Pelepasan KKN STAIM Klaten 2023, Cerah Syiar Islam Berkemajuan

Humas STAI Muhammadiyah Klaten
Akun resmi milik STAI Muhammadiyah Klaten yang dikelola oleh Bidang Humas Pendidik Unggul Berperan Nyata
Konten dari Pengguna
16 Maret 2023 14:17 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Humas STAI Muhammadiyah Klaten tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mahasiswa KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023 berfoto bersama setelah kegiatan pelepasan di depan halaman kampus pada hari Rabu (15/3). Foto: Arshad/Humas
zoom-in-whitePerbesar
Mahasiswa KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023 berfoto bersama setelah kegiatan pelepasan di depan halaman kampus pada hari Rabu (15/3). Foto: Arshad/Humas
ADVERTISEMENT
Klaten – (16/03/2023) Di tengah terik panas matahari, sebanyak 125 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Klaten resmi dilepas untuk mengabdi di masyarakat. Kegiatan pelepasan dilaksanakan di halaman kampus pada hari Rabu (15/3). Muriyanto, M.Pd.I selaku Ketua STAI Muhammadiyah Klaten yang secara langsung dan simbolis melepas para mahasiswa KKN.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Muriyanto menyampaikan bahwa penting untuk menjaga nama baik almamater kampus sehingga sikap baik atau buruk dalam pelaksanaan KKN tentu akan memengaruhi citra almamater dan Muhammadiyah.
Muriyanto, M.Pd.I saat memberikan sambutan dalam rangka pelepasan mahasiswa KKN STAI Muhammadiyah Klaten di halaman kampus pada hari Rabu (15/3). Foto: Arshad/Humas
Kegiatan pelepasan KKN STAI Muhammadiyah 2023 merupakan rangkaian puncak program pengabdian. Setelah sebelumnya para mahasiswa KKN mendapatkan arahan dan informasi terkait lokasi penempatan KKN serta serangkaian pembekalan sebelum penerjunan menuju lokasi. Penentuan lokasi KKN merupakan hasil dari koordinasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten.
Hasilnya, lokasi KKN tahun ini mengerucut kepada empat kecamatan di Kabupaten Klaten, yakni Kebonarum, Bayat, Gantiwarno, serta Kemalang. Sementara pada setiap kecamatan masing-masing diisi dengan tiga kelompok KKN. Berbeda dengan tahun sebelumnya, lokasi KKN terpusat pada dua kecamatan, yakni Manisrenggo dan Wonosari.
ADVERTISEMENT
Khusus pada Kecamatan Kemalang, pada mulanya rekomendasi LPCR mengarah kepada tiga desa, yakni Tangkil, Tlogowatu, serta Tegalmulyo. Namun Desa Tangkil melalui Pimpinan Ranting Muhammadiyah-nya terdapat kendala dalam penyiapan untuk kerja sama KKN. Sehingga lembaga LPPM membuat kebijakan agar kelompok yang mulanya ditempatkan di Desa Tangkil untuk dilebur pada kelompok di Desa Tlogowatu dan Tegalmulyo.
Salah satu destinasi wisata di Desa Tegalmulyo, Kemalang, menjadi salah satu lokasi KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023. Foto: Web Pemkab Klaten
Sulistiono Shalladin Albany, M.Pd selaku LPPM dalam wawancaranya bersama Humas mengatakan bahwa KKN tahun ini sejatinya bisa lebih baik, sebab pada mulanya LPPM sudah menyiapkan beragam terobosan seperti menentukan lokasi KKN di luar Klaten. Namun persiapan dan beberapa pertimbangan menjadikannya urung mengeksekusi gagasan-gagasannya.
Albany dalam sambutannya saat pelepasan mahasiswa KKN mengucapkan terima kasih sudah dengan baik mengikuti serangkaian acara KKN dari awal hingga penerjunan lapangan di lokasi masing-masing. Albany memotivasi mahasiswa agar tidak ‘kehabisan bensin’ berupa semangat dalam mengabdi kepada masyarakat, “Jangan lupa untuk selalu mengacu kepada pedoman KKN, kami sudah mengonsep agar KKN tahun ini dapat berdampak maksimal kepada pembedayaan masyarakat. Harus tetap semangat agar dapat gaining the trust (memperoleh kepercayaan, ed.) masyarakat.” Ujar Albany.
Sulistiono Shalladin Albany, M.Pd., Ketua KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023 sekaligus juga Ketua LPPM saat memberikan pengarahan pada kegiatan pembekalan KKN STAI Muhammadiyah pada hari Jumat (24/2). Foto: Eman/Humas
Setelah secara resmi dilaksanakan pelepasan mahasiswa KKN, maka selanjutnya para mahasiswa mengikuti kegiatan pelepasan yang diadakan di masing-masing pimpinan cabang Muhammadiyah. Maka setelah kegiatan tersebutlah pertanda dimulainya kegiatan KKN lapangan mahasiswa, yakni ketika pimpinan perguruan tinggi menyerahkan kepada pimpinan cabang Muhammadiyah terkait.
Pimpinan STAI Muhammadiyah Klaten berfoto bersama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebonarum serta lapisan masyarakat setempat saat acara pelepasan mahasiswa KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023 pada hari Rabu (15/3). Foto: Arifah/Humas
Pimpinan STAI Muhammadiyah Klaten berfoto bersama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bayat, mahasiswa serta lapisan masyarakat setempat saat acara pelepasan mahasiswa KKN STAI Muhammadiyah Klaten 2023 pada hari Rabu (15/3). Foto: Nova/Humas
Pengabdian di tengah Ibadah Saum dan Sikap Awas Bencana Merapi
ADVERTISEMENT
KKN STAI Muhammadiyah 2023 telah resmi dilepas, sebanyak 125 mahasiswa akan mengabdi di masing-masing masyarakat berdasarkan penempatannya. KKN STAI Muhammadiyah Klaten tahun ini akan dilaksanakan selama satu bulan dimulai dari tanggal 15 Maret sampai 15 April 2023. Adapun KKN tahun ini mengusung tema, “STAI Muhammadiyah Klaten Berperan Nyata dalam Syiar Islam Berkemajuan”. Tema tersebut ditunjang oleh pendekatan ABCD (Asset Based Community Driven Development) yang ditentukan oleh LPPM, yaitu model pemberdayaan masyarakat melalui pemaksimalan potensi, aset, kekuatan dan pemanfaatan secara mandiri.
Saat di lapangan, para mahasiswa akan melaksanakan KKN sepekan sebelum dan tiga pekan saat Bulan Ramadan. Secara umum memang program KKN STAI Muhammadiyah Klaten lebih diarahkan kepada bidang sosial-keagamaan.
Nantinya, setelah serangkaian KKN lapangan selesai, kegiatan KKN masih berlanjut dengan pelaporan dan presentasi dari masing-masing kelompok serta mendapatkan tanggapan langsung dari pimpinan perguruan tinggi serta dosen pembimbing lapangan. Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan setelah libur panjang hari raya Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
KKN STAI Muhammadiyah Klaten tahun ini dilaksanakan di tengah status siaga (update 16 Maret 2023). Sementara kelompok KKN yang secara jarak berdekatan adalah kelompok-kelompok yang berlokasi di Kecamatan Kemalang. Asmui selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kemalang sangat mengharapkan dan menyambut gembira adanya program KKN di daerahnya. “Kami begitu menantikan kehadiran kelompok KKN dari perguruan tinggi Muhammadiyah, alhamdulillah dapat terealisasi pada tahun ini.” Ucap Asmui.
Sementara Haryono, mewakili camat Kemalang yang berhalangan hadir, menyampaikan pesan bahwa mahasiswa tidak perlu panik dengan status siaga Gunung Merapi. “Kami sudah siapkan banyak relawan di beberapa titik yang akan terus memantau aktivitas Merapi, jadi tidak usah panik, maksimalkan KKN di Kemalang, kalian tidak akan kelaparan dengan keramahan warga Kemalang.” Ujar Haryono sambil terkekeh-kekeh.
ADVERTISEMENT
STAI Muhammadiyah Klaten begitu serius dalam mencetak pendidik unggul dengan mendayagunakan mahasiswa berperan nyata dan syiar Islam kemajuan di berbagai lapisan masyarakat. Saat ini STAI Muhammadiyah Klaten masih membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 dengan dua prodi yang tersedia, yakni Program Sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI) serta Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).