• 2

USER STORY

PRESIDENT UNIVERSITY: ASRAMA vs KOSAN

PRESIDENT UNIVERSITY: ASRAMA vs KOSAN


Asrama dan Kos. Dua kehidupan yang berbeda bagi mahasiswa. Biasanya asrama ditemukan di universitas swasta. Jika kalian masuk ke dalam suatu universitas swasta,tentunya akan dihadapkan pada 2 opsi. Itu jika ngampus di universitas yang jauh dari rumah dan tidak ada saudara yang bisa ditinggali.Pilihan itu yaitu,tinggal di Asrama yang telah disediakan ,atau tinggal di kosan.
President University adalah salah satu dari universitas swasta yang menawarkan dormitory atau asrama yang lebih dikenal dengan sebutan PUSH (President University Student Housing) bagi para mahasiswanya. Bagi mahasiswa tahun pertama mereka wajib untuk tinggal di asrama selama setahun dan selanjutnya mereka di beri kebebasan untuk lanjut di asrama atau ngekos. Nah, ini dia perbedaan asrama dan kosan di President University!
1. Fasilitas
Asrama PU memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari security 24/7, free parking untuk motor, free wifi, free air, free galon, dan saung sebagai tempat untuk belajar bareng. Ga hanya itu guys, Asrama PU juga memberikan fasilitas olahraga, cotohnya peminjaman sepeda, lapangan basket dan voli, dan juga tenis meja.
Sedangkan kos fasilitasnya hampir mirip sih dengan asrama seperti free air dan free wifi. Tapi beberapa kosan tidak menyediakan kasur dan lemari, jadi bagi kalian yg lagi kalian yang lagi hunting kosan, pinter-pinter milih kosan. Buat keamanan di kosan, beda dengan asrama yang menyediakan cctv dan security 24/7, ada beberapa kosan yang tidak menyediakan hal tersebut.
2. Jarak
Jarak dari asrama ke kampus lebih dekat dari pada kosan ke kampus. Dari asrama ke kampus biasanya sampai 8 menit jika berjalan kaki. Nah, kalau dari daerah kosan yang terdekat dari President University biasanya 10-15 menit kalau berjalan kaki. Belum lagi jika kalian ngekos di tempat lebih jauh, kalian harus menggunakan kendaraan umum.
3. Harga
Buat asrama, walaupun harganya tergolong mahal, tapi sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan. Untuk tinggal di asrama pembayarannya bisa dilakukan per semester atau pertahun. Jika pembayaran dilakukan per semester biayanya yang harus dikeluarkan adalah 5,9 juta rupiah, tapi jika pembayaran di lakukan per tahun akan mendapatkan potongan biaya sebulan, jadi kalian akan membayar sebanyak 15,9 juta pertahun.
Kosan menawarkan harga yang lebih murah, namun dengan fasilitas yang tidak kalah baiknya dengan asrama. Pembayaran untuk kosan bisa dilakukan perbulan atau pertahun, tapi kebanyakan kosan mengharuskan untuk membayar per tahun. Untuk harga kosan mulai dari 14 juta – 18 juta per tahun untuk satu ruangan. Biasanya, dalam satu ruangan bisa ditempati untuk 2 atau 3 orang.
4. Peraturan
Kosan memberi lebih banyak kebebasan dan membuat kamu lebih mandiri. Asrama lebih mementingkan kenyamanan dan kemanan mahasiswanya maka aturan jam malam diberlakukan, berbeda dengan kosan dimana kamu memiliki kebebasan untuk pergi dan pulang tanpa ada batas waktu.

Nah, sekarang udah tau kan bedanya tinggal di asrama dan di kosan. Jadi, untuk mahasiswa baru yang bakal nge asrama, kalian tau fasilitas apa aja yang akan kalian dapatkan dan buat mahasiswa yang lagi mempertimbangkan buat lanjut ngeasrama atau mau ngekos, kalian bisa ngebandingin kalian akan lebih nyaman untuk ngeasrama atau ngekos.


LifestyleEdukasi

presentation
500

Baca Lainnya