Konten dari Pengguna

Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Sekolah

sri yuliana
Mahasiswa IAIN Pontianak program studi pendidikan islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan
22 Mei 2024 11:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari sri yuliana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi inilah kitab kaum muslimin sumber: pixabay. com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi inilah kitab kaum muslimin sumber: pixabay. com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sangat penting karena berpengaruh pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam. Ada 3 faktor yang dapat memengaruhi minat belajar siswa yakni, faktor dari diri sendiri, faktor dari lingkungan madrasah, dan faktor dari lingkungan keluarga dan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Faktor dari diri sendiri, yakni minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dipengaruhi oleh berbagai faktor diri sendiri yang mencakup kondisi fisik jasmani, pengalaman belajar di jenjang sebelumnya, motivasi belajar, cita-cita, bakat, dan hobi. Faktor-faktor ini saling berkaitan dan memainkan peran penting dalam meningkatkan atau menghambat minat belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar, penting bagi guru dan orang tua untuk memperhatikan dan mendukung setiap faktor ini secara komprehensif. Dukungan yang tepat dapat membantu siswa mengembangkan minat yang kuat dan berkelanjutan dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits
Minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di madrasah sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah. Faktor-faktor ini meliputi metode dan cara mengajar yang inovatif, bahan pelajaran yang menarik, sikap guru yang positif dan suportif, tersedianya fasilitas dan alat penunjang pembelajaran yang memadai, situasi dan kondisi lingkungan yang kondusif, serta pengaruh teman pergaulan yang baik. Lingkungan madrasah yang positif dan mendukung dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan, sementara lingkungan yang kurang mendukung dapat menghambat minat dan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memperhatikan dan mengoptimalkan faktor-faktor ini guna menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
ADVERTISEMENT
Faktor dari lingkungan keluarga dan masyarakat yakni, memiliki peran signifikan dalam membentuk minat belajar siswa. Dukungan yang kuat dari orangtua melalui pendidikan, pekerjaan yang mendukung keterlibatan, perhatian yang memadai, dan pengaruh teman sebaya yang positif dapat mendorong siswa untuk lebih berminat dan bersemangat dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits. Sebaliknya, kurangnya dukungan dalam faktor-faktor ini dapat menghambat minat dan motivasi belajar siswa.