Konten dari Pengguna

Implementasi Al Qur'an dan Tanggung Jawab Sosial Guna Atasi Kemiskinan Masa Kini

Siti Rahmadila
Mahasiswi Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
26 Mei 2024 16:21 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Siti Rahmadila tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber, Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Sumber, Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kemiskinan adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Di era modern ini, tantangan dalam mengentaskan kemiskinan semakin kompleks dengan adanya berbagai faktor ekonomi, politik, dan sosial yang saling terkait. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2023 tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai sekitar 9,7% dari total populasi atau sekitar 26,16 juta orang. Dalam konteks ini, ajaran Al-Quran memberikan panduan yang komprehensif dalam menangani isu kemiskinan melalui prinsip-prinsip tanggung jawab sosial.
ADVERTISEMENT
Al-Qur'an, sebagai pedoman utama umat Islam, tidak hanya mengajarkan tentang ibadah kepada Tuhan tetapi juga menekankan pentingnya tanggung jawab sosial terhadap sesama manusia. Pesan-pesan kemanusiaan yang terdapat dalam Al-Qur'an memberikan landasan moral bagi umat Muslim untuk bertindak dalam upaya mengatasi masalah sosial, termasuk kemiskinan, ketidakadilan, dan penderitaan manusia lainnya.
Salah satu ayat yang menegaskan pentingnya tanggung jawab sosial adalah dalam Surah Al-Ma'un (107:1-7), yang mengajarkan agar manusia tidak hanya fokus pada ritual keagamaan tetapi juga memperhatikan kebutuhan sosial sehari-hari. Ayat tersebut memberikan panduan tentang ciri-ciri orang yang tidak memperhatikan tanggung jawab sosial, seperti menolak memberi makan orang miskin, tidak mendorong memberi makan kepada yatim piatu, dan tidak mendorong memberi makan kepada orang miskin.
ADVERTISEMENT
Tanggung Jawab Sosial dalam Al-Quran
Al-Quran secara eksplisit menyebutkan pentingnya tanggung jawab sosial dalam berbagai ayat. Salah satu ayat yang menekankan hal ini adalah Surat Al-Ma'un (107:1-7), yang mengkritik mereka yang mengabaikan hak-hak anak yatim dan tidak peduli terhadap kesejahteraan orang miskin. Ayat-ayat ini mengajarkan bahwa ibadah yang sempurna tidak hanya terdiri dari ritual spiritual, tetapi juga harus mencakup tindakan sosial yang bermanfaat bagi sesama.
Surah Al-Ma'un mengandung pesan yang kuat tentang pentingnya amal sosial dan kepedulian terhadap orang miskin serta anak yatim sebagai bagian dari keimanan yang sejati. Surah ini mengecam mereka yang tidak memperlihatkan kepedulian mereka terhadap sesama melalui tindakan nyata, seperti memberi makan orang miskin dan tidak menghardik anak yatim. Selain itu, surah ini juga mengingatkan bahwa ibadah ritual seperti shalat harus diiringi dengan kekhusyukan dan diikuti oleh perbuatan baik yang ikhlas. Dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Surah Al-Ma'un, masyarakat dapat membangun lingkungan yang lebih peduli, adil, dan menunjukkan keimanan mereka melalui amal yang bermanfaat bagi sesama.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Al-Quran menggarisbawahi pentingnya zakat sebagai salah satu rukun Islam. Zakat bukan hanya kewajiban spiritual, tetapi juga instrumen sosial-ekonomi untuk membantu mengurangi kesenjangan sosial dan membantu mereka yang kurang mampu. Dalam Surat At-Taubah (9:60), Allah SWT menjelaskan bahwa zakat diberikan kepada delapan golongan, termasuk fakir miskin, amil zakat, dan mereka yang berhutang. Hal ini menunjukkan bagaimana Islam mendorong umatnya untuk selalu peduli terhadap kesejahteraan sosial.
Tanggung jawab sosial dalam Al-Quran mengacu pada konsep penting dalam ajaran Islam tentang kewajiban individu dan masyarakat untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan sosial, keadilan, dan keberlanjutan. Beberapa konsep dan ajaran Al-Quran yang relevan dengan tanggung jawab sosial antara lain:
ADVERTISEMENT
Implementasi Tanggung Jawab Sosial di Masa Kini
ADVERTISEMENT
Jadi, dalam mengatasi kemiskinan di Masa Kini termasuk tanggung jawab kita sebagai manusia untuk membuka mata dan hati pada sekitar, Mengatasi kemiskinan di Masa Kini termasuk tanggung jawab kita sebagai manusia untuk membuka mata dan hati pada sekitar, sehingga kita dapat merangkul semua lapisan masyarakat dalam upaya menciptakan kehidupan yang lebih adil dan sejahtera.
Al-Quran memberikan dasar moral yang kuat untuk umat Islam dalam mengatasi kemiskinan melalui tanggung jawab sosial. Prinsip-prinsip tersebut meliputi keadilan, zakat, sedekah, perlindungan lingkungan, penghindaran pemborosan, serta pemikiran kritis dalam menyelesaikan masalah sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, tanggung jawab sosial dapat diwujudkan melalui tindakan nyata seperti membantu yang membutuhkan, membayar zakat dan sedekah, meningkatkan kesadaran sosial, dan mempromosikan keadilan. Dengan memahami dan menerapkan ajaran Al-Quran ini, umat Islam diharapkan dapat memainkan peran aktif dalam membangun masyarakat yang adil, berkelanjutan, dan berfokus pada kebaikan bersama.
ADVERTISEMENT
Dosen Pengampu:
Dr. Hamidullah Mahmud, Lc., M.A.