kumparan
15 Juli 2017 16:59

Tak Hanya Lezat, Stroberi Ternyata Kaya Akan Manfaat

Stroberi Cover
Buah Stroberi (Foto: Thinkstock)
Stroberi. Buah mungil yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu buah terfavorit di dunia.
ADVERTISEMENT
Jelas saja, karena buah ini memiliki bentuk yang cantik. Stroberi berbentuk mungil dengan warna merah manyala, lengkap dengan aksen daun hijau pada bagian atasnya. Oleh karenanya, stroberi kerap dijadikan sebagai tokoh kartun kesukaan anak-anak.
Selain itu, stroberi juga memiliki rasa manis sekaligus asam yang menggoda lidah. Segar dan nikmat!
Namun tahukah kamu, bahwa buah yang bisa dengan mudah kamu temukan di kawasan Ciwidey, Bandung, ini memiliki segudang manfaat? Mulai dari dunia kecantikan hingga kesehatan.
Yuk, berkenalan sejenak dengan kebaikan manfaat si cantik stroberi!
1. Merawat Kulit
Stroberi 5
Buah Stroberi (Foto: Thinkstock)
Stroberi kaya akan vitamin c yang baik untuk kulit. Kamu bisa memaksimalkan manfaat buah ini dengan berbagai cara.
Salah satu yang termudah adalah dengan menjadikan stroberi sebagai masker wajah. Kamu hanya perlu memblender stroberi hingga halus untuk selanjutnya dibalurkan pada wajah.
ADVERTISEMENT
Jika rutin menggunakan masker stroberi, kamu bisa merasakan dampak positifnya. Antara lain kulit jadi lebih cerah dan lembut, pori-pori mengecil, mengobati jerawat, dan mengilangkan kerutan. Semua karena kandungan asam salisilat, antioksidan, asam ellagic, dan vitamin c yang tinggi.
Jika ingin menggunakan stroberi sebagai toner, kamu harus mencampurkan jus stroberi murni dengan air mawar dan dinginkan di dalam kulkas.
2. Mencegah Darah Tinggi
Stroberi ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi, lho. Oleh karenanya, kamu penderita sangat disarankan untuk mengonsumsi stroberi untuk menormalkan tekanan darah.
3. Meringankan Gejala Alergi
Stroberi 2
Buah Stroberi (Foto: Thinkstock)
Buah yang satu ini ternyata ampuh untuk mengurangi efek alergi, lho! Seprti meredakan gatal-gatal, mata berair dan hidung meler. Semua karena kandungan antioksidan dan nutrisinya.
ADVERTISEMENT
4. Memperbaiki Mood
Tak banyak yang tahu, bahwa buah ini sejatinya bisa membuat suasana hati kamu terasa lebih baik. Stroberi diketahui mampu merangsang pelepasan serotonin atau hormon bahagia dalam tubuh.
5. Memperkuat Daya Ingat
Buah Stroberi 6
Buah Stroberi (Foto: Thinkstock)
Banyak ahli yang mengatakan bahwa kandungan folat yang terdapat dalam buah stroberi bisa meningkatkan daya ingat manusia. Selain itu, jika rutin dikonsumsi, buah ini juga bisa membuat kamu mampu berkonsentrasi lebih lama. Buah ini juga baik dikonsumsi ibu hamil, untuk mengurangi risiko cacat otak pada bayi.
6. Kondisioner Rambut
Jika ingin memiliki rambut berkilau dan sehat, kamu bisa menjadikan buah ini sebagai kondisioner bagi rambut. Caranya?
Hancurkan tujuh hingga delapan buah stroberi, lalu campurkan dengan satu sendok mayonaise. Aduk hingga berbentuk pasta lembut, lalu oleskan pada kulit kepala dan seluruh batang rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.
ADVERTISEMENT
7. Memperlancar Pencernaan
Buah Stroberi 7
Buah Stroberi (Foto: Thinkstock)
Layaknya semangka dan melon, buah yang satu ini memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Oleh karenanya, buah ini bisa membersihkan zat-zat sisa yang ada pada pencernaan. Rutin menyantap strawberry bisa menghindarkan kamu dari sembelit!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan