Konten dari Pengguna

KKN Tematik UPGRIS Melaksanakan Pelatihan Coding Pada Siswa SDN Gebugan 03

KELOMPOK 2 KKN TEMATIK MBKM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Publikasi Kegiatan Kelompok 2 KKN Tematik MBKM Universitas PGRI Semarang
14 Oktober 2024 15:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KELOMPOK 2 KKN TEMATIK MBKM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pelatihan Coding di SDN Gebugan 03 (18/09/2024)
zoom-in-whitePerbesar
Pelatihan Coding di SDN Gebugan 03 (18/09/2024)
ADVERTISEMENT
(18/09/2024) - Coding merupakan penulisan intruksi atau perintah untuk komputer dan melakukan apa yang diminta. Melalui Coding ini kita dapat membuat computer melakukan game, website, aplikasi dan lain lain. Tujuan dari coding ini yaitu untuk menambah wawasan, meningkatkan kreatifitas, dan juga membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam hal teknologi.
ADVERTISEMENT
Pembelajaran coding di SD merupakan salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan para siswa pada dunia pemrograman sejak usia dini. Melalui pembelajaran tersebut, para siswa belajar mengenai konsep dasar pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan interaktif agar siswa termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran tersebut. Namun pembelajaran coding di SD belum mengajarkan tentang berbagai bahasa pemrograman yang kompleks melainkan mengembangkan keterampilan berpikir logis, kreativitas dan keterampilan memecahkan suatu permasalahan. Program pembelajaran coding di SD juga didesain agar mudah dimengerti oleh para siswa sesuai dengan tingkatan dan kebutuhannya. Melalui pembelajaran coding tersebut, diharapkan siswa memiliki rasa percaya diri terhadap teknologi dan ingin mempelajari lebih dalam tentang hal tersebut. Selain itu, pembelajaran coding di SD juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi pembuat suatu teknologi digital, tidak hanya sebagai konsumen saja. Meskipun sederhana namun produk yang dihasilkan pada pembelajaran coding di SD cukup menarik minat mereka seperti game sederhana, animasi, presentasi digital, cerita interaktif dan lain-lain. Melalui berbagai produk tersebut, para siswa bisa meningkatkan pemahaman tentang teknologi, meningkatkan kemampuan logika dan kreativitas yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Dalam rangka meningkatkan serta mewujudkan tujuan ini Mahasiswa KKN TEMATIK MBKM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Tahun 2024 memberikan pelatihan Coding untuk siswa siswi kelas 5 dan kelas 6 di SDN GEBUGAN 03. Pada kegiatan ini mahasiswa memberikan pengertian coding dan juga mengajarkan bagaimana cara pengaplikasian coding untuk media belajar. Selain itu mahasiswa KKN juga memperlihatkan contoh penggunaan coding untuk media pembelajaran yang sudah jadi.
Dalam kegiatan ini peserta didik dibagi menjadi kelompok untuk mempraktikkan animasi coding sesuai kreativitas masing-masing, ada yang membuat animasi manusia yang sedang berjalan dan lain lain. Antusiasme siswa dalam kegiatan ini sanget tinggi hal ini terbukti dengan karya yang dihasilkan mereka sangat bagus dan menarik.
ADVERTISEMENT