Penggunaan PLTS Atap, Ramah bagi Pengguna dan Lingkungan!

SolarKita is a Smart Energy company.
Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 11:18
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari SolarKita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penggunaan PLTS Atap, Ramah bagi Pengguna dan Lingkungan! (2138)
zoom-in-whitePerbesar
PLTS atau kepanjangan dari pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang sumber utama energinya didapatkan dari radiasi sinar matahari. Di Indonesia, potensi surya yang merupakan sumber daya utama tentu sangat berlimpah. Intensitas harian matari yang ada di Indonesia sendiri mencapai 4,8 kWh/m2. Hal ini berpotensi untuk menghasilkan listrik dengan kapasitas 207,8 GWp.
ADVERTISEMENT
Namun pada kenyataannya potensi surya yang sangat berlimpah ini masih belum dimanfaatkan sepenuhnya. Di Indonesia, pemanfaatan sinar matahari sebagai panel surya penghasil listrik yang disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) masih sekitar 0,13% dari keseluruhan pembangkit yang ada. Angka terhitung masih sangat kecil jika dibandingkan dengan potensi sumber energi yang sangat melimpah.
Melihat potensi ini, lantas banyak bermunculan ide untuk memanfaatkan sumber daya melalui energi alternatif pembangkit listrik melalui panel surya. Untuk menyelesaikan kesenjangan ini, kita sebagai warga negara dapat turut andil dalam pemanfaatan energi surya di Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan pemanfaatan energi alternatif berupa pemasangan PLTS Atap untuk mendapatkan listrik.
PLTS Atap adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang pemasangannya ditempatkan di atap rumah, atap Gedung, maupun tempat lain yang tepat dan strategis untuk mendapatkan energy listrik melalui panel surya. PLTS atap juga merupakan solusi bagi Anda yang tinggal didaerah-daerah terpencil yang belum mendapatkan akses listrik pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan energi matahari panel surya ini tidak hanya memberi keuntungan pada Anda sebagai penggunanya. Akan tetapi dampak juga dampak terhadap alam. Dimana dalam upaya untuk merawat bumi, penggunaan sumber daya alam surya melalui panel surya PLTS atap ini tidak menghasilkan karbondioksida (CO2). Sehingga hal ini bisa menjadi alternatif yang sangat tepat digunakan. Sehingga PLTS atap adalah salah satu pilihan yang terbaik.
Manfaat Penggunaan PLTS Atap
PLTS Atap merupakan inovasi teknologi yang penggunaannya sangat bermanfaat bagi kelistrikan Indonesia. Pemanfaatan PLTS Atap juga sangat membantu Anda dalam menghemat biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Selain itu, PLTS Atap juga membantu mengurangi dampak perubahan iklim dengan menekan efek gas rumah kaca yang dapat dihasilkan oleh pembangkit listrik energi fosil. Dengan pemanfaatan dan pemasangan Panel surya PLTS Atap, hal ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi Anda dalam pemanfaatan energi alternatif terbarukan yang ramah lingkungan serta tidak akan pernah habis. Mengingat bahwa sumber energi fosil yang semakin hari semakin berkurang.
ADVERTISEMENT
Diketahui bersama, bahwa masih ada banyak daerah terpencil yang memiliki masalah penerangan maupun kebutuhan akan listrik. Hal ini menunjukan bahwa kebutuhan listrik yang masih belum bisa terpenuhi dengan baik. Mengingat bahwa di zaman modern ini keberadaan listrik telah menjadi kebutuhan primer. Sehingga sudah sepatutnya bahwa pengadaan listrik dapat didistribusikan secara merata di berbagai daerah.
Berdasarkan hal inilah penggunaan panel surya PLTS atap ini bisa menjadi alternatif yang sangat cocok untuk diletakkan pada daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh listrik. Apalagi jika melihat potensi Indonesia yang sangat mudah untuk mendapatkan sumber utama dari pembangkit listrik ini, yaitu sinar matahari. Tentu manfaat lain dari pemasangan PLTS atap ini juga dapat membantu anda dalam menghemat pengeluaran untuk kebutuhan listrik Anda.
ADVERTISEMENT
Pemasangan panel surya PLTS Atap juga akan dapat membantu Anda untuk mendapatkan pasokan listrik dalam jumlah yang besar. Tentu tanpa membebani biaya yang harus Anda dikeluarkan setiap bulannya. Karena sumber energi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan sangat melimpah.
Mengapa Harus Tenaga Surya ?
Penggunaan listrik dengan memanfaatkan tenaga surya memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa Anda didapatkan jika dibanding dengan menggunakan energi lainnya yang ada saat ini. Berikut adalah beberapa kelebihan mangapa Anda sangat tepat menggunakan pemanfaatan panel surya PLTS Atap.
1. Sumber energi yang melimpah
Karena keberadaan matahari selalu ada setiap harinya, maka sumber energi matahari ini tidak akan pernah habis. Hal ini menunjukan bahwa sumber energy ini sangat melimpah dan akan selalu terbarukan. Proses untuk mendapatkannya pun tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkan sinar matahari terbaik saat pagi hari hingga menjelang sore hari. Saat itulah sinar matahari bisa didapat secara melimpah. Dan tentu Anda bisa menyimpan energi matahari yang sudah Anda dapat mealui sebuah baterai untuk bisa kemudian digunakan arus listriknya.
ADVERTISEMENT
Pemanfaatan energi surya melaui pemasangan panel surya ini tentu sangat tepat. Energi matahari menjadi energy terbarukan yang dapat dimaanfaatkan menjadi energi alternatif di masa depan. Mengingat bahwa tingkat konsumsi listrik konvensional yang sangat meningkat, hal ini tentu menyebabkan kemungkinan terjadinya krisis listrik yang dapat terjadi kapan saja. Sehingga sangat bijak bagi Anda untuk melakukan langkah antisipasi berupa pemanfaatan tenaga surya PLTS atap sebagai energi alternatif kebutuhan listrik.
2. Ramah Lingkungan
Global warming yang terjadi di bumi yang dihuni oleh manusia tentu sangat memberikan keresahan. Hal ini tentu bisa dikurangi salah satunya dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan listrik yang berasal dari energi matahari, maka hal tersebut menjadi upaya yang sangat tepat agar bisa mengurangi efek dari global warming.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pemanfaatan energi surya memiliki kelebihan yang sangat ramah lingkungan. Hal ini terbukti dari proses pendapatan energi tanpa menggangu maupun merusak alam. Karena Anda dapat memperoleh energy ini langsung, bahkan dari rumah Anda sendiri. Dalam operasionalnya, energi ini sangat ramah lingkungan serta merupakan wujud implementasi dari merawat bumi yang semakin hari semakin mengalami pemanasan global.
3. Perawatan yang mudah
Ketika Anda menggunakan konvensional, maka dalam proses perawatannya harus dilakukan secara khusus agar listrik yang sebagian besar digunakan oleh masyarakat ini tidak terjadi pemadaman. Perawatan yang dilakukan pun juga harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Berbeda ketika Anda menggunakan PLTS Atap, dimana selain penggunaannya yang praktis, Anda juga tidak perlu melakukan perawatan yang merepotkan. Sehingga Anda tidak perlu untuk menyediakan orang yang ahli di dalam mengurusi panel surya atap tersebut.
ADVERTISEMENT
4. Cocok Untuk Daerah Tropis
PLTS sangat cocok untuk diletakkan di daerah-daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Di mana keberadaan sinar matahari akan selalu ada setiap hari. Kondisi ini memungkinkan bagi PLTS atap untuk bisa mendapatkan sumber energy melalui panel surya setiap hari. Tentu Anda tidak akan khawatir mengenai pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena sumber energy yang akan tetap bisa berjalan dengan lancer setuap hari.
Pemanfaatan energy surya melalui PLTS atap merupakan solusi yang sangat ideal bagi kita untuk menerapkan energi bersih dan ramah lingkungan. Pemasangan panel surya atap dirumah sendiri juga bukan menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Bukan hanya sebagai penghematan listrik saja, Anda juga bisa berperan dalam penurunan emisi karbon yang menjadi bagian dalam merawat bumi yang kita cintai ini.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020