuntut manusia untuk terus mempelajari dan menguasai ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian baru, termaksud dalam hal ini adalah ilmu pemasaran online (internet marketing).

Nah, terkait dengan ilmu pemasaran online dan kebutuhan atas digital marketing yang terus meningkat, mengakibatkan para pebisnis rumah sakit dan pengusaha industri kesehatan berlomba-lomba untuk menggunakan strategi pemasaran online bagi rumah sakit yang didirikannya. Salah satunya bekerja sama dengan ahli internet marketing untuk mempromosikan keberadaan bisnis rumah sakit yang dimilikinya agar semakin terkenal dan memenangi persaingan di dunia maya (online).

Bicara tentang strategi pemasaran online untuk rumah sakit, tentu tidak semudah mempromosikan bisnis lainnya. Mengapa ? Karena dalam usaha industri rumah sakit, kita menemukan adanya transaksi yang beragam dan adanya kejadian yang sangat kompleks. Hal ini disebabkan esensi bisnis industri rumah sakit merupakan bisnis kepercayaan (trusty business) yang didalamnya terdapat 3 (tiga) hal, yakni: 1) kepentingan produk; 2) kepentingan service; dan 3) kepentingan mindset (calue, attitude).

Pada proses layanan yang diberikan rumah sakit, hal yang sangat menonjol adalah perihal mindset, sebab sebaik apapun seorang dokter memberikan pelayanan namun jika attitude kurang mendukung, maka akan sulit bagi sebuah rumah sakit untuk menegakkan konsep “Hospital Branding”. Padahal branding sangat penting dan akan menentukan untuk dapat diminati atau tidaknya sebuah rumah sakit oleh masyarakat luas.

Kemudian juga hospital branding tidak hanya sekedar membesarkan “nama rumah sakit” atau “nama dokter”, melainkan juga harus mampu membuat terjadinya ikatan emosional pasien terhadap produk layanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Pasien sebagai penikmat layanan kesehatan akan dapat merasakan nilai dan kepercayaan pada sebuah brand rumah sakit, sehingga bisa menciptakan loyalitas pasien terhadap produk kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit tersebut.

Strategi pemasaran online yang akan akan dipilih oleh rumah sakit merupakan bentuk iklan jitu yang merupakan salah satu alat komunikasi nan canggih dan terbarukan yang mampu menaikkan pamor, menciptakan ‘positive images branding’ dan juga mendatangkan calon pasien (konsumen). Ingat bahwa kebutuhan masyarakat atas internet, seperti mendapatkan informasi, bekerja, pendidikan, atau hiburan sangatlah besar.

Nah, beranjak dari adanya kebutuhan atas internet diatas, otomatis telah membuka peluang untuk membuat usaha rumah sakit dan bisnis jasa kesehatan dapat dipasarkan secara global melalui media online dalam wujud strategi pemasaran online spesialis untuk bisnis industri rumah sakit. Strategi pemasaran online dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1) Menentukan sasaran

Jika rumah sakit Anda ingin memulai memasarkan bentuk usaha layanan kesehatan secara online, maka lihatlah sasaran dari layanan yang akan diberikan kepada siapa. Jika rumah sakit Anda memiliki sasaran cenderung ke golongan menengah ke atas, maka cobalah untuk memasarkan melalui media-media online yang biasa diikuti oleh kalangan tersebut. Namun, seandainya layanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit Anda menyasar semua kalangan, maka strategi pemasaran online Anda cukup dengan merambah semua media online yang sekiranya bisa terliat oleh semua kalangan.

2) Membuat website/blog rumah sakit

Cobalah membuat website atau blog khusus untuk bisnis industri rumah sakit yang Anda dirikan. Jika Anda sudah memiliki ‘brand rumah sakit’ tersendiri jangan ragu untuk melakukan itu. Mengapa ? Karena di seluruh medium online, sebuah brand yang memiliki web sendiri atau blog khusus cenderung dimaknai pengguna internet sebagai brand yang berkualitas dan bonafit. Jadi jangan ragu untuk membuat website rumah sakit atau blog bisnis kesehatan sebagai salah satu strategi pemasaran online yang jitu, efektif, terbaik dan tepat sasaran.

3) Mempromosikan di Media Sosial (medsos – sosmed)

Salah satu aktivitas yang cukup digandrungi masyarakat di jaman now ini adalah bersosialita menggunakan media sosial. Semua orang yang menggunakan internet, hampir bisa dipastikan memiliki akun media sosial, baik twitter, facebook, instagram, whatsapp, line, dan lain sebagainya.

Jika masih kurang, Anda bisa beriklan dengan konten produk yang ditawarkan oleh rumah sakit Anda di media-media sosial tersebut dengan rajin dan antusias. Mengapa ? Karena medsos – sosmed selain gratis, iklan dari rumah sakit Anda akan lebih cenderung dilihat oleh banyak orang dalam rentang waktu yang singkat.

Bila masih kurang juga, strategi pemasaran online lagi menggunakan media sosial ini bisa dilakukan dengan iklan berbayar. Nah, adanya iklan berbayar ini tentu saja akan lebih melejitkan jumlah pasien dan meningkatkan omzet keuntungan dari operasional rumah sakit. Jadi cobalah untuk terus belajar tentu bagaimana tips dan cara menggunakan iklan berbayar di sosial media.

4) Promosi di marketplace kesehatan

Jika situs rumah sakit Anda tidak memiliki banyak trafik pengunjung, maka strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasarkan produk rumah sakit Anda ke berbagai marketplace terkenal khusus untuk layanan kesehatan dan juga rumah sakit.

Tentu dengan listing di marketplace kesehatan, tentu akan mendapatkan nilai lebih untuk promosi jangka panjang, meskipun marketplace tersebut hanya menyediakan secara gratis halaman untuk mengiklankan produk-produk untuk para pebisnis industri kesehatan dan pebisnis rumah sakit. Berbagai fasilitas pun bisa di dapatkan, seperti pencantuman alamat rumah sakit, nomor telepon rumah sakit, nama dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit, dan lain sebagainya.

5) Menyewa jasa digital marketing

Jika Anda memiliki cukup modal dan ingin rumah sakit anda beserta dengan produk layanan kesehatannya cepat dikenal dan menjadi nomer satu di halaman google, maka Anda harus menggunakan jasa ahli digital marketing.

Tentu saja untuk menggunakan jasa ahli marketing ini, membutuhkan biaya tertentu. Tapi, dengan begitu, Anda bisa mengiklankan produk bisnis industri rumah sakit Anda melalui layanan jasa yang mereka berikan. Namun jangan salah, bahwa produk Anda akan lebih efektif dan bermakna ketika pengunjung online datang melalui pencari kata kunci (keyword) di mesin pencari. Trafiic pengunjung juga akan lebih cepat tinggi datang ke web/situs/blog daripada bila menggunakan media periklanan online yang lain.

Disamping anda menyewa jasa ahli internet marketing, untuk memaksimalkan kinerja website/blog rumah sakit agar unggul di persaingan kata kunci pada mesin pencari google, maka tidak ada salahnya juga bagi anda untuk menyewa atau menggunakan jasa ahli seo (search engine optimization) ataupun jasa ahli smm (social media marketing).

6) Memanfaatkan momentum

Strategi pemasaran online tanpa memanfaatkan momentum rasanya kuranglah lengkap. Momentum maupun trend yang terjadi masih menjadi cara yang termudah agar bisa mendapatkan dan mencuri perhatian masyarakat (calon pasien) untuk berobat ke rumah sakit anda.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang ada agar bisa menjaring pasien baru. Salah satu moment yang terbaik. Misalnya pada saat perayaan hari palang merah indonesia (PMI), rumah sakit anda bisa berperan aktif memberikan pengobatan gratsi, cek gula darah dan kolestrol gratis, khitanan massal, membuka layanan untuk donor darah yang akan disumbangkan ke PMI, dan lain sebagainya.

Atau bisa saja pada momentum bulan puasa (ramadhan) dan idul fitri mengadakan event buka puasa bersama dengan memberikan makanan yang bergizi, membagi multivitamin secara gratis dibarengi dengan adanya ceramah tentang menjaga kesehatan selama bulan puasa.

Nah, dengan cara memanfaatkan momentum tertentu, produk-produk layanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit anda dapat termemory dengan baik di masyarakat.

Itulah cara strategi pemasaran online buat bisnis industri rumah sakit yang sedang anda jalankan. Apapun cara dan bagaimana pun strategi yang akan dijalankan, Anda yang putuskan. Namun, tidak ada salahnya Anda harus melakukan test dan mengukur setiap promosi yang Anda lakukan, baik promosi menggunakan medium offline maupun online. Jika perlu tidak ada salahnya membuat laporan berkala untuk setiap jenis promosi yang telah dilakukan untuk melihat strategi mana yang cocok untuk membesarkan industri bisnis rumah sakit anda. Terima kasih.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: