kumparan
search-gray
Bola & Sports22 Maret 2020 17:18

5 Pesepak Bola Dunia yang Masih Bermain di Usia 40 hingga 50 Tahun

Konten kiriman user
hc7fbrlxohrlmqflyyq7.jpg
Maldini waktu membela Milan. (Foto: FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Beberapa pesepak bola dunia selalu menyebut bahwa usia hanyalah sebatas angka. Sehingga, para pesepak bola yang telah menginjak di usia tersebut memutuskan untuk tetap bermain walau sudah tidak muda lagi.
ADVERTISEMENT
Dalam era sepak bola modern saat ini, sejumlah klub Eropa masih percaya dengan kemampuan pemain yang telah menginjak usia 30 tahun ke atas. Salah satu pemain itu adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain yang kini memperkuat AC Milan tersebut telah berusia 38 tahun dan masih aktif bermain hingga saat ini.
Tak hanya Ibrahimovic, sejumlah pemain top lainnya juga masih diandalkan oleh timnya saat ini. Nama-nama pemain seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Juan Mata, dan David Silva merupakan para pemain yang telah menginjak usia senja. Namun, terlepas dari itu, bagaimana jika seorang pesepak bola masih aktif bermain di usia 40 hingga 50 tahun. Para penikmat sepak bola dunia tentu sangat jarang mendengar pesepak bola yang masih bermain di usia tersebut. Nah, berikut lima pesepak bola dunia yang masih bermain di usia 40 hingga 50 tahun lebih.
ADVERTISEMENT

1. Kazuyoshi Miura

zzzmprhjmrqihz7qhpbu.jpg
Striker Yokohama FC, Kazuyoshi Miura. Foto: TORU YAMANAKA/AFP
Kazuyoshi Miura merupakan pesepak bola tertua di dunia yang masih bermain di usia 53 tahun. Pemain kebangsaan Jepang itu bermain di Yokohama FC yaitu klub kesta kedua Liga Jepang. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut masih aktif bermain hingga saat ini. Selain itu, pemain yang dijuluki 'King Kazu' itu telah mencetak 221 gol dari 754 pertandingan dan telah memperkuat 14 klub sepanjang karier sepak bola profesionalnya.

2. Rivaldo

m6mee9jygaiunrvrxn5o.jpg
Legenda Barcelona, Rivaldo. Foto: Instagram/@rivaldo
Pada era sepak bola 90-an sejumlah pesepak bola Brasil sangat terkenal saat itu. Tak terkecuali nama Rivaldo yang merupakan salah satu pemain tersukses di negara samba tersebut. Pemain yang pernah memperkuat Barcelona itu mengakhiri karier sepak bolanya di usia 43 tahun. Sang legenda sepak bola Brasil tersebut terakhir bermain di klub Mogi Mirim EC. Saking tuanya, pemain yang juga pernah berseragam AC Milan itu sempat bermain bersama anaknya bernama Rivaldinho di klub tersebut.
ADVERTISEMENT

3. Javier Zanetti

download (7).jpg
Javier Zanetti, ketika masih memperkuat Inter Milan. Foto: Reuters/Alessanro Garofalo
Bagi fans Inter Milan tentu sangat mengenal nama Javier Zanetti. Legenda I Nerazzuri itu merupakan salah satu pemain yang masih bermain di usia 41 tahun. Pemain yang identik dengan nomor punggung empat itu mengakhiri karier sepak bolanya di Inter pada 2014 di usia 41 tahun. Selama membela tim biru-hitam, Zanetti telah mempersembahkan 16 trofi.

4. Paolo Maldini

o4y03h9gdjs9d0nscxfx.jpg
Paolo Maldini, Legenda AC Milan. Foto: AFP/Fayez Nureldine
Paolo Maldini adalah pemain berikutnya yang masih bermain di usia 41 tahun selama karier sepak bola profesionalnya. Maldini merupakan legenda AC Milan dan telah mempersembahkan 25 gelar bagi I Rossoneri. Selain itu, berkat jasanya tersebut, nomor punggung Maldini bernomor tiga dipensiunkan pihak klub sebagai bentuk penghargaan terhadap sang pemain. Hingga saat ini, pemain Milan tidak ada satu pun yang mengenakan nomor punggung tersebut. Sang kapten akhirnya pensiun dari dunia sepak bola pada 2009.
ADVERTISEMENT

5. Ryan Giggs

khgnldrqid0tsr8peef6.jpg
Giggs mencetak gol ke gawang Arsenal di Piala FA 1999. (Foto: Twitter/Manchester United)
Nama Ryan Giggs merupakan pemain yang sangat dihormati di Manchester United. Legenda Setan Merah tersebut telah mempersembahkan banyak trofi selama memperkuat United. Giggs telah meraih 34 gelar bersama Manchester United sejak 1992. Dengan demikian, ia pun menjadi salah satu legenda Setan Merah yang sangat diagungkan di klub tersebut. Pemain yang bernama lengkap Ryan Joseph Giggs itu mengakhiri karier sepak bolanya pada 2014 di usia 40 tahun. (fre)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white