Perkembangan Batik dalam Tren Mode Masa Kini

Pelajar SMA Citra Berkat Tangerang
Konten dari Pengguna
24 Januari 2023 5:57
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Stefanny Anastasia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto : Pixabay
ADVERTISEMENT
Warisan budaya adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah negara karena merupakan bagian dari identitas dan jati diri. Akan tetapi, warisan budaya sering kali terabaikan dan kurang dihargai di era globalisasi saat ini.
ADVERTISEMENT
Munculnya mode baru yang lebih menarik perhatian masyarakat merupakan salah satu penyebab masalah ini bisa terjadi. Namun, belakangan ini, muncul tren yang menunjukkan kembalinya minat masyarakat terhadap warisan budaya.
Penggunaan batik di dunia mode saat ini telah menjadi tren masa kini. Batik adalah salah satu warisan budaya yang berasal asli dari leluhur bangsa Indonesia.
Proses pembuatan dan sejarah dari batik memiliki ciri khasnya sendiri yang tidak akan bisa didapatkan dari kain motif mana pun. Berbagai macam motif batik dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia karena batik sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu dan telah menjadi bagian penting dari budaya Indonesia.
Ilustrasi kain batik yang dijual di Kampung Batik Trusmi. Foto: Dhodi Syailendra/Shutterstock
Saat ini, batik telah menjadi semakin populer di dunia mode dan telah digunakan oleh para desainer dan brand fashion dalam koleksi mereka.
ADVERTISEMENT
Perkembangan teknologi yang semakin maju juga turut berperan dalam meningkatkan popularitas batik tradisional. Pada awalnya, batik hanya digunakan sebagai aksesori atau motif kecil dalam pakaian.
Namun sekarang, batik telah menjadi bagian utama dari desain pakaian dan telah digunakan dalam berbagai jenis pakaian seperti rok, blus, kemeja, dan bahkan jaket.
Selain itu, batik juga telah diadaptasi menjadi pakaian yang lebih modern. Beberapa desainer telah mengubah batik tradisional menjadi pakaian yang lebih trendy dan fashionable.
Ilustrasi pengrajin yang sedang membuat batik Kampung Batik Laweyan Foto: Shutter Stock
Batik pun menjadi sesuatu yang cocok untuk digunakan di kehidupan sehari-hari dan juga untuk berbagai macam acara formal maupun informal.
Banyak desainer lokal maupun internasional seperti Diane von Furstenberg dan Tommy Hilfiger telah menampilkan koleksi batik dalam pameran fashion mereka.
ADVERTISEMENT
Dapat dibuktikan bahwa batik telah menjadi tren mode yang digemari oleh masyarakat. Beberapa desainer menggabungkan batik dengan motif-motif lain untuk menciptakan kontras yang menarik, sementara yang lain menggunakan batik sebagai dasar desain pakaian mereka.
Berbagai brand fashion juga telah ditemukan banyak menggunakan batik dalam kampanye mereka untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia dan menunjukkan komitmen mereka terhadap produk lokal.
Taeyong NCT 127 pakai batik pemberian Jerome Polin. Foto: Instagram/@taeoxo_nct
Di luar negeri, batik juga mulai digemari oleh masyarakat asing. Beberapa negara seperti Jepang, Korea, dan Singapura telah mengadopsi batik sebagai salah satu pakaian yang digemari oleh masyarakatnya.
Beberapa selebriti internasional juga mulai mengenakan batik dalam acara-acara resmi, seperti Beyonce yang mengenakan batik dalam acara Grammy Awards dan Rihanna dalam acara Met Gala.
ADVERTISEMENT
Secara keseluruhan, batik berkembang dengan sangat baik dalam mengikuti tren mode masa kini. Motif ini telah digunakan dalam berbagai jenis pakaian dan telah menjadi bagian utama dari desain pakaian. Di era masa kini, batik tidak hanya dianggap sebagai kain tradisional, namun juga sebuah esensial dalam fashion di era ini.