kumparan
10 Agu 2017 13:30 WIB

Ini 8 Buah Tersehat di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Kamu?

Potongan buah. (Foto: Thinkstock)
Buah memang menjadi salah satu makanan yang paling dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi, baik vitamin atau mineral yang terkandung di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Buah memang menjadi salah satu makanan yang paling dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi, baik vitamin maupun mineral. Namun, tahukah kamu jika dari sekian banyak buah-buahan yang tersedia, mana buah yang paling sehat untuk dimakan?
Meskipun semua buah mengandung sejuta khasiat kesehatan, tapi ternyata ada beberapa buah yang dipercara mengandung nutrisi lengkap dan mampu mencegah berbagai penyakit. Apa saja?
Dilansir Times of India, inilah buah-buahan tersehat yang wajib kamu konsumsi:
1. Pomegranate
Pomegranate, salah satu buah tersehat di dunia (Foto: Thinkstock)
Tak seperti buah-buahan pada umumnya yang hanya mengandung satu atau dua jenis antioksidan, namun buah pomegranate dikemas sekaligus dengan tiga jenis antioksidan, yaitu tanin, antosianin, dan ellagic.
Antioksidan baik untuk tubuh karena mampu memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Buah pome juga kaya akan serat dan potasium yang bisa memperlancar sistem pencernaan.
ADVERTISEMENT
2. Apel
Buah apel (Foto: Thinkstock)
Apel yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ternyata termasuk ke dalam golongan buah-buahan yang paling sehat di dunia. Apel kaya akan kandungan antioksidan dan terdiri dari beberapa senyawa yang mampu menangkal penyakit kanker.
Kandungan flavonoid pada apel pun dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit seperti asma, diabetes dan juga mampu menjaga kesehatan mental seseorang.
3. Jeruk
Jeruk. (Foto: Thinkstock)
Selanjutnya ada buah jeruk yang tinggi akan vitamin C. Jeruk dianggap sebagai buah paling sehat karena terdiri dari mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.
Vitamin C, potasium, dan B vitamin seperti thiamin dan folat dapat kamu temukan dalam jeruk. Rasanya yang asam menunjukkan jika jeruk kaya akan asam sitrat yang dapat membantu menyerap zat besi dan mampu mencegah anemia.
ADVERTISEMENT
4. Pisang
Masker pisang baik untuk komedo (Foto: Thinkstock)
Siapa yang tak tahu jika pisang merupakan salah satu superfood yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Kaya akan potasium, karbohidrat, pati, dan pektin membuat pisang menjadi sumber bahan bakar yang baik sebelum berolahraga.
Kandungan pati di dalamnya dapat membantu memperbaiki kadar gula darah. Sedangkan kandungan pektin dipercaya bisa memperbaiki sistem pencernaan manusia.
5. Nanas
Nanas digunakan sebagai obat anti peradangan. (Foto: Thinkstockphotos)
Buah nanas dikemas dengan enzim anti-inflamasi yang telah terbukti bisa mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, artritis, dan berbagai penyakit lainnya. Nanas juga kaya akan vitamin C dan senyawa bromelain yang dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek.
Kaya akan mangan, membuat nanas bisa menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi satu cup potongan nanas akan memberikan sekitar 73 persen mangan yang kamu butuhkan dalam sehari.
ADVERTISEMENT
6. Kiwi
Kkulit kiwi ternyata kaya manfaat (Foto: Thinkstock)
Meskipun masih jarang orang Indonesia yang mengonsumsi kiwi, namun ternyata khasiat buah ini sangat banyak. Kiwi kaya akan vitamin E, vitamin C, potasium, magnesium dan serat.
Sebagai buah yang tinggi serat dan rendah kalori, kiwi baik untuk menjaga kestabilan berat badan ataupun menurunkan berat badan.
7. Cherry
Buah cherry (Foto: Thinkstock)
Buah yang identik dengan kue blackforest ini ternyata merupakan salah satu buah tersehat di dunia. Cherry mengandung senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker, mengurangi inflamasi atau peradangan, menurunkan risiko stroke, dan mampu memberikan kualitas tidur yang lebih baik.
Semua khasiat kesehatan ini berasal dari senyawa antosianin, jenis antioksidan yang memberikan warna merah pada cherry. Buah mungil ini juga dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah.
ADVERTISEMENT
8. Blueberry
Blueberry (Foto: thinkstock)
Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan fungsi otak, maka konsumsilah buah blackberry secara rutin. Dikemas dengan antioksidan dan vitamin C, blackberry baik untuk kesehatan otak.
Tak hanya itu, buah yang masih satu spesies dengan strawberry ini juga mampu menjaga kesehatan mata. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi blackberry setiap harinya, kelak tak akan dihadapkan dengan masalah otot.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan