Suarakan Keadilan: Afrika Selatan Mendukung Penuh Perjuangan Palestina

Abharina Nasution
Mahasiswa Hubungan Internasional di Universitas Kristen Indonesia
Konten dari Pengguna
31 Desember 2023 16:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Abharina Nasution tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gadis Palestina memegang bendera. | Foto by: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Gadis Palestina memegang bendera. | Foto by: pixabay.com
ADVERTISEMENT
Afrika Selatan dan Palestina telah menjalin ikatan solidaritas yang kuat yang melampaui sekadar hubungan diplomatik. Solidaritas ini terakar dalam sejarah perjuangan kedua negara melawan penindasan dan keinginan yang kuat untuk memperjuangkan hak asasi manusia. Afrika Selatan, dengan sejarahnya yang pahit melawan sistem apartheid yang merenggut hak-hak dasar warga kulit hitamnya, memahami dengan mendalam betapa pentingnya dukungan solidaritas internasional dalam melawan penindasan. Kedekatan ini tak hanya sebatas simpati, tetapi merupakan cerminan dari semangat untuk berdiri bersama dalam memperjuangkan keadilan di mana pun di dunia. Dukungan kuat dari pemerintah Afrika Selatan terhadap Palestina bukanlah sekadar retorika politik. Sebaliknya, itu adalah ekspresi yang lahir dari pengalaman historis mereka sendiri. Pemerintah Afrika Selatan dengan tegas mengecam tindakan Israel di Gaza, melihatnya sebagai cerminan dari kesengsaraan yang mereka sendiri rasakan di masa lalu.
Para pejuang Palestina sedang dalam medan perang melawan Israel. | Foto by: pixabay.com
Partai yang berkuasa, Kongres Nasional Afrika (ANC), memegang peran kunci dalam membangun hubungan erat antara Afrika Selatan dan Palestina. Hubungan historis yang kuat antara ANC dan gerakan pembebasan Palestina memberikan landasan yang solid bagi komitmen berkelanjutan dalam mendukung perjuangan Palestina untuk kemerdekaan dan kedaulatan. Di samping sikap resmi pemerintah, warga Afrika Selatan turut memberikan dukungan yang tangibel terhadap Palestina. Aksi protes mereka yang terus-menerus menuntut gencatan senjata yang langgeng di Gaza dan menyerukan penutupan kedutaan Israel di negeri mereka menjadi bukti nyata dari kesediaan mereka untuk memperjuangkan perdamaian.
Pejuang Palestina sedang dalam medan perang melawan Israel. | Foto by: pixabay.com
Keseluruhan, solidaritas Afrika Selatan dengan Palestina bukanlah semata simpati, tetapi merupakan komitmen yang terukir dalam sejarah dan panggilan kemanusiaan. Mereka tidak hanya menawarkan dukungan politik, tetapi juga moral, menjadi suara yang membela keadilan, dan mengingatkan dunia akan pentingnya memerangi penindasan di mana pun itu terjadi. Dalam upaya global untuk perdamaian, solidaritas ini adalah pilar yang kokoh dalam membangun dunia yang lebih adil dan manusiawi.
ADVERTISEMENT